4 Tips Merawat Keyboard Laptop agar Tetap Awet

1 min read

Tips Merawat Keyboard Laptop

Bagi anda pengguna laptop atau komputer pasti telah mengetahui mengenai apa itu keyboard, komponen ini berfungsi untuk mengoperasikan program dan menuliskan sesuatu. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas seputar beberapa tips merawat keyboard laptop agar tetap awet. Baca juga : cara melihat kerusakan keyboard laptop.

Tips Merawat Keyboard Laptop

Berikut dibawah ini beberapa tips dan trik dalam merawat keyboard yang dapat anda lakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Bersihkan keyboard dari debu yang menempel

Membersihkan keyboard secara rutin dapat mencegah kerusakan pada keyboard laptop. Debu yang menempel pada laptop dapat menyebabkan laptop sulit untuk ditekan, error maupun tidak dapat ditekan sama sekali. Dalam membersihkannya, anda bisa melakukan cara dibawah ini.

  • Melepas keyboard laptop

Melepas komponen keyboard laptop adalah cara yang harus di lakukan jika ingin membersihkan debu-debu yang menempel pada sela-sela keyboard laptop dan dapat menjangkau semua komponen keyboard, sehingga akan mempermudah anda dalam membersihkan debu secara menyeluruh.

  • Tanpa melepas keyboard laptop

Tidak melepas keyboard laptop adalah cara membersihkan debu yang  menempel pada bagian atas maupun samping keyboard. Mungkin cara ini tidak dapat membersihkan secara keselurahan, namun terbukti cukup efektif dalam merawat keyboard laptop anda.

2. Jangan meletakkan benda berat di atas keyboard

Meletakkan benda berat di atas laptop seperti hp, buku maupun benda berat lainya akan menyebabkan keyboard cepat rusak. Hal ini disebabkan karena benda berat tersebut menekan frame keyboard yang dapat membuat konektor keyboard lepas dari motherboard.

3. Berikan pelindung keyboard

Saat menggunakan laptop usahakan memberikan pelindungan pada keyboard. Pelindung leptop biasanya terdiri dari bahan plastic silicon. Sehingga keyboard tetap nyaman saat digunakan. Pelindung keyboard dapat melindungi keyboard dari debu maupun kotoran yang menempel pada keyboard.

4. Jangan menekan dengan terlalu keras

Keyboard adalah komponen yang sangat rentan. Jika, pengguna menggunakan keyboard dengan keras maka konektor keyboard dapat lepas dari motherboard. Sebaiknya, gunakan keyboard laptop dengan baik dan halus ya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai beberapa cara dan tips merawat keyboard laptop yang dapat anda lakukan dengan mudah. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *