Memahami 8 Tugas Pokok dan Fungsi Operator Sekolah

2 min read

Tugas pokok dan fungsi operator sekolah

Operator sekolah adalah peran yang sangat penting di dalam sebuah sekolah. Tugas pokok dan fungsi operator sekolah ini berhubungan dengan segala data yang ada di dalam sekolah tersebut. Karena keberadaan operator adalah hal yang sangat vital, maka dari itu si operator sekolah harus bekerja dengan ekstra teliti dan penuh dengan kehati-hatian.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft power point

Perlu Anda tahu bahwa status operator sekolah ialah tugas dari tenaga kependidikan bukanlah seorang guru. Karena saat ini segala pengurusan sekolah dilakukan serba online, makanya saat ini operator sekolah tidak hanya menangani masalah Dapodik tapi juga mengerjakan beberapa aplikasi online.

Apa Itu Operator Sekolah?

Sebelum melihat dari fungsi operator sekolah sebaiknya kita bahas dulu apa pengertian operator sekolah. Jadi operator sekolah adalah seorang yang bertugas untuk menginput, mengolah dan mengirim data secara online ke server pusat atau Kemendikbud.

Jadi segala bentuk data atau info operator sekolah yang diinput itu dijadikan acuan untuk menentukan kebijakan-kebijakan pendidikan. Segala tugas sekolah yang berurusan dengan data dikerjakan oleh operator sekolah. Untuk lebih jelasnya berikut tugas dan fungsi operator sekolah

Tugas Pokok dan Fungsi Operator Sekolah

Tugas pokok dan fungsi operator sekolah

Seorang kepala usaha, guru serta tenaga kependidikan seharusnya mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tugas dan fungsi dari operator sekolah. Berikut ini merupakan beberapa tugas pokok dan fungsi operator sekolah yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Mengelola Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

Seperti yang kita tahu bahwa Dapodik adalah sumber utama informasi yang digunakan untuk melihat kondisi sekolah. Nah di sini operator sekolah bertugas untuk melakukan sinkronisasi data yang biasanya dilakukan 2 kali dalam setahun.

Kini data dapodik telah terkoneksi dengan beberapa instansi pemerintah lain seperti, KPK, BPK dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil).

2. Mengelola Aplikasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan)

Fungsi operator sekolah selanjutnya yaitu mengisi kuesioner PMP. Pada tahun 2016 aplikasi ini telah mulai berjalan hingga sekarang. Sebenarnya tugas ini adalah tanggung jawab dari tenaga pendidik seperti guru, kepala sekolah, komite sekolah dan siswa tapi kebanyakan sekolah melimpahkan tugas ini ke operator sekolah.

Aplikasi faster PMP ini menjadi jalan pintas bagi operator sekolah untuk membantu pengisian pertanyaan yang jumlahnya sangat banyak.

3. Mengelola Aplikasi SPM (Standar Pelayanan Minimal)

Hampir sama dengan aplikasi PMP, SPM ini berperan untuk memasukkan data yang sesuai dengan data yang nyata di lapangan. Jadi meskipun semua data telah dicover di Dapodik tapi tetap saja aplikasi SPM ini harus diisi.

4. Pengajuan dan Pelaksanaan KIP (Kartu Indonesia Pintar)

BSM atau Beasiswa Siswa Miskin telah dibaharui menjadi Program Indonesia Pintar. Jadi buat siswa yang berhak mendapatkan program ini akan memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dulunya ketika Program BSM masih berlangsung, seorang operator sekolah memiliki tugas yang cukup banyak.

Tapi berkat pembaharuan ini tugas operator sekolah menjadi lebih ringan karena pengajuan PIP dapat dilakukan di Dapodik. Jadi tugas pihak sekolah hanyalah menerima berkas dari siswa.

5. Laporan Individu (LI)

Operator sekolah wajib mengirimkan laporan individu berformat excel yang berisi identitas sekolah, data kepala sekolah, guru dan pegawai, sarana prasarana, jumlah siswa yang berkebutuhan khusus dan kondisi keuangan sekolah.

6. Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (PD)

Dalam hal ini operator sekolah bertugas untuk memeriksa kebenaran identitas semua siswa, mengecek NISN siswa baru dan melakukan pengajuan perubahan data siswa.

7. Pelayanan Administrasi Tata Usaha

Operator sekolah juga bertugas dalam pembuatan SK, surat masuk dan keluar, kearsipan dan tugas administrasi lainnya.

8. Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana

Seorang operator sekolah juga bertugas untuk mengecek sarana dan prasarana yang ada di dalam sekolah. Pembuatan kartu inventaris barang, menginventarisir kondisi yang sebenarnya juga menjadi tanggung jawab seorang operator sekolah.

Penutup

Karena Fungsi operator sekolah sangatlah penting, maka dari itu pihak pimpinan atau kepala sekolah sebaiknya lebih memperhatikan keberadaan seorang operator sekolah.

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai tugas pokok dan fungsi operator sekolah, saya harap penjelasan diatas tadi dapat berguna dan menambah wawasan anda, cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *