Pengertian dan 8 Fungsi Domain dan Hosting bagi Website

2 min read

Fungsi domain dan hosting

Berbicara mengenai website, maka kedua elemen seperti domain dan hosting sangat menarik untuk dibahas. Termasuk mengenai penjelasan, serta fungsi domain dan hosting itu sendiri. Bisa dibilang bahwa kedua hal ini harus ada, sehingga seringkali kita temui penggunaannya di dunia maya.

Pengertian Domain dan Hosting

Domain adalah sebuah nama unik yang menjadi identitas atas nama suatu server komputer. Contohnya saja seperti web server maupun email server yang didirikan melalui jaringan internet /komputer. Domain sendiri memiliki banyak ekstensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik itu .ID, .US, .SG, .CO, .COM dan sebagainya.

Baca juga : pengertian dan komponen pendukung website

Sedangkan hosting adalah sebuah layanan di internet yang menyajikan resource dalam bentuk berbagai server. Dimana server-server tersebut nantinya akan disewakan untuk personal maupun organisasi. Tujuannya adalah untuk menyimpan informasi mereka di internet dalam bentuk Email, HTTP, FTP, DNS dan sebagainya.

Lalu apa saja fungsi domain dan hosting tersebut buat website? Agar lebih jelasnya, simak penjelasan perbedaan hosting dan domain dibawah ini.

Fungsi Domain dan Hosting bagi Website

Setelah membahas mengenai penjelasan kedua elemen website tersebut, maka Anda harus paham mengenai apa fungsi dari domain dan hosting tersebut.

Fungsi Domain

Membicarakan mengenai fungsi domain dan hosting, maka ada tiga fungsi utama domain bagi website online yang perlu Anda ketahui. Diantaranya yaitu:

1. Sebagai Alamat yang Menghubungkan Server

Fungsi pertama dari sebuah domain adalah sebagai alamat unik yang akan menghubungkan server dengan pengguna. Meski tanpa pemakaian domain, sebenarnya pengguna tetap bisa akses web di server.

Hanya saja, cara akses web ini tidak menggunakan huruf dan kata pada alamat url kebanyakan. Melainkan, pengguna haruslah menghafalkan baris kode yang berupa digit angka.

2. Mewakili Identitas Pemilik Web

Seperti yang kita tahu, bahwa kehadiran domain memiliki peran penting terkait proses branding. Di mana pemilihan nama domain yang tepat, akan dapat mencerminkan visi dan misi suatu website. Sehingga bisa dikatakan, kalau nama dari suatu domain bisa menjelaskan identitas atas pemilik web.

3. Mempermudah Pengguna dalam Mengakses Website secara Online

Hampir mirip dengan poin pertama di atas, bahwa fungsi pemain adalah untuk mempermudah pengguna ketika akan akses suatu website. Pengguna bisa akses web dengan lebih sederhana, hanya dengan satu atau dua kata unik saja. Dengan begini, maka Anda tidak perlu memasukkan angka atau alamat ip.

Fungsi Hosting

Berikut dibawah ini beberapa point utama mengenai fungsi hosting bagi situs website yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Penentu Region Website

Region dari suatu website memang ditentukan oleh hosting. Dalam hal ini, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan region Indonesia atau region dari negara-negara lainnya.

Tetapi sangat disarankan, supaya Anda memilih region yang sesuai dengan lokasi bisnis maupun domisili. Perlu diketahui juga, bahwa region ini memiliki pengaruh besar terhadap trafik sebuah website.

2. Menjadikan Web Lebih Responsif

Kehadiran hosting memang sangat berpengaruh terhadap sebuah web agar berjalan dengan lancar. Tanpa hosting, bisa jadi website Anda akan cenderung lemot ketika diakses atau lama dalam merespon.

Seringkali para admin website kurang memperhatikan spesifikasi dan kapasitas hosting yang digunakan, sehingga ketika terjadi permintaan data dan traffic tinggi dapat membuat website tersebut menjadi lambat atau tidak bisa diakses.

3. Mempermudah Optimasi

Supaya website Anda lebih user friendly, salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi. Hal ini bisa anda dapatkan melalui penggunaan hosting yang tepat. Sehingga nantinya, website akan melakukan pemeliharaan secara rutin karena mengganggu akses dan tetap mobile friendly.

4. Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Fungsi selanjutnya adalah menyimpan data atas semua file website sudah di online kan. Berbagai bentuk file yang dimaksud, seperti halnya gambar, video, teks, audio dan file lainnya. Ini adalah salah satu fungsi domain dan hosting yang cukup penting dan perlu Anda pahami.

5. Menjadikan Website Online

Supaya website online 24 jam dan tetap bisa diakses, maka kehadiran hosting sangatlah penting. Sehingga tanpa adanya hosting, website Anda tidak akan aktif atau tidak tersedia pada pencarian online.

Namun kondisi ini tidak hanya didukung atas penggunaan hosting saja, melainkan juga memilih hosting dengan kualitas terbaik. Sehingga nantinya rusak tidak akan mengalami gangguan atau server down.

Kesimpulan

Jadi, bisa diibaratkan bahwa fungsi dari hosting adalah sebagai gudang website untuk menyimpan dan menampilkan data secara online. Sehingga pada pengguna bisa akses web Anda.

Sedangkan untuk domain, bisa diibaratkan sebagai cara mudah pengguna untuk akses web. Karena domain ini menyediakan alamat di mana konten blog atau website Anda berada.

Melihat fungsi domain dan hosting di atas, tentunya kedua elemen tersebut sangatlah berkaitan. Kehadiran domain haruslah didukung dengan adanya hosting, begitupun sebaliknya. Tanpa salah satunya, maka blog atau website Anda tidak akan bisa diakses atau sering mengalami gangguan.

Penutup

Akhir kata, demikain pembahasan singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai beberapa fungsi domain dan hosting bagi website yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *