Pengertian dan 5 Fungsi Scanner yang Perlu Diketahui

2 min read

Apa itu scanner

Scanner adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh perusahaan atau tempat usaha. Hal ini membuktikan bahwa fungsi scanner di dunia bisnis sangat penting dan sangat dibutuhkan. Benda ini sendiri adalah sebuah inovasi yang dikembangkan baru-baru ini, namun scanner telah berhasil membawa perubahan bagi kehidupan sehari-hari.

Baca juga : fungsi lampu indikator pada meteran listrik

Karena kehadirannya yang masih baru, maka tidak banyak orang yang tahu apa itu scanner dan fungsi scanner. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas habis berbagai informasi mengenai scanner yang satu ini. Penasaran apa saja informasinya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Pengertian Scanner

Scanner adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi dasar untuk menggandakan suatu berkas yang nantinya diubah menjadi bentuk digital. Scanner berasal dari kata “scan” yang dimana scan adalah bermakna memindai sebuah objek.

Scanner termasuk alat elektronik yang digunakan untuk memindai berkas yang nantinya dikonversi menjadi bentuk digital. Material yang bisa diinput oleh benda canggih yang satu ini sangat banyak, Anda bisa memindai gambar, poster, koran, dan berbagai bahan lainnya dengan menggunakan scanner.

Scanner memiliki sensor cahaya yang bisa menduplikat objek, dan sensor tersebut yang akan mendeteksi tulisan, struktur, hingga gambar yang ada di objek sehingga bisa diubah menjadi bentuk digital.

Fungsi Scanner

Fungsi scanner

Fungsi scanner sendiri sangat berbeda dengan fungsi printer karena scanner adalah alat input sedangkan printer adalah alat output. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai beberapa fungsi scanner yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Menyalin berkas ke bentuk digital

Fungsi scanner yang pertama adalah untuk menyalin berkas. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa cara kerja scanner akan menghasilkan salinan berkas menjadi bentuk digital. Dengan adanya salinan berkas ini tentunya akan membuat berkas lebih aman dari serangan yang akan mengancam objek secara fisik.

2. Mengelola berkas

Selain untuk menyalin berkas, scanner juga memiliki fungsi untuk mengelola berkas. Dengan menggunakan scanner, Anda bisa mengelola berkas dan mengkategorikannya dengan praktis. Dan ketika berkas tersebut dibutuhkan, maka Anda bisa mengambilnya dengan mudah.

3. Melakukan dokumentasi

Scanner paling banyak digunakan untuk melakukan dokumentasi objek. Banyak pengguna yang menggunakan scanner untuk menyimpan berkas yang penting agar tidak hilang atau rusak secara fisik.

4. Melindungi berkas

Perlu Anda ketahui bahwa berkas fisik memiliki ancaman kerusakan atau hilang yang lebih tinggi dibandingkan dengan berkas yang sudah diubah menjadi bentuk digital. Dan inilah salah satu fungsi scanner, yaitu untuk mengamankan berkas. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan scanner untuk mengubah berkas menjadi digital dan menghindari kerusakan karena sudah memiliki duplikatnya.

5. Pemindai Barcode

Scanner yang bisa digunakan sebagai pemindai barcode bisa Anda temukan dengan mudah di supermarket. Jadi selain beberapa fungsi di atas, scanner juga memiliki jenis yang bisa digunakan untuk memindai barcode seperti pada kemasan produk.

Jenis-jenis Scanner

Setelah mengetahui seputar pengertian dan fungsi scanner, berikut dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai jenis jenis scanner yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Diantaranya yaitu:

1. Flatbed Scanner

Jenis scanner yang pertama ini adalah salah satu jenis yang paling umum dan banyak digunakan oleh banyak kalangan, jenis Flatbed juga menjadi scanner yang pertama kali muncul. Flatbed scanner memiliki bentuk kompak dan memiliki dua bagian yang saling mengatup. Jenis scanner ini menjadi jenis yang paling kuno dan sulit digunakan karena hanya bisa memindai satu objek dalam satu kali jalan.

2. Sheet-fed Scanner

Meskipun memiliki fungsi scanner yang sama dengan jenis Flatbed scanner, tetapi Sheet-fed scanner dinilai lebih baik dari jenis sebelumnya. Scanner jenis ini memiliki harga yang lebih mahal, tetapi meskipun demikian masih banyak yang menggunakannya baik itu di kantor atau rumah. Yang kurang menarik dari jenis ini adalah tidak cocok untuk memindai buku.

3. Integrated Scanner

Integrated scanner dinilai memiliki fungsi scanner yang lebih baik dari versi sebelumnya karena bisa menghasilkan output objek yang dipindai menjadi lebih baik dengan kualitas yang diinginkan.

4. Print Scan Copy Scanner

Scanner yang biasa dikenal sebagai PSC ini menjadi versi yang memiliki banyak fungsi scanner sekaligus. Sesuai dengan namanya, jenis scanner yang satu ini bisa mengubah objek fisik ke digital dan sebaliknya. Dan lagi PSC ini bisa menggandakan file sehingga objek yang dipindai bisa lebih banyak.

5. Drum Scanner

Jenis dengan kecanggihan paling tinggi diantara semuanya ini menjadi jenis scanner yang sulit ditemukan di zaman sekarang. Namun meskipun demikian, Drum scanner ini bisa menghasilkan berkas dengan kualitas yang tinggi.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai scanner, mulai dari pengertian, fungsi scanner dan jenis-jenisnya. Saya harap penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *