Pengertian dan Jenis-jenis Harddisk pada Komputer - Mas Dzikry
Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Pengertian dan Jenis-jenis Harddisk pada Komputer

2 min read

Pengertian dan Jenis-jenis Harddisk pada Komputer

Hai kembali lagi pada pembahasan mengenai media atau perangkat penyimpanan data, pada sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian SSD atau kepanjangan dari Solid State Drive, nah kali ini kita akan membahas mengenai apa itu HDD dan jenis-jenis harddisk komputer.

Baca juga : fungsi page setup pada microsoft word

Sebelum memasuki pembahasan tentang apa itu Harddisk, lebih baiknya kita ketahui kapan Harddisk itu ada atau diciptakan, yup HDD atau Harddisk Drive ditemukan sekitar 50 tahun yang lalu, Hard disk telah digunakan pada Perangkat komputer sejak tahun 1980-an.

Harddisk sering kita gunakan dan juga tidak luput dari kita, tetapi mungkin ada yang belum memahami apa sih itu HDD atau Harddisk apa saja fungsinya, untuk itu langsung saja kita bahas satu per satu dibawah ini.

Pengertian Harddisk Komputer

Harddisk Drive atau kependekan dari HDD merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan sebagai tempat menyimpan data pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Nah semua OS, file, software atau aplikasi akan disimpan dalam Drive Harddisk.

Pengguna komputer khususnya berbasis platform sistem Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan Drive C. Yang dimana merupakan Drive default yang digunakan oleh Microsoft Windows. Drive C tersebut merupakan partisi utama HDD pada sebuah komputer.

Selain Drive C terdapat beberapa drive seperti Drive D, dan E. Setiap pembagian partisi tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai data atau file lainnya.

Salah satu karakteristik fisik dari hard Drive adalah ruang yang tersedia pada dalam PC, kecepatan yang diperlukan untuk transfer sebuah data dan total atau jumlah ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Jenis-jenis Harddisk

Terdapat berbagai macam tipe Harddisk seperti SATA, PATA dan SCSI yang merupakan jenis Hardisk Drive yang digunakan pada perangkat komputer.

1. Tipe PATA

PATA atau singkatan dari Parallel Advence Technologi merupakan jenis Harddisk Drive yang juga dikenal sebagai Integrated Drive Electronics (IDE) dan Enchanced Integrated Drive Electronics (EIDE).

Baca juga : fungsi defragment harddisk pada komputer

Drive jenis ini menggunakan kabel berjumlah 40 atau 80 an yang menggunakan kawat dengan konektor 40-pin. 40 kabel kawat tersebut digunakan pada jenis atau tipe Harddisk yang lebih tua atau versi yang terdahulu.

Harddisk dengan 40 kabel kawat tergolong lambat daripada Harddisk yang menggunakan 80 kabel kawat yang memiliki kecepatan lebih tinggi dalam write/read. Namun, sekarang Harddisk dengan jenis PATA ini sudah digantikan oleh Harddisk berjenis SATA.

2. Tipe SATA (ATA)

Harddisk jenis ini sering digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Harddisk jenis ini berbeda dari PATA. Adaptor daya yang dipakai berbeda dari ID terdapat perbedaan utama dalam dua jenis Harddisk SATA & PATA. jenis HDD SATA lebih tipis dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari pada PATA.

Namun pada kenyataannya kecepatan antara jenis HDD Tipe SATA dan PATA tidak dapat dibedakan jika memiliki RPM yang sama. Namun Drive tipe SATA ini lebih efisien karena memiliki bentuk yang tipis ketimbang PATA dan juga lebih hemat daya.

3. SCSI HDD (Small Computers System Interface)

Memiliki kemiripan dengan jenis hard Drive IDE namun perbedaan pada tingkat pemutarannya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan SATA ataupun IDE. Drive SATA dan IDE memiliki kecepatan 7200 rpm sementara Drive jenis SCSI mampu berputar hingga kecepatan 10.000 rpm sampai 15.000 rpm.

Baca juga : kelebihan harddisk internal dan eksternal

Tentu memiliki RPM yang semakin tinggi maka, akses data dapat dilakukan semakin cepat pula. Dengan demikian pula dapat menyebabkan kerusakan pada Harddisk berjenis SCSI karena semakin cepat rusak.

Harddisk bertipe atau berjenis SCSI ini memerlukan pengatur yang mampu mengoperasikan Interface antara Drive dan mainboard pada perangkat komputer.

Penutup

Itulah tadi pengertian hard disk dan juga jenis-jenis harddisk yang bisa kalian ketahui. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua dan bermanfaat, sekian dari artikel pengertian hard disk dan Jenis-jenisnya sekian terimakasih. sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *