Mengenal 10 Komponen Komputer beserta Fungsinya - Mas Dzikry
Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Mengenal 10 Komponen Komputer beserta Fungsinya

3 min read

Komponen Komputer beserta Fungsinya

Seperti yang kita tau, komputer adalah perangkat yang digunakan setiap hari pada berbagai hal, baik itu saat bekerja, bermain, belajar dan sebagainya. Nah di pembahasn ini, saya akan membahas seputar berbagai komponen pada komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : fungsi hardware dan software pada komputer

Meskipun penggunaan komputer sendiri tak seefisien smartphone, namun komputer juga memiliki beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh perangkat smartphone. Agar lebih jelas, simak lebih lanjut informasinya dibawah ini.

Macam-macam Komponen Komputer

Berikut ini beberapa macam komponen penting pada komputer yang perlu Anda ketahui sebelum merakit atau membeli komponen komputer, diantaranya yaitu:

1. Motherboard (Mainboard)

List Komponen komputer pertama adalah Motherboard atau Mainboard yang merupakan sebuah papan sirkuit yang merupakan tempat berbagai komponen elektronik dan komputer atau tempat komponen seperti socket prosessor, socket RAM, I/O yang bisa dipasang dan saling terhubung dengan Komponen lainnya.

Di dalam Mainboard terdapat tempat untuk memasang prosessor, RAM, VGA, Harddisk, Sound Card dan lain-lain. Mainboard juga berfungsi sebagai media penghubung bagi setiap komponen komputer agar dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Tips Membeli Mainboard

Setiap Mainboard atau Motherboard memiliki acuan spek yang berbeda-beda, tergantung spesifikasinnya yang berbeda-beda. Misalnya spesifikasi prosessor seperti apa yang dapat digunakan dan didukung motherboard itu. Dan terdapat besar kapasitas maksimal RAM yang terdapat pada motherboard tersebut.

Jadi belilah mainboard sesuai spesifikasi yang anda inginkan seperti mainboard untuk prosesor Intel dengan kapasitas RAM yang bisa Anda sesuaikan sendiri. Hal Tersebut dikarenakan semua motherboard CPU itu tidaklah sama semua, dan juga tidak dapat sembarang memasang komponen di motherboard.

Sebab, apabila komponen komputer yang anda beli atau gunakan tidak didukung oleh motherboard maka besar kemungkinan komponen tersebut tidak akan terbaca pada perangkat komputer Anda.

2. Prosessor (Processor)

Komponen komputer yang tak kalah penting dan juga merupakan inti yang terdapat dalam perangkat Komputer. Prosessor merupakan otak atau inti dari perangkat komputer sebab, jika tak terdapat Prosessor pada sebuah komputer maka komputer tidak akan dapat digunakan dan tidak dapat bekerja sama sekali.

Baca juga : pengertian dan fungsi SSD pada komputer

Semua proses dan perintah akan dikerjakan dan dijalankan pada processor meskipun dengan bantuan Komponen-Komponen lainnya.

Semakin tinggi kecepatan sebuah prosessor, maka semakin cepat pula komputer memproses berbagai macam perintah. Tetapi semakin mahal pula harganya. Perlu diingat bahwa performa yang dihasilkan juga tergantung dengan bantuan komponen-komponen lainnya.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan komponen komputer yang juga memiliki peran yang tak kalah penting dari Komponen komputer lainnya, Karena komponen ini bekerja sebagai tempat penampung data sementara yang telah diproses oleh prosessor sebelum dilanjutkan pada komponen-komponen lain.

RAM memiliki ukuran atau kapasitas yang beragam dan juga dapat diganti namun perlu diketahui terdapat batas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard atau mainboard.

Sebesar apapun kapasitas RAM yang Anda beli atau miliki tetapi jika tidak didukung oleh mainboard, maka dapat dipastikan komponen tersebut tidak dapat terbaca oleh komputer.

Satuan atau ukuran RAM menggunakan perhitungan byte. Dan kapasitas RAM yang tersedia saat ini biasanya memiliki kapasitas yang bervariasi, mulai dari dari 256 MB (megabyte), 512 MB, 1GB (gigabyte), 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32Gb dan lain-lain.

4. Harddisk

Komponen komputer selanjutnya adalah Harddisk, merupakan media penyimpanan data pada sebuah komputer, Harddisk digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data kita. Layaknya sebuah kartu memori pada smartphone karena Harddisk bisa dilepas dan dipasang kembali.

Harddisk mengunakan satuan byte untuk ukurannya. Terdapat beberapa varian ukuran untuk setiap Harddisk dan memiliki beberapa jenis juga, untuk penjelasan selengkapnya bisa ketahui dibawah ini.

5. CD/DVD ROM

DVD ROM atau yang bisa kita sebut dengan optical disk Drive ini merupakan komponen perangkat komputer yang digunakan untuk menulis serta membaca kaset atau CD/DVD.

Selain digunakan untuk kegiatan write/read CD/DVD ROM ini juga dapat digunakan untuk mem-burning atau mengcopy CD dengan anggun akan software seperti Infra Recorder, Nero dan lain sebagainya.

Terdapat format yang termasuk kedalam CD/DVD ROM seperti CD-ROM drive, DVD-ROM Drive, CD-RW Drive dan DVD-RW Drive.

6. Kartu Grafis (Video Graphics Adapter Card)

Komponen pada komputer selanjutnya yaitu VGA yang termasuk komponen penting dalam memproses tampilan visual atau grafik. Video Graphics Adapter ini sering dibutuhkan dalam menjalankan game berat untuk ditampilkan di layar monitor.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan MacOS

Tanpa VGA, tentu perangkat komputer tidak akan bisa menampilkan apa-apa hanya tampilan gelap saja (blank). Selain itu VGA juga sangat penting untuk menampilkan hasil gambar dan kualitas gambar yang akan ditampilkan pada monitor komputer.

7. Sound Card

Sound Card merupakan komponen pengolah audio untuk perangkat komputer, terdapat inti di dalam Sound Card yang berfungsi sebagai pengubah atau mengubah sinyal analog dan sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan menghasilkan audio dan suara pada sistem komputer Anda.

Sound card mengontrol semua audio yang bisa Anda terapkan diperangkat komputer. Dengan menggunakan sound card anda bisa mendengar suara atau audio yang dihasilkan dari perangkat komputer Anda.

8. Power Supply

Power Supply merupakan bagian komputer yang digunakan untuk sumber daya arus listrik atau sumber arus listrik yang akan membagi daya pada setiap komponen-komponen komputer yang ada.

Tak hanya itu, power supply juga melakukan perubahan tegangan listrik dari arus DC ke AC sebelum dikirim ke seluruh rangkaian komputer yang terpasang.

9. Fan Processor

Fan Processor atau Kipas Pendingin prosessor merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai pendingin untuk menjaga suhu prosessor agar tetap stabil dan tidak panas.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer

Fan Processor dapat membuat Prosessor tetap dingin atau tidak mudah panas agar komputer tidak cepat mengalami overhead maupun rusak. Fan prosesor terelakkan tepat pada bagian atas prosesornya.

10. Casing CPU

Case CPU berguna sebagai tempat untuk kita meletakkan dan memasang berbagai komponen komputer seperti motherboard atau mainboard, harddisk, optical Drive, power supply, serta untuk memberikan kesan yang baik untuk komputer itu sendiri agar tidak terlihat berantakan.

Dan juga casing ini dapat melindungi berbagai komponen komputer yang ada didalamnya seperti melindunginya dari debu, panas, air atau hal-hal lain yang dapat menggangu kinerja komputer itu sendiri. Casing CPU rata rata terbuat dari plastik dan tentu saja terdapat juga yabg terbuat dari besi, stainless dan lain-lain.

Penutup

Yup itulah tadi 10 komponen komputer dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terimakasih, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *