Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Windows 10

2 min read

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Windows 10

Secara umum, untuk mematikan perangkat komputer atau laptop biasanya orang menggunakan metode shutdown yang sudah disediakan secara default. Tetapi, ada cara lain yaitu dengan cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10.

Baca juga : cara memperbaiki google chrome tidak bisa dibuka

Langkah ini dapat dijadikan cara alternatif untuk mematikan laptop melalui keyboard. Berikut ulasan langkah-langkahnya di bawah ini agar dapat diperhatikan dengan baik dan benar.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Windows 10

Mematikan laptop menggunakan keyboard ternyata tidak sulit. Cara ini juga bisa digunakan jika menu shutdown yang biasanya digunakan sedang mengalami masalah. Lalu bagaimana cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10? Yuk simak informasinya dibawah ini.

1. Menggunakan Tombol Keyboard

Pertama, pemilik laptop dapat menggunakan tombol keyboard seperti  ALT, F4, CTRL dan DEL. Cara yang pertama adalah dengan tombol ALT dan F4, tekan ALT+F4, maka selanjutnya akan muncul popup. Popup tersebut berisi tentang informasi-informasi laptop. Lalu, pilih “shutdown” karena mau mematikan laptopnya, dan terakhir klik OK.

Selain kombinasi tombol diatas, ada juga kombinasi tombol yang lain. Cara yang kedua yaitu dengan tombol CTRL, ALT, DEL. Pertama, tekan ketiga tombol CTRL, ALT, DEL secara bersamaan.

Berikutnya akan muncul jendela baru dan menyediakan beberapa menu pilihan. Pilihlah “shutdown” dan dalam beberapa detik laptop akan mati secara otomatis. Selesai.

2. Menggunakan Command Prompt

Cara kedua dapat dengan menggunakan Command Prompt. Pada dasarnya metode ini cukup mudah dilakukan dimana hanya menggunakan keyboard untuk melakukannya. Langkah-langkahnya pun cukup mudah seperti yang akan dijelaskan berikut.

Baca juga : cara mengatasi lampu internet indihome mati

Bukalah terlebih dahulu Command Prompt atau CMD. Apabila sudah terbuka, langsung ketik saja “shutdown.exe –s” dari keyboard laptop. Setelah itu, tekan tombol enter dan laptop akan mati secara otomatis.

Metode ini dapat dilakukan apabila terdapat suatu masalah di laptop yang tidak memungkinkan laptop untuk dimatikan seperti cara biasa.

3. Mengubah Tombol Power

Cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10 selanjutnya adalah mengubah tombol power dan lockscreen. Penggunaan tombol power untuk mematikan laptop sebenarnya dapat menimbulkan masalah pada laptop.

Mematikan dengan menggunakan tombol power disebut juga dengan “force close” atau “tutup paksa”. Namun, disini akan dijelaskan bagaimana cara yang benar.

Pertama, masuk ke “control panel”, lalu tap “hardware and sound”. Langkah berikutnya yaitu dengan mengganti “change what the power buttons do” di menu “power options”. Terakhir, gantilah menjadi “shutdown”. Cara ini umum digunakan karena memang tergolong sebagai cara yang mudah dilakukan.

4. Melalui WinX

Cara yang keempat pemilik laptop dapat menggunakan WinX atau power user. Fitur ini sangat berguna dalam mengakses fitur-fitur lainnya yang paling sering digunakan oleh pemilik laptop. Selain itu fitur ini juga sangat bermanfaat saat akan mematikan laptop.

Baca juga : cara membuat restore point di komputer windows

Langkah-langkahnya adalah klik kanan pada menu “start” pada jendela layar laptop. Di keyboard laptop, tekanlah tombol Win+X secara bersamaan. Berikutnya pilih “shutdown or sign out”, klik pada “shutdown”.

Cara ini digunakan untuk membuka menu power user. Saat menggunakan metode ini diharapkan bisa membuat laptop menjadi mati secara otomatis seperti biasa.

5. Memanfaatkan Lockscreen

Pada saat layar sedang tertidur atau dalam kondisi sleep, terkadang muncul background kunci layar secara otomatis. Jika seperti ini, yang perlu dilakukan untuk mematikan laptop di windows 10 adalah menggerakkan kursor pada keyboard dan pilih tombol shutdown. Jika sudah, maka tekan tombol enter agar laptop dapat langsung mati secara otomatis.

Penutup

Beberapa metode yang disebutkan diatas dapat digunakan sebagai cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10 dengan mudah. Cara-cara tersebut dapat digunakan saat laptop dalam keadaan normal atau bermasalah. Sehingga tidak akan merepotkan pemilik laptop untuk dapat mematikan laptopnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.