Pentingnya Memahami Manfaat Teknologi di Masa Pandemi

1 min read

Manfaat teknologi di masa pandemi

Manfaat Teknologi di Masa Pandemi – Seperti yang kita tau bahwa di masa pandemi virus covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya secara online dengan memanfaatkan teknologi. Baik itu belajar, bekerja, berkomunikasi dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer bagi pengguna

Bagi pelaku bisnis khususnya kalangan UMKM pun diharuskan untuk lebih memahami teknologi dalam dunia digital supaya bisnisnya mampu bertahan di tengah pandemi. Hal ini juga berpengaruh pada sektor pendidikan yang perlu merubah gaya belajarnya dengan metode daring (online) atau jarak jauh menggunakan layanan internet dan perangkat elektronik seperti smartphone maupun laptop.

Akan tetapi, saat ini akses internet dan media teknologi belum sepenuhnya merata di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, bagi beberapa anak yang tinggal di daerah terpencil merasa cukup kesulitan dalam kegiatan belajar secara jarak jauh atau online. Mereka harus berjuang terlebih dahulu dalam mencari suatu daerah atau tempat yang mampu menjangkau jaringan internet untuk mengakses pembelajaran daring.

Problema ini harus segera ditangani oleh pemerintah pusat dan daerah agar layanan internet dapat digunakan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Tentu saja apabila jaringan internet tidak dapat diakses oleh anak-anak, maka dengan terpaksa harus mengumpulkan dan mengerjakan tugas sekolahnya secara offline.

Oleh sebab itu, dengan adanya penyebaran virus corona yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dapat menjadi acuan bagi pemerintah pusat dalam membenahi dan melakukan pemerataan akses internet dan teknologi ke seluruh wilayah negara Indonesia, mulai dari aceh hingga daerah papua.

Artificial Intelligence (AI)

Di tengah pandemi covid-19 cukup banyak startup dan developer yang mengembangkan teknologi Artificial Intelligence atau yang dikenal dengan kecerdasan buatan. Umumnya, teknologi ini dibarengi dengan perangkat robot yang berjalan secara otomatis selama masa pandemi.

Pemerintah pusat juga menerapkan peraturan PSSB atau singkatan dari pembatasan sosial skala besar yang bertujuan untuk menjaga jarak dan mencegah penyebaran virus Covid-19 yang membuat para pengembang dan startup berinovasi dalam menciptakan robot otomatis guna meminimalisir sentuhan langsung dengan sesama manusia.

Perlu anda ketahui juga bahwa teknologi kecerdasan buatan ini sangat membantu berbagai aktivitas manusia dan mulai diterapkan di banyak tempat umum, seperti restauran, rumah sakit, swalayan dan tempat umum yang lainnya.

Salah satu contoh penggunaan robot modern di masa pandemi yang cukup membantu aktivitas manusia yaitu digunakan untuk menyemprotkan cairan desinfektan di berbagai ruangan dan bisa dimanfaatkan dalam memeriksa serta mampu mendiagnosa kondisi pasien dengan efektif.

Dikutip dari media Republika.co.id yang menjelaskan bahwa Asosiasi Internet of Things Indonesia memprediksi layanan dan teknologi jaringan 5G akan hadir dengan segera setelah masa pandemi usai. Walaupun kita belum jelas mengetahui akhir dari pandemi dan kesiapan Indonesia dalam mempersiapkan infrastruktur jaringan 5G, saya rasa dengan adanya jaringan 5G pasti memiliki manfaat yang banyak sekali serta lebih efisien dan stabil dibanding jaringan internet saat ini.

Manfaat Teknologi di Masa Pandemi

Berikut di bawah ini beberapa manfaat dalam menggunakan teknologi di masa pandemi covid-19 yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Lebih efisien dan efektif
  2. Dapat dikendalikan secara jarak jauh
  3. Tidak terlalu menguras tenaga
  4. Lebih modern dan dapat berjalan secara otomatis
  5. Meningkatkan bisnis dan penjualan produk
  6. Dapat menjangkau seluruh masyarakat
  7. Tidak memakan banyak waktu
  8. Memiliki biaya pemasaran yang lebih murah

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan yang bisa saya sampaikan mengenai pentingnya memahami manfaat teknologi di masa pandemi yang perlu untuk anda ketahui. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dari saya dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *