Pengertian dan 5 Fungsi Manajemen yang Perlu Diketahui

2 min read

Fungsi manajemen

Sebuah bisnis tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya manajemen. Oleh karena itu seorang pemilik dan pengelola usaha harus tahu apa fungsi manajemen. Ada begitu besar pengaruh yang diberikan manajemen dari berbagai aspek. Tidak heran jika sebuah perusahaan membutuhkan orang yang berpengalaman tentang manajemen untuk bekerja.

Baca juga : tugas pokok dan fungsi operator sekolah

Pengertian dari manajemen secara umum adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai target dari perusahaan. Apa yang dimaksud dengan proses sangat beragam seperti mengontrol, merencanakan, mengawasi, mengorganisasi sumber daya yang ada.Sesuai dengan pengertiannya, ada 5 fungsi manajemen yang harus dipahami.

Fungsi Manajemen

Sumber daya dalam perusahaan itulah yang akan dimanfaatkan dan unsur penting dalam manajemen. Yang termasuk diantaranya adalah manusia, uang, material atau bahan, mesin, metode dan terakhir pasar. Semua unsur ini akan menjadi jelas peranannya dengan mempelajari fungsi dari manajemen.

Fungsi manajemen menurut para ahli sendiri berbeda-beda. Ada yang membaginya menjadi empat fungsi namun ada juga yang membaginya menjadi enam. Misalnya saja fungsi yang dikemukakan oleh Lyndall F. Urwick. Mulai dari bagaimana menempatkan sdm, merencanakan strategi, mengendalikan sumber daya, pengarahan, koordinasi dan organisasi.

Ada juga pendapat yang mirip dijelaskan oleh George R Terry, di mana fungsi manajemen ada empat. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian adalah fungsinya. Apabila diambil kesimpulan, maka ada lima fungsi manajemen yang bisa anda pelajari, diantaranya yaitu:

1. Planning atau perencanaan

Rencana selalu disusun secara strategis dan dilakukan dari sumber daya yang dimiliki perusahaan. Apa yang dimaksud dengan rencana adalah penentuan bagaimana strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Proses ini selalu jadi yang utama dan nantinya bisa jadi panduan operasional hingga evaluasi. Manfaat dari fungsi ini adalah sebagai jaminan tujuan tercapai dan menghindari risiko kegagalan.

Planning sendiri memiliki tiga tingkatan yang berbeda beda. Pertama adalah top level planning yang sifatnya strategis. Kedua adalah middle level planning yang lebih administratif dan ketiga low level planning yang fokusnya pada aktivitas operasional.

2. Organizing atau pengorganisasian

Mengorganisasi perusahaan adalah fungsi manajemen secara umum. Fungsi ini memungkinkan perusahaan memiliki struktur yang jelas dalam hal urutan jabatan hingga jenis pekerjaan. Masing-masing akan memiliki identifikasi aktivitas tugas yang dimiliki, sehingga tercipta tanggung jawab.

Adanya jabatan di sebuah perusahaan juga memudahkan proses evaluasi karena strukturnya yang jelas. Pengorganisasian juga mempermudah batasan pengambilan keputusan penting di masing-masing jabatan.

3. Coordinating atau koordinasi

Fungsi manajemen  yang selanjutnya ini adalah sebagai penghubung antara struktur organisasi. Tujuannya adalah agar tidak muncul kesalahan atau kerugian karena terjadinya kegiatan berbarengan. Sebuah koordinasi yang efektif harus diterapkan dan dipupuk karena sifat orang yang bekerja berbeda-beda sekaligus tugas dan tanggung jawabnya.

Dibutuhkan manajemen yang jelas mengenai bagaimana antar staf dan semua yang ada di divisi berbeda bisa berkoordinasi dengan baik. Penggunaan unsur mesin seperti komputer dan internet perlu dipertimbangkan dan diperjelas langkahnya.

4. Controlling atau pengendalian

Kontrol harus selalu dilakukan untuk pengelolaan semua sumber daya setelah adanya koordinasi akan pekerjaan. Tugas dari pengawasan ini dilakukan oleh mereka yang berada di jabatan atas di mulai dari manajer hingga pemilik bisnis.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan controlling yaitu routing atau jalur yang digunakan untuk mengetahui kesalahan. Penjadwalan agar kerja jadi lebih efisien, Dispatching atau hasil dari evaluasi dan follow up atau tindak lanjut dari evaluasi.

5. Commanding atau pengarahan

Fungsi kelima yang tak kalah pentingnya dengan koordinasi karena adanya arahan ini akan membuat semua staf perusahaan mengenali tugas dan tanggung jawabnya. Pekerjaan yang lebih terarah dan batasan-batasannya dikenali dengan jelas.

Oleh karena itu melalui fungsi ini, sebuah perusahaan harus melakukan aktivitas pengarahan seperti penjelasan akan jobdesk, kebijakan baru yang diterapkan, dan rutin melakukan bimbingan. Dengan begitu semua sumber daya manusia akan bekerja dengan lebih nyaman.

Penutup

Nah macam-macam fungsi manajemen tersebut harus dikenali oleh pemilik bisnis serta semua staf yang bertanggung jawab di dalamnya. Apabila semua fungsi ini diterapkan dengan benar maka tidak lama untuk mencapai tujuan dari perusahaan yang sedang dikembangkan.

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai fungsi manajemen yang perlu anda ketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *