5 Komponen Website Penting yang Perlu Diketahui

2 min read

Komponen website

Di era digital seperti sekarang ini, website bukan lagi suatu hal yang baru. Banyak orang kini bisa membuat website dengan mudah, karena didukung oleh teknologi yang semakin maju. Dalam proses pembuatannya, ada beberapa komponen website utama yang wajib digunakan. Komponen ini akan membuat website menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna.

Baca juga : memahami keahlian dan tugas web programmer

Sebagai pengembang, Anda harus memahami komponen penyusun website yang benar. Hal ini bertujuan agar fungsi dari website tersebut bisa dimaksimalkan. Fungsinya sangat beragam, mulai dari untuk penjualan, edukasi, layanan masyarakat dan yang lainnya.

Komponen Website Utama

Berikut dibawah ini beberapa komponen penting yang diperlukan untuk membangun sebuah website, diantaranya yaitu:

1. Hosting

Pada dasarnya, kita bisa membuat website tanpa menggunakan hosting. Akan tetapi, hal itu akan membuat website tidak bisa diakses melalui koneksi internet atau bersifat lokal. Hosting sendiri berfungsi untuk menempatkan berbagai data yang berkaitan dengan website seperti CMS, foto, artikel dan masih banyak lagi. Komponen website ini sangat penting karena bertujuan agar website bisa online sehingga bisa diakses dari jarak jauh.

Hosting ini bisa didapatkan dengan menyewa di penyedia layanan hosting baik di Indonesia maupun luar negeri. Dalam pemilihan hostingnya, perhatikan beberapa aspek seperti lokasi server, teknologi yang digunakan, pelayanan dari penyedia jasa hingga harganya.

Kualitas dari hosting ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan dari website yang dikembangkan. Maka dari itu, pilih hosting yang sudah terbukti kualitasnya meskipun harganya agak mahal.

2. Domain

Domain dapat diartikan sebagai alamat dari rumah kita. Penggunaan domain ini bertujuan agar orang lain bisa dengan mudah mengakses website Anda. Website sebenarnya bisa diakses menggunakan alamat IP dari server yang digunakan, namun hal itu akan merepotkan orang yang mengaksesnya. Komponen website ini penting untuk diterapkan pada website, Anda bisa membelinya melalui berbagai penyedia domain di Indonesia dengan harga yang beragam.

Pemilihan nama domain harus diperhatikan dengan baik, karena Anda tidak bisa mengubahnya setelah membeli. Pada umumnya baik dari kalangan perorangan maupun perusahaan menggunakan nama website sebagai nama domainnya. Di domain tersebut terdapat ekstensi yang berguna untuk mengkategorikan website tersebut (misalnya scd.id untuk sekolah, .org untuk organisasi ataupun .com untuk komersial).

3. CMS atau Programming

Dalam proses pembuatannya, website bisa dikembangkan menggunakan CMS (Content Management System) maupun dikembangkan manual menggunakan bahasa pemrograman. Akan tetapi, CMS lebih banyak diaplikasikan karena memang lebih mudah dan cepat.

Terdapat beberapa CMS yang paling umum digunakan mulai dari WordPress, Drupal, Joomla dan masih banyak lagi. Saat ini, WordPress menjadi yang paling banyak digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan.

Sedangkan website yang dikembangkan manual menggunakan bahasa pemrograman ini biasanya diterapkan untuk website custom. Misalnya seperti Tokopedia, Facebook, Instagram atau website besar lainnya.

Tapi yang jelas, ini merupakan komponen website yang sangat penting. Pemilihan CMS atau programming manual disesuaikan dengan kebutuhan, agar dalam pengembangannya nanti bisa lebih mudah.

4. Theme

Theme ini merupakan komponen website yang menjadi dasar dari tampilan website antarmukanya. Sebagian besar pengembang website menggunakan theme yang sudah jadi. Mereka tidak perlu membuatnya dari awal meskipun nantinya tampilannya akan mirip dengan website lainnya.

Akan tetapi, pengembang bisa melakukan kustomisasi sendiri seperti mengubah warna, peletakan elemen-elemen web hingga mengubah logo website. Penggunaan theme berbayar akan lebih efektif karena akan berpengaruh terhadap kecepatan website pada saat diakses.

Untuk website yang berbasis CMS, bukan hal yang sulit untuk mendapatkan theme. Banyak penyedia yang menawarkan theme dengan kategori yang berbeda. Seperti toko online, company profile hingga magazine.

Instalasinya yang mudah akan membantu proses pembuatan website berjalan lebih cepat. Beberapa penyedia theme bahkan menyediakan tutorial instalasinya, sehingga pengembang web hanya perlu mengikuti alurnya.

5. Konten

Setiap website pasti memiliki tujuan tersendiri, tapi pada dasarnya difungsikan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Informasi itu yang diartikan sebagai konten, biasanya berupa artikel, gambar ataupun video. Konten merupakan komponen website yang sebaiknya harus ada. Selain agar website lebih menarik, orang lain yang mengaksesnya juga akan merasakan manfaatnya.

Dengan adanya konten, website akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Dengan begitu, pengembang bisa mendapatkan keuntungan baik dari penjualan produk, iklan atau yang lainnya. Konten yang dibuat harus sesuai dengan aturan, hindari pembuatan konten yang menyesatkan. Jangan sampai karena adanya konten yang tidak sesuai, website Anda akan bermasalah.

Penutup

Nah itulah beberapa komponen website yang paling penting agar semakin berkualitas. Sebelum membuat website, perhatikan beberapa hal di atas terlebih dahulu. Pastikan hanya memilih komponen dengan kualitas terbaik agar hasil websitenya memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *