Mengenal Telkom Cloud, Layanan Komputasi dari Telkom

1 min read

Telkom cloud

Telkom cloud – Saat ini, strategi transformasi digital telah menjadi salah satu cara efektif yang digunakan bagi setiap pelaku industri bisnis guna mengembangkan skalabilitas dan profitabilitas bisnisnya. Tata kelola dan penerapan infrastruktur IT yang baik juga menjadi landasan dasar bagi berbagai perusahaan besar dalam mempelajari cara menjalankan bisnis yang lebih efisien.

Baca juga : karakteristik cloud computer menurut nist intitute

Tentunya di era modern saat ini, banyak perusahaan besar atau menengah sudah mulai menerapkan teknologi layanan komputasi awan on-demand yang dimanfaatkan untuk mengelola laju bisnis operasionalnya. Jadi, perusahaan yang menerapkan hal ini tidak perlu repot lagi membakar uang atau melakukan investasi berjumlah besar dalam membangun operasional infrastruktur IT.

Pengertian IaaS

Perlu anda ketahui juga bahwa IaaS atau singkatan dari Infrastructure as a Service ialah salah satu jenis layanan cloud computing masa kini yang bisa menjadi pilihan efektif bagi perusahaan masa kini untuk memenuhi beragam kebutuhan infrastructure IT dan dapat dikonfigurasi sesuai dengan keperluan atau kebutuhan penggunanya.

Teknologi ini dapat diterapkan pada berbagai macam ukuran perusahaan, baik besar ataupun kecil. Dalam penggunaannya, IaaS bisa diakses dengan cepat dari mana saja, kapan saja melalui jaringan internet ataupun infranet yang sistem pembayarannya menyesuaikan dengan jumlah pemakaian data penggunanya.

IaaS merupakan infrastruktur layanan komputing awan yang mempermudah banyak perusahaan dalam menerapkan dan menjalankan platform aplikasi IT atau memenuhi kebutuhan infrastruktur dalam jumlah besar. Setiap perusahaan yang menggunakan teknologi IaaS bisa melakukan berbagai hal terkait fleksibilitas, konfigurasi dan akses cepat ke layanan secara online.

Virtual Machine (vMachine)

Virtual machine atau lebih dikenal vMachine juga merupakan salah satu jenis di layanan IaaS. Layanan canggih ini berbentuk server yang didesain dalam memenuhi setiap kebutuhan infrastruktur IT perusahaan.

Teknologi vMachine yang dibuat oleh Telkom Cloud bisa anda konfigurasi dalam menyesuaikan kebutuhan pengguna, seperti konfigurasi CPU, tempat penyimpanan data (storage) dan ukuran RAM yang digunakan beserta dengan berbagai pilihan perangkat lunak berlisensi. Jadi, perusahaan yang menggunakan layanan ini dapat menyesuaikan sendiri terhadap spesifikasi server vMachine tersebut.

Dalam hal ini, telkomcloud menawarkan Start up Configuration untuk melakukan uji coba layanannya secara gratis selama 14 hari bagi perusahaan dan pelaku industri bisnis. Layanan ini dilengkapi dengan Data Center Tier 4 dan didukung oleh Tenaga Ahli IT Profesional. Selain itu, vMachine milik TelkomCloud ini sangat menjamin operasional bisnis dan keamanan data perusahaan milik anda selama 24×7.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai telkomcloud yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan di atas tadi dapat bermanfaat bagi anda dan apabila ada pertanyaan terkait hal ini jangan segan untuk berkomentar. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *