Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Internet Gateway

2 min read

Apa itu internet gateway?

Sebagai pecinta komputer atau mungkin yang bekerja di dunia jaringan komputer pasti Anda sudah tahu sama yang namanya gateway. Tapi apakah Anda sudah paham betul dengan pengertian serta kelebihan dan kekurangan internet gateway?

Karena sama-sama merupakan perangkat penghubung jaringan komputer, gateway ini seringkali disamakan dengan router. Padahal kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Pengertian Internet Gateway

Gateway merupakan perangkat yang difungsikan sebagai penghubung satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Secara harfiah gateway berasal dari kata ‘gate’ dan ‘way’ yang artinya merupakan penghubung antar jaringan satu dengan yang lain.

Baca juga : susunan warna urutan kabel cross dan straight RJ45

Sedangkan pengertian internet gateway secara fungsional adalah sebagai jembatan penghubung bagi hardware maupun software yang jaringannya tidak kompatibel. Nah gateway inilah yang membantu kedua perangkat tersebut sehingga dapat melakukan transfer data ke masing-masing komputer.

Biasanya gateway disebut juga sebagai “gerbang jaringan” karena dapat membantu para client dalam menghubungkan dua jaringan komputer serta menjadi jalan atau rute dari suatu alamat pada jaringan internet.

Cara Kerja Internet Gateway

Fungsi utama dari gateway seperti pintu yang menjangkau jaringan lainnya. Cara kerja dari gateway ini sebenarnya sederhana, misalnya dalam mengakses internet alamat situs web bisa dihubungi setelah melalui gateway yang telah mengarahkan paket data untuk mencapai tujuannya.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Gateway

Kelebihan dan kekurangan internet gateway

Yang namanya perangkat keras komputer pastinya memiliki kekurangan dan juga kelebihan dalam penggunaannya. Berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan internet gateway.

Kelebihan Internet Gateway

Berikut dibawah ini merupakan beberapa point utama mengenai kelebihan internet gateway yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Resource Sharing

Berkat adanya gateway ini jaringan komputer bisa saling berbagi sumber daya. Misalnya saja pengguna yang berjarak 150 km dari suatu data menjadi tidak kesulitan dalam menggunakan data karena seolah-olah data tersebut tidak jauh dari jangkauannya.

2. Mempunyai Reliabilitas yang Tinggi

Dalam hal ini jaringan komputer membuat kita mendapatkan keandalan tinggi dengan memiliki sumber persediaan alternatif. Seperti semua file dapat kita simpan lalu dicadangkan ke dua atau lebih komputer yang memiliki akses jaringan. Maka dari itu ketika salah satu mesin rusak maka kita bisa menggunakan salinan di mesin lain.

3. Lebih Hemat Biaya

Komputer dengan ukuran yang lebih kecil memiliki rasio harga dan kinerja yang lebih baik daripada komputer besar. Harga dari komputer besar seperti mainframe memiliki harga seribu kali lebih mahal daripada komputer kecil/pribadi.

Namun komputer besar hanya memiliki kecepatan sekitar sepuluh kali saja dari komputer kecil/pribadi. Hal inilah yang membuat ketidakseimbangan dari harga dan kinerja kedua komputer tersebut.

4. Dapat Digunakan Untuk Berbagi Akses Hardware

Dengan adanya fasilitas jaringan ini maka alat yang bernama printer server pun digunakan. Sebuah printer laser berwarna yang memiliki harga yang sangat mahal jadi dapat digunakan bersama-sama oleh 10 orang karyawan. Begitupun juga dengan scanner, plotter, dan alat lainnya.

Kekurangan Internet Gateway

Setiap hal didunia ini pastinya memiliki kekurangan, bagitu pun dengan internet gateway. Berikut dibawah ini beberapa point mengenai kekurangan internet gateway yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Pengembangan yang Membutuhkan Biaya Tinggi

Untuk mengembangkan jaringan pastinya membutuhkan biaya yang lebih tinggi, seperti dalam pembelian perangkat keras, konsultasi rencana, dan layanan mendirikannya. Belum lagi dalam investasi besar bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan lebih tinggi.

Sedangkan untuk penggunaan rumahan biayanya lebih kecil dan bisa dikurangi. Tapi tetap saja jaringan harus dirancang agar tidak ada biaya overhead untuk memenuhi kebutuhan jaringan komputer tersebut.

2. Berbagi Data yang Tidak Diinginkan

Data yang dibagikan bersama-sama tidak menjamin tidak terjadinya kebocoran. Apalagi jika tidak ada operator jaringan yang mengatur maka risiko kebocoran folder bersama semakin tinggi. Bahkan orang lain yang tidak memiliki hak juga dapat membaca file tersebut.

3. Rentan Dengan Metode Peretasan

Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Jika sistem tidak dirancang dengan baik maka sangat rawan terjadinya downtime jaringan dan dapat menghentikan pekerjaan.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan internet gateway yang perlu anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan Anda, sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *