Pengertian dan 3 Jenis Domain Website beserta Contohnya

2 min read

Jenis domain

Bagi yang ingin mendalami seputar website, tentu Anda akan dihadapkan dengan istilah yang namanya domain. Bahkan bisa dibilang, kalau domain ini memegang peranan penting dalam sebuah website online. Itulah sebabnya, Anda harus paham dengan jelas mengenai penjelasan beserta jenis domain itu sendiri.

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah alamat website di internet yang nantinya akan diakses oleh pengguna melalui mesin pencari. Maka dari itu, disarankan bagi Anda untuk membuat nama domain yang unik. Selanjutnya, Anda akan disuguhi dengan adanya alamat domain sebagai pengirim pesan pada IP server hosting.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

Ketika seseorang menuliskan alamat website, sebenarnya mereka sedang mengakses alamat IP server dari hosting yang telah dikonfigurasi. Alamat website ini bisa Anda lihat dengan contoh nama domain yang berakhiran seperti .co.id, .id, .org, .com, dan lainnya.

Jenis Domain dan Contohnya

Nama domain seringkali terlihat cukup unik, lantaran tidak ada satu website pun yang bisa menggunakan nama sama. Hal ini dikarenakan juga adanya beberapa jenis domain untuk digunakan. Berikut ini macam-macam domain dan contohnya.

1. Top Level Domain (TLD)

Jenis domain pertama adalah TLD yang menjadi tipe domain paling tinggi di dalam struktur DNS internet. Beberapa contoh ekstensi yang termasuk dalam kategori jenis domain TLD yaitu .id, .com, .web serta ekstensi lain. Perlu Anda ketahui, bahwa domain TLD sendiri memiliki beberapa jenis lainnya yang dibagi menjadi kategori berikut.

A. Country Code Top Level Domains (CCTLD)

Jenis domain TLD ini adalah sebuah domain yang memiliki nama dengan menunjukkan identitas suatu negara. Sehingga ketika Anda lihat isi dari web itu sendiri, maka akan tampil website formal dari suatu negara.

Yang mana website tersebut, menampilkan isi yang ditujukan untuk masyarakatnya. Jenis dari domain ini seringkali diakhiri dengan ekstensi berupa .id untuk negara Indonesia, .uk untuk negara Inggris /Britania Raya, .sg untuk negara Singapura, dan ekstensi lainnya.

Kita ambil contoh saja untuk website dengan akhiran atau ekstensi .id dari negara Indonesia. Ekstensi tersebut memiliki banyak variasi domain lain untuk sebuah website. Berikut ini contoh domain nya.

  • Ekstensi .ac.id ditujukan untuk lingkup pendidikan akademik maupun perguruan tinggi.
  • Ekstensi .web.id ditujukan untuk penggunaan personal hingga organisasi yang ada di Indonesia.
  • Ekstensi .co.id diperuntukkan bagi berbagai organisasi komersial, namun secara khusus hanya ditujukan untuk perusahaan tersebut.

B. Generic Top Level Domain (GTLD)

Selanjutnya, ada GDTL yang merupakan jenis dari domain umum dan bisa dipakai oleh siapapun atau web apapun. Pemakaian GDTL ini cocok untuk Anda yang memerlukan domain ekstensi bersifat populer. Contohnya seperti akhiran .com maupun .org. Selain itu, pemakaian atas GDTL sendiri tidak membutuhkan persyaratan yang sulit.

C. Premium Top Level Domain (PTLD)

Ada juga jenis TLD terakhir, yakni PTLD yang merupakan domain dengan nama bisa di custom. Misalnya saja nama domain yang sering kita lihat dengan akhiran .site, .news, .travel, .host, .doctor dan ekstensi-ekstensi lain.

Melihat nama tersebut, maka kita tahu jika PTLD lebih menekankan atas spesifikasi atau identitas sebuah website. Contohnya saja seperti penggunaan domain .news yang menjadi ekstensi dari sebuah website berita. Begitupun dengan domain lain yang menggunakan nama custom PTLD seperti ini.

2. Second Level Domain (SLD)

Jenis domain selanjutnya adalah Second Level Domain atau SLD yang merupakan domain turunan dari TLD yang dibahas pada poin pertama. Tujuan dari domain ini adalah untuk membuat website menjadi lebih spesifik lagi. Sedangkan contoh ekstensi dari Second Level Domain (SLD) meliputi co.id, ac.id, maupun .biz.id.

3. Third Level Domain

Banyak pengguna website juga menyebut Third Level Domain dengan istilah subdomain. Istilah domain ini mengacu untuk keperluan web tertentu. Seperti halnya web dengan adanya sub informasi yang jelas.

Meskipun terlepas dari jenis domain utama yang dipakai, namun nama domain ini tetaplah berkaitan. Penggunaannya pun lebih sering dipakai untuk kepentingan internal bisnis yang ada di sebuah perusahaan.

Misalnya saja www.namawebanda.id dan memiliki nama lain dengan subdomain news.namawebanda.id. Sesuai alamat tersebut, maka web dengan subdomain ini memungkinkan suatu perusahaan memiliki keperluan akan berita-berita.

Baik itu berita perusahaan secara umum, publikasi, aktivitas hingga berbagai informasi penting seputar perusahaan di web tersebut. Nama “news” inilah yang dimaksud sebagai Third Level Domain atau subdomain sebuah web.

Penutup

Macam-macam domain di atas bisa dipilih sesuai identitas dan tujuan dari web itu sendiri. Mengingat masing-masingnya memiliki perbedaan dalam banyak hal, serta memungkinkan pengunjung akan lebih tertarik dengan konten dari web Anda.

Selain itu, ketahuilah bahwa tidak ada nama domain yang sama dari setiap jenis ekstensi yang digunakan. Oleh sebab itu, carilah nama yang unik dengan jenis domain di atas yang sekiranya belum digunakan oleh web lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *