Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer sampai Bersih

2 min read

Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer Sampai Bersih

Virus shortcut pada komputer kerap kali menjadi masalah bagi penggunanya. Untuk membasmi atau membersihkan virus tersebut, pengguna perlu mengetahui cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih. Dengan begitu, meskipun virus ini kembali menyerang komputer atau laptop, Anda tidak perlu bingung atau panik.

Baca juga : tips cara mengatasi flashdisk tidak terbaca

Pada dasarnya ada berbagai jenis virus yang bisa menyerang sebuah PC atau komputer. Cara penyebarannya pun bermacam-macam, ada yang melalui dari flash disk, ataupun sebuah website.

Salah satu virus yang akan di bahas di sini adalah virus shortcut. Virus shortcut menyebar dari flashdisk dan bisa membuat data dalam flashdisk disembunyikan.

Cara Menghapus Virus Shortcurt di Komputer Sampai Bersih

Berikut di bawah ini beberapa metode simple yang dapat Anda terapkan dalam membersihkan virus jenis shortcut, diantarnya yaitu:

1. Melalui Menu Star

Cara pertama dapat dilakukan dengan membersihkan virus pada flash disknya.  Memang cara termudah adalah dengan memformat, tapi file-file penting bisa hilang jika hal tersebut dilakukan.

Maka caranya adalah buka PC atau komputer yang sudah dimaskuki flash disknya. Kemudian klik menu start yang ada dibagian kiri bawah. Pada pencarian silakan ketik CMD lalu akan muncul tampilan beberapa pilihan menu di atasnya.

Klik kanan pada menu yang bertuliskan Command Promt. Klik lagi tulisan run as administrator. Akan muncul tampilan selanjutnya. Pengguna silakan ketik lokasi flash disknya.

Biasanya posisinya pada E atau F. Selanjutnya ketik del *.Ink kemudian klik pada keyboard enter. Lalu silakan ketik lagi attrib –s –r –h *.* /s /d /l tekan enter kemudian. Tunggu prosesnya selesai.

2. Melalui CTRL+ALT

Cara kedua bisa buka PC atau komputer pengguna kemudian pada keyboard tekan CTRL dan ALT dan delete bersamaan. Klik kanan di taskbarnya kemudian pilih yang task manager.

Baca juga : cara mematikan lampu indikator repeater tenda

Pada menu yang muncul setelahnya klik Processes dan pilihlah Wscript.exe dan kemudian pilih tulisan end task. Proses sedang berlangsung, tunggu beberapa saat dan coba lihat apakah flash disk sudah bisa dibuka.

3. Melalui Regedit

Melalui regedit adalah cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih yang ketiga. Pertama, tekan widows dan R maka akan muncul tampilan selanjutnya. Kedua, pada tampilan tersebut ada kolom pencarian, pengguna silakan ketik regedit. Lalu klik enter pada keyboard.

Ketiga, muncul jendela registry editor, pada jendela tersebut cari yang HKEY_CURRENT_USER . Keempat, kemudian cari regitry key yang memiliki nama yang aneh seperti yang ber tuliskan cbxghsrjgbdds. Selanjutnya klik kanan dan pilih delete. Silahkan tunggu proses hingga selesai.

4. Melalui Fitur Msconfig

Hampir sama dengan cara ke tiga yaitu tekan windows dan R secara bersamaan pada keyboard di PC atau komputer pengguna. Di jendela tampilan yang ada kolom pencariannya, silakan ketik msconfig kemudian enter. Tampilan jendela baru selanjutnya yaitu system configuration.

Baca juga : cara memperbaiki nomor tidak bisa dihubungi

Pilih menu Starup kemudian klik yang open task manager. Pada menu selanjutnya carilah yang tulisan nkvasyoxww.vbs. Lalu arahkan krusor pada file tersebut kemudian tekan delete pada keyboard. Pastikan delete berhasil dan tunggu hingga selesai.

5. Melalui %temp%

Cara terakhir adalah dengan mengetik %temp% setelah membuka jendela run. Membuka jendela mudah, sama dengan cara di atas yakni tekan tombol windows+R. Setelah mengetik %temp% kemudian enter. Cari file yang sama dengan di cara nomor 4 yaitu nkvasyoxww.vbs. Delete file tersebut.

Penutup

Demikian 5 cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih yang dapat dilakukan pengguna. Cara diatas beberpa hampir sama, hanya di proses penyelesaiannya berbeda.

Coba cara-cara di atas satu persatu, hingga menemukan salah satu yang kemungkinan berhasilnya tinggi. Maka virus shortcut akan hilang dan pengguna bisa membuka file-file yang ada di flash disk lagi.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.