6 Skills dan Tugas Web Programmer yang Perlu Diketahui

2 min read

Tugas web programmer

Saat ini, web programmer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak bidang pekerjaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa skill dan tugas web programmer yang perlu anda ketahui agar memahami bidang ini.

Baca juga : tugas pokok dan fungsi operator sekolah

Kita semua tahu bahwa website memiliki pengaruh yang cukup besar dalam berbagai bidang. Pembuatan website kini tergolong mudah tapi ada banyak yang harus diperhatikan seperti coding, layout hingga fitur yang ada didalamnya. Tugas web programmer berhubungan dengan pembuatan kode tersebut. Supaya tidak bingung, simak pengertian tugasnya berikut ini.

Pengertian Web Programmer

Istilah lain dari web programmer adalah coder, artinya tugas utamanya adalah menulis kode dengan memanfaatkan bahasa pemrograman. Mulai dari website atau aplikasi yang basisnya adalah web.

Profesi ini sangat penting dan utama dalam pembuatan web, karena mereka yang akan memanfaatkan semua sumber daya dalam web atau aplikasi. Beberapa jenis sumber daya yang dimaksud adalah halaman website, cara berinteraksi dengan visitor, pemanggilan database dan masih banyak lagi.

Jangan samakan web programmer dengan tugas web developer yang pekerjaannya lebih ke arah analisa web yang sudah dibangun. Jadi tugas web programmer adalah membangun web dari awal sampai ke tahapan pengembangannya.

Web programmer

Beda lagi dengan tugas web administrator yang lebih fokus pada perbaikan server. Web programmer justru fokus pada pengembangan dan pembuatan web sehingga web jadi mudah untuk digunakan, memiliki sistem input dan output data yang jelas.

Apalagi jika sebuah web digunakan untuk bertransaksi seperti marketplace atau e-commerce. Peranan web programmer dalam menciptakan dan mengelola web sangat besar dan berhubungan dengan banyak divisi.

Skill yang Diperlukan Web Programmer

Berbicara mengenai tugas web programmer tentu saja berpengaruh terhadap kemampuan atau keahlian apa saja yang harus dimiliki. Seseorang yang ingin terjun ke dalam bidang ini harus menguasai bukan hanya soal coding saja.

Ada banyak skill yang perlu diperhatikan dan diasah terus menerus sehingga mampu menghadapi permasalahan yang sering terjadi dalam website. Berikut dibawah ini beberapa skill utama yang dibutuhkan seorang web programmer, diantaranya yaitu:

1. Mengetahui Konsep dasar Pemrograman

Sebagai pemula web programmer kemampuan utama yang harus dikuasai adalah paham akan konsep dasar pemrograman. Tertarik dalam bidang ini akan jadi motivasi kuat supaya mudah memahaminya.

Beberapa ilmu dasar yang dimaksud seperti algoritma, cara menciptakan software, mengenai bilangan prima dan masih banyak lagi.

2. Menguasai bahasa pemrograman yang digunakan

Karena pekerjaan utamanya berhubungan dengan coding, maka bahasa pemrograman harus bisa dikuasai. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa dikuasai, khususnya HTML, CSS, Codeigniter, java, Phython, C++, JavaScript, PHP dan masih banyak lagi.

Seorang web programmer mungkin saja tidak menguasai semua bahasa pemrograman tersebut. Namun bahasa pemrograman yang dikuasai setidaknya lebih dari satu.

3. Pantang menyerah dalam berlatih

Ada banyak kode yang harus dipelajari dan kemampuan untuk terus berlatih harus terus diasah. Setiap harinya kode selalu berkembang sehingga rasa penasaran akan pengetahuan baru harus terus dikembangkan.

Web programmer tidak akan pernah lelah berlatih dalam mengembangkan web. Apalagi jika terjadi masalah mereka dituntut harus bisa menyelesaikan masalah dengan tepat.

Tugas Web Programmer

Berikut dibawah ini beberapa tugas web programmer yang perlu anda ketahui agar menambah wawasan anda seputar bidang ini, diantaranya yaitu:

1. Memahami layout, struktur dan fitur dalam web

Seorang web programmer juga harus mengerti mengenai gambaran desain keseluruhan dari website. Tugas pertama ini sangat penting bagi web programmer untuk memahami detail dari rancangan web yang akan dibuat. Sehingga rancangan tersebut nantinya bisa langsung dikerjakan dengan maksimal.

Layout adalah desain dari web yang akan dikerjakan oleh web designer. Inilah yang membedakannya dengan tugas web designer. Web designer adalah orang yang bertanggung jawab akan desain layout keseluruhan web. Mulai dari susunan hingga konsepnya.

Apabila web programmer tidak paham mengenai konsep desain web maka bisa menanyakan langsung pada web designer. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pembacaan gambar.

2. Bertanggung jawab atas code yang dibuat

Tugas yang kedua yaitu merancang dan mengelola dari hasil code yang telah dibuat. Programmer akan menulis kode pemrograman dan juga memperbaikinya sehingga bisa digunakan. Perlu pemilihan bahasa pemrograman pada semua elemen serta fitur yang akan diciptakan.

Contohnya saja kode yang digunakan untuk menciptakan fitur chat dinamis atau untuk editing post. Sehingga fitur yang dibutuhkan dapat bekerja sesuai kebutuhan. Belum lagi soal sistem keamanan web.

3. Melakukan pengecekan semua elemen program

Tidak berhenti dalam pembuatan coding saja, tugas web programmer juga harus memeriksa ulang semua fitur yang telah dibuat. Uji coba diperlukan untuk mengetahui bahwa semua elemennya berfungsi dengan benar.

Bukan tidak mungkin jika sebuah sistem terjadi bentrokan dan menimbulkan masalah bahkan sama sekali tidak bisa digunakan. Maka web programmer harus memperbaikinya sampai sistem bekerja secara normal. Perlu sinkronisasi dari semua elemen yang sudah dibuat.

Ketiga tugas penting ini sudah mencakup tugas utama dari web programmer. Jadi bagi kamu yang ingin bekerja dalam ranah ini perlu tahu tugas dan tanggung jawab apa saja yang perlu diemban.

Penutup

Tugas web programmer tidak pernah lepas dari banyak divisi dan pengembangan mandiri. Jadi, sudah siapkah kamu terjun ke profesi yang satu ini?. Akhir kata, demikian pembahasan singkat mengenai skill dan tugas web programmer, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *