11 Kelebihan dan Kekurangan Mac OS bagi Pengguna

2 min read

Kelebihan dan kekurangan mac os

Dalam sebuah perangkat komputer, sistem operasi menjadi salah satu hal penting yang memerlukan perhatian khusus dalam memilihnya. Salah satu sistem operasi yang terkenal yaitu MAC OS, nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan MAC os.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows

Perlu anda ketahui, MAC OS adalah salah satu sistem operasi pada komputer yang bersifat eksklusif karena hanya diperuntukkan bagi Notebook Apple Machintos produksi Apple computer.

Sistem operasi ini merupakan akronim dari Machintosh Operating System ini adalah saingan dari Windows pada perangkat yang berbasis desktop. Keduanya memiliki masing-masing keunggulan dan kelemahan, sehingga cukup sulit untuk menentukan mana yang lebih baik saat ini.

Untuk dapat memahami kelebihan dan kekurangan MAC OS, kita akan mengawalinya dengan menilik kembali sejarahnya. Bagaimana sistem ini awal mula diluncurkan dan terus berkembang dengan segala perbaikan.

Sejarah Sistem Operasi MAC OS

Januari 1984 adalah untuk pertama kalinya Macintosh diperkenalkan kepada publik lewat iklan Super Bowl. Namun sebenarnya jauh sebelum publikasi tersebut Macintosh sudah muncul sebagai piranti pertama dengan sistem antarmuka GUI.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux

Banyak yang menyebut hal ini sebagai langkah revolusioner Apple dalam dunia PC. Macintosh sendiri kian populer berkat sederet nama hebat seperti Jef Raskin, Bill Atkinson dan juga Andy Hertzfeld.

Secara umum, MAC OS dibagi dalam dua bagian yaitu MAC OS klasik dan MAC OS X. Dimana MAC OS klasik lebih merujuk pada keluaran sistem MAC OS pertama kali. Sebuah sistem operasi yang sudah menggunakan UI akan tetapi tidak bisa menggunakan sembarang command line.

Sejarah dibalik Kelebihan dan Kekurangan MacOS

Ada banyak kelebihan dan kekurangan MAC OS system 1. Sebab itulah setiap tahunnya diluncurkan sistem lanjutan sebagai bentuk penyempurnaan. Penamaan MAC OS system berlanjut hingga seri MAC OS system 7 di tahun 1991.

Sudah banyak perubahan yang signifikan seperti kemampuan shared file pada harddisk melalui sistem jaringan. Pada tahun berikutnya, tepatnya 1997, kembali diluncurkan MAC OS terbaru dengan nama MAC OS 7.6. Di tahun yang sama kembali diluncurkan seri terbaru yaitu MAC OS 8 karena keberhasilan seri sebelumnya.

Kelebihan dan kekurangan mac os

Dalam kurun waktu 6 bulan saja MAC OS 8 berhasil terjual sebanyak 3 juta kopi berkat kecanggihan yang meningkat drastis dari generasi sebelumnya. Berselang 2 tahun, meluncur generasi 9 dan di tahun 2000 diluncurkanlah versi terbaru yaitu MAC OS X atau MAC OS Cheetah.

Dimana masih terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan MAC OS Cheetah, tetapi dengan performa yang jauh lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan publik. Selain lebih canggih, versi terbaru ini juga lebih cepat dan dilengkapi dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Sejarah Mac Os Generasi Terbaru

Tidak berselang lama kembali diluncurkan versi terbaru yakni X 10.1 dan di tahun 2002 X 10.2. Pada tahun 2003 dan 2005 kembali hadir dengan berbagai pembaharuan 10.3&10.4. Untuk seri 10.4 berhasil terjual 2 juta kopi hanya dalam waktu 6 bulan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan android

Pada 2007 & 2009, kembali muncul versi pembaharuan cover flow pada finder dan juga time machine sebagai seri 10.5 & 10.6. Semua hadir dengan kelebihan dan kekurangan MAC OS yang memperbaiki versi sebelumnya.

Setelah itu muncul gebrakan berupa integrasi antara iOS dan MAC yang diberi nama X 10.7 atau Lion. Sistem ini mampu berintegrasi dengan baik terhadap perangkat iOS seperti ipad, apple tv dan juga ipod touch.

Setelahnya berturut-turut muncul seri MAC OS sampai seri X 10.11 yang bertahan hingga saat ini. Semua versi hadir dengan beragam kelebihan dan kekurangan MAC OS yang berupaya untuk terus menjadi lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan MAC OS

Banyak yang menganggap MAC OS sebagai sistem operasi terbaik karena banyaknya kelebihan yang dimiliki. Meskipun kita juga tidak bisa mengingkari masih ada beberapa kelemahan atau kekurangan dari sistem operasi ini. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan MAC OS yang akan Anda temui.

Kelebihan MAC OS

  • Penggunaan UNIX menjadikan MAC OS memiliki tingkat kestabilan di atas OS lainnya.
  • Eksklusifitas yang luar biasa menjadikan MAC OS lebih terjamin kualitas dan support untuk kedepannya.
  • Jauh lebih aman daripada OS lain dari gangguan pembajakan, spyware, virus maupun gangguan lainnya.
  • Tampilan yang didesain khusus bagi Macbook menjadikannya tampak sempurna.
  • Kemampuan backup yang baik dan dapat dilakukan secara otomatis.
  • Dapat dijalankan pada semua sistem operasi secara virtual.
  • Bisa digunakan untuk membuat dokumen dengan format pdf, html, mp3 dan lain sebagainya.

Kekurangan MAC OS

  • Tidak dapat digunakan pada perangkat lain selain keluaran Apple.
  • Harganya tergolong mahal.
  • Tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi lainnya. Berbeda dengan Windows yang mampu menjalankan Linux meski dalam program virtual box.
  • Hanya cenderung untuk kegiatan grafis dan tidak mendukung untuk kegiatan bermain game.

Penutup

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan MAC OS, kini Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kapasitas juga kebutuhan. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda juga bisa menambah informasi dan pengetahuan terkait sistem operasi. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *