5 Karakteristik Cloud Computing yang Perlu Diketahui

1 min read

Karakteristik cloud computing

Karakteristik cloud computing – Komputasi Awan atau dikenal dengan istilah Cloud Computing ialah layanan online yang berbentuk perangkat komputasi modern seperti network, storage, cpu, memory dan sebagainya serta dapat berupa perangkat lunak seperti tempat untuk berjalannya suatu platform atau aplikasi modern.

Baca juga : fungsi defragment hardisk pada komputer

Umumnya, layanan cloud computing ini bisa diakses dengan cepat dari mana saja, kapan saja dan dapat diatur sumber dayanya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam mengaksesnya, cloud computing memerlukan jaringan dengan sambungan internet ataupun intranet. Selain itu, layanan ini sering divisualisasikan dengan bentuk gambar awan atau cloud yang juga sering digunakan dalam memvisualisasikan jaringan dan internet.

Karakteristik Cloud Computing

Menurut badan departemen perdagangan Amerika Serikat yang dikenal NIST atau singkatan dari National Institute of Standards and Technology menjelaskan bahwa terdapat beberapa karakteristik utama dari layanan cloud computing yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. On-demand Self Service

Karakteristik yang pertama yaitu on-demand self service yang bermakna layanan cloud computing harus mempunyai fitur self service portal yang dapat diatur dan disesuaikan sendiri oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

2. Broad Network Access

Layanan cloud computing yang dibuat harus bisa diakses dengan mudah kapan saja, dari mana saja menggunakan perangkat yang telah dikonfigurasi untuk digunakan oleh pengguna yang tersambung dengan internet.

3. Resource Pooling

Cloud computing tersusun atas gabungan berbagai sumber daya komputasi yang dapat diakses secara bersamaan oleh para pengguna. Umumnya, layanan cloud computing ini memiliki karakteristik multi tenant atau dengan kata lain banyak pengguna yang memanfaatkan sumber daya komputasi dalam satu waktu secara bersama-sama.

4. Rapid Elasticity

Cloud computing perlu bersifat elastis dan scalable, hal ini bermakna layanan yang dibuat harus bisa memenuhi setiap kebutuhan terkait sumber daya komputasi yang diperlukan penggunanya.

Jadi, ketika pengguna membutuhkan beberapa unit komputasi dengan jumlah lebih, maka di waktu itu juga atau dalam waktu segera dapat diperoleh unit yang dibutuhkan dan jika pengguna berniat untuk mengurangi unit komputasi tersebut, maka dapat dilakukan dengan secepatnya.

5. Measured Service

Layanan cloud computing yang berjalan harus memberikan informasi terkait ukuran penggunaan sumber daya dari unit komputasi yang digunakan oleh penggunanya dan para pengguna tersebut hanya perlu melakukan sejumlah pembayaran dengan besar sumber daya yang digunakan.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan mengenai 5 karakteristik cloud computing menurut nist yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan di atas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, apabila ada yang perlu ditanyakan jangan segan untuk berkomentar. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *