5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk tidak Terbaca di Laptop

1 min read

Flashdisk tidak terbaca

Bagi anda pengguna perangkat laptop atau komputer, mungkin pernah mengalami masalah flashdisk yang tidak terbaca dengan baik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop.

Baca juga : cara menghilangkan write protected flashdisk

Flashdisk digunakan oleh banyak pengguna komputer karena memiliki ukuran yang kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana (fleksibel). Kemudian, seiring berjalannya waktu, perangkat flashdisk juga mempunyai kapasitas penyimpanan yang semakin besar, sehingga memudahkan anda dalam menyimpan file dengan jumlah besar.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

  • Port USB rusak: port USB yang rusak jelas tidak dapat membuat flashdisk terdeteksi oleh laptop.
  • Flashdisk rusak: selain port USB, flasdisk yang rusak atau terkena virus juga tidak dapat terbaca oleh laptop.
  • Driver pada laptop yang tidak terinstall: permasalahan ini dapat terjadi saat pengguna tidak menginstall driver port usb dengan benar, anda dapat menginstalnya menggunakan bantuan program driverpack solution.

Cara Mengatasi Flasdisk yang Tidak Terbaca

Setiap permasalah yang terdapat dalam laptop dapat diselesaikan oleh servise center laptop. Namun, hal ini juga dapat anda perbaiki sendiri dengan mudah, berikut ini tips dan trik yang dapat digunakan untuk membenahi flashdisk yang tidak terbaca oleh laptop, diantaranya yaitu:

1. Scan menyeluruh menggunakan program antivirus

Dalam beberapa kasus, flashdisk tidak dapat terbaca karena infeksi virus sejenis trojan yang terdapat di laptop pengguna. Sehingga, anda perlu melakukan scan menyeluruh dengan bantuan program antivirus tambahan seperti kaspersky atau bitdefender, anda bisa mengunduhnya melalui situs resmi program tersebut dengan mencarinya melalui google penelurusan.

2. Cek driver di device manager

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa driver di device manager laptop windows anda, hal ini dapat terjadi karena terjadi kegagalan saat instalasi driver port tersebut. Apabila terdapat tanda seru pada bagian portnya, anda perlu menginstalnya menggunakan program tambahan seperti driverpack solutions online.

3. Format flasdisk ke FAT32

Selain mengecek melalui device manager, pengguna juga bisa mengatasi permasalah ini dengan melakukan format flashdisk ke FAT32. Hal ini dikarenakan pada beberapa laptop versi jadul tidak membaca flashdisk saat ini yang dilengkapi format NTFS, sehingga anda perlu memformatnya ke FAT32, namun sebelum itu anda perlu membackup semua data yang ada didalamnya menggunakan laptop lainnya.

Cara format flashdisk ke fat32:

  • Pasang flashdisk pada port USB laptop atau komputer anda yang lainnya.
  • Buka file explorer, lalu klik kanan nama flashdisknya dan pilih format.
  • Kemudian, pilih jenis format FAT32 dan centang quick format.
  • Lalu klik tombol format untuk melanjutkan dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

4. Scan menggunakan windows repair

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan sejenis windows repair, cara ini tergolong mudah dan terbukti efektif dalam memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dibuka. Anda bisa membaca dan melakukan tutorialnya pada artikel ini: cara memperbaiki kerusakan sistem pada windows secara otomatis.

5. Perbaiki port USB

Solusi yang terakhir yaitu memperbaiki port USB laptop tersebut. Dalam hal ini, anda perlu membawanya ke tempat service komputer terdekat, karena memerlukan keahlian khusus yang tidak bisa sembarangan dalam memperbaiki kerusakan bagian port USB.

Penutup

Demikianlah pembahasan yang dapat saya bagikan mengenai faktor utama dan cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop pengguna. Baik itu, asus, lenovo, dell atau lainnya. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *