Pengertian dan 5 Fungsi Intranet dalam Jaringan LAN

2 min read

Fungsi intranet

Pada saat mendengar kata intranet, tentu Anda akan langsung teringat dengan internet. Meski mirip, tetapi keduanya berbeda dan karena itulah kita akan mempelajari pengertian juga fungsi intranet lebih dalam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih mendalam mengenai pengertian dan fungsi internet dalam jaringan LAN, simak lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga : pengertian dan jenis domain website

Perlu anda ketahui, LAN atau Local Area Network merupakan nama lain dari intranet. Maka bisa disimpulkan jika jaringan intranet merupakan bagian dari internet. Umumnya, jaringan ini digunakan dalam perkantoran, sekolah dan tempat lainnya.

Pengertian Intranet

Secara definisi, Intranet adalah suatu private network atau jaringan lokal yang memanfaatkan protokol internet seperti misalnya TCP/IP untuk dapat berkomunikasi dan menyebarkan informasi pada lingkungan yang terbatas. Disinilah perbedaan antara internet dan intranet yang cukup signifikan.

Perbedaan Intranet dan Internet

Internet adalah jaringan luas dalam teknologi informasi modern yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Sementara intranet hanya dapat diakses oleh anggota lingkungan tertentu yang memiliki password di dalam satu lokasi tertentu.

Fungsi Intranet

Sesuai dengan apa yang dikatakan pada pengertian intranet di atas, fungsi intranet yang utama adalah menghubungkan komputer yang satu dengan perangkat lainnya seperti server, acces point, switch ataupun printer. Dimana akses layanannya terbatas pada satu lokasi saja. Seperti misalnya lingkungan sekolah, organisasi atau perusahaan.

Namun, disamping itu masih ada beberapa fungsi intranet lainnya yang bisa Anda peroleh ketika menggunakannya. Diantaranya yaitu:

  1. Memudahkan komunikasi baik secara horizontal maupun vertikal antar divisi, di dalam sebuah organisasi atau instansi.
  2. Meningkatkan efektifitas kerja sekaligus memberi nilai efisiensi pada waktu juga biaya.
  3. Menjadikan setiap orang dalam satu lingkungan tertentu baik organisasi atau perusahaan yang menggunakan akses jaringan intranet lebih produktif. Sebab lebih mudah memperoleh serta berbagi informasi.
  4. Membantu proses operasional dan juga pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Baik yang bersifat internal maupun antar organisasi.
  5. Fungsi intranet berikutnya yaitu memungkinkan adanya kerjasama secara online dalam suatu organisasi, sehingga mampu memunculkan ide-ide juga solusi yang dapat memajukan sebuah organisasi atau perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Setelah membahas mengenai fungsi intranet, kali ini saya akan membahas mengenai keunggulan dan kelemahannya. Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan dari intranet, tetapi beberapa kelemahan yang terdapat didalamnya.

Kelebihan Intranet

Berikut dibawah ini beberapa point utama mengenai kelebihan jaringan intranet bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Jaringan intranet dapat membantu meningkatkan perkembangan sekaligus pertumbuhan dari produk industri
  • Memudahkan komunikasi dan kerjasama antar individu dalam sebuah organisasi atau perusahaan
  • Memberikan keseragaman informasi pada sebuah lingkup organisasi atau perusahaan
  • Memberi peningkatan kualitas kerjasama dalam sebuah organisasi atau perusahaan karena mudahnya memperoleh dan berbagi informasi secara internal menggunakan jaringan intranet
  • Penggunaan jaringan intranet mampu menghemat waktu dan juga biaya
  • Penggunaan perangkat pada jaringan intranet bisa dilakukan secara bersamaan
  • Memberi peningkatan responsivitas akan kebutuhan maupun keluhan tiap anggota dalam organisasi atau perusahaan

Kekurangan Intranet

Setelah membahas kelebihan atau keunggulannya, berikut ini adalah kelemahan dari intranet. Dengan memahami kelemahannya, diharapkan agar Anda dapat memperoleh solusi untuk mengatasi atau mencari alternatifnya. Beberapa kelemahan intranet, diantaranya yaitu:

  • Ruang lingkup penggunaan jaringan intranet terbatas atau kecil
  • Perlu adanya sosialisasi dan juga pembelajaran yang cukup menghabiskan waktu, agar tiap anggota organisasi atau perusahaan tidak kesulitan dalam mengakses jaringan intranet
  • Perlu adanya tenaga ahli agar jaringan intranet bisa dibangun serta berkembang dengan baik di dalam sebuah organisasi atau perusahaan
  • Kemungkinan overload data lebih besar, sebagai akibat dari bebasnya tiap anggota atau individu di dalam organisasi yang memiliki password untuk bisa saling berkirim informasi melalui jaringan intranet
  • Tidak menutup kemungkinan akan beredarnya hoax atau hal-hal yang bersifat negatif jika dalam satu organisasi terdapat oknum yang kesadaran moralnya terbilang kurang

Dengan memahami segala kelebihan dan kekurangan dari jaringan intranet ini, diharapkan agar pemanfaatannya dapat lebih bijak serta sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kinerja atau performa dari jaringan tersebut juga bisa lebih optimal.

Kesimpulan

Meski lingkup dari jaringan intranet terbilang kecil atau sempit jika dibandingkan dengan jaringan internet, tetapi untuk segi keamanan dalam aksesibilitas justru intranet lebih baik dari internet. Sebab intranet dilindungi oleh firewall dari internet global.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet gateway

Dimana hanya bisa diakses dengan menggunakan kata sandi atau password. Orang-orang yang berada diluar organisasi atau ruang lingkup dari suatu jaringan intranet dapat mengakses intranet dengan bantuan VPN atau Virtual Personal Network. Hal ini dikarenakan semua bentuk komunikasi antara komputer pengguna pribadi atau individu dengan jaringan intranet telah dienkripsi.

Penutup

Demikianlah beberapa ulasan terkait jaringan intranet. Semoga dengan penjelasan mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan dan juga fungsi intranet ini dapat menambah pengetahuan serta informasi bagi Anda terkait dunia teknologi informasi.

Sedikit tambahan ulasan tentang perbedaan antara jaringan internet dengan intranet juga semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kedepannya. Sekian dan semoga bermanfaat, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *