Mengenal Perbedaan SSD dan HDD pada Komputer - Mas Dzikry
Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Mengenal Perbedaan SSD dan HDD pada Komputer

1 min read

Perbedaan SSD dan HDD pada Komputer

SSD atau singkatan dari Solid State Drive merupakan media atau perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC yang berguna sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan sebuah data atau informasi. Lantas apa perbedaan SSD dan HDD tersebut? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : pengertian dan karakteristik cloud computing

Perangkat SSD atau Solid State Drive ini menanamkan sebuah chip memori yang beralaskan silikon sebagai media penyimpanan. SSD dikenal sebagai flash Drive atau flash card dan dimasukkan ke dalam slot
Pada komputer server.

Perbedaan SSD dan HDD

Pada dasarnya, SSD dan HDD sama-sama termasuk media penyimpanan data pada perangkat komputer atau laptop. Perbedaan dari kedua komponen ini terletak pada harga, kecepatan dan besar kapasitas yang dimilikinya.

SSD memiliki harga yang lebih mahal daripada HDD namun unggul dari sisi kecepatan. Sedangkan harddisk memiliki kapasitas yang lebih besar dan murah daripada SSD.

Dalam hal kecepatan dan tipe Flash memory pada SSD jelas sangat berbeda, Setiap Chip memory pada SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi ketimbang Flashdisk. Karena itu harganya juga jauh lebih tinggi daripada Flashdisk.

Jadi bisa disimpulkan bahwa SSD merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan atau menyimpan data seperti pada HDD atau Hardisk (Hard Disk Drive) namun memiliki komposisi seperti USB Flash Drive, yang terancang dari beberapa IC sebagai memori.

Informasi Tambahan

Harddisk tersusun atas komponen elektronik dan mekanik. Pada bagian mesin HDD terdiri atas piringan, dan setiap bagian didalamnya terhubung pada piringan tersebut. Proses pembacaan dan penulisan sebuah data dilakukan dengan melalui proses mekanik yang diputar oleh mesin.

Baca juga : mengenal komponen-komponen pada komputer

Proses pengolahan data pada HDD dilakukan dan terjadi karena sinergi antara aktivitas elektrik dan mekanik. Untuk memproses data, menulis dan membaca data SSD tidak mendukung proses mekanik seperti HDD dan didalam SSD tidak terdapat komponen mekanis seperti mesin dan piringan.

SSD bisa dibilang versi yang lebih canggih dari USB Flash yang memiliki kapasitas yang lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardsik yang saat ini digunakan pada perangkat komputer.

Penutup

Akhir kata, cukup sekian informasi yang dapat saya bagikan kepada Anda mengenai pengertian dan perbedaan ssd dan hdd pada komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *