9 Pengertian Jaringan Komputer menurut Para Ahli

2 min read

Pengertian jaringan komputer menurut para ahli

Saat ini, teknologi komputer terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan adanya perkembangan inilah yang membuat pengertian jaringan komputer menurut para ahli menjadi berbeda-beda. Para ahli tersebut tentunya tidak asal memberikan pengertian, perlu adanya pengetahuan dan penguasaan yang dalam terhadap komputer agar bisa menyimpulkannya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa pengertian jaringan komputer menurut para ahli yang perlu anda ketahui agar menambah wawasan seputar jaringan komputer. Untuk itu, yuk simak informasinya berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Beberapa ahli yang sudah berkecimpung dalam dunia komputer telah membuat sebuah pernyataan mengenai pengertian jaringan komputer menurut para ahli menurut pemikiran mereka sendiri. Lalu apa sajakah pengertiannya? Berikut ini informasinya.

1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Pengertian jaringan komputer menurut para ahli yang pertama ini menurut tokoh Jafar Noor Yudanto, beliau menyatakan bahwa jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari kumpulan komputer yang sudah didesain untuk bisa digunakan dalam proses berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan juga bisa mengakses berbagai informasi.

Sedangkan tujuan jaringan komputer menurut Jafar Noor Yudianto adalah agar mampu mencapai semua tujuan client, dan juga setiap bagian dari komputer bisa meminta serta memberikan layanan kepada pengguna yang menggunakannya.

2. Izaaz el Said

Pengertian jaringan komputer menurut para ahli selanjutnya adalah menurut Izaaz el Said yang menyatakan mengenai pengertian topologi dari jaringan komputer. Menurut beliau topologi adalah sebuah sistem yang berada dalam jaringan komputer yang memuat beberapa jenis komputer. Komputer dalam sebuah topologi tersebut harus terhubung satu sama lain. Tujuannya agar bisa bertukar data dan berbagi sumber daya.

3. Zymon Machajewski

Sedangkan pengertian jaringan komputer menurut Zymon Machajewski adalah seperangkat atau kumpulan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan yang lainnya. Sama halnya dengan pengertian jaringan komputer menurut para ahli lainnya, menurut beliau tujuan dari jaringan komputer ini adalah untuk membagikan resource sehingga bisa dikonsumsi bersama.

4. Andrew S. Tanenbaum

Andrew S. Tanenbaum menyatakan dalam bukunya yang berjudul Computer Network bahwa jaringan komputer adalah sebuah perangkat atau kumpulan dari hardware ataupun software yang di dalamnya memiliki aturan tertentu sehingga bisa mengatur seluruh pengguna dalam melakukan komunikasi.

5. Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan menyatakan bahwa pengertian jaringan komputer menurut para ahli adalah sebuah sistem yang memuat komputer dan perangkat jaringan yang lain dan bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sama.

6. Wikipedia

Wikipedia juga telah menyebutkan pengertian jaringan menurut mereka sendiri. Menurut Wikipedia, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas berbagai komputer yang lebih dari satu dan sengaja didesain agar bisa berbagi sumber daya, saling berkomunikasi, dan saling mengakses informasi.

7. Kristanto (2003)

Kristanto juga menyatakan bahwa jaringan komputer adalah sekelompok atau sekumpulan komputer otonom yang bisa saling terhubung satu dengan yang lainnya. Hubungan ini memakai sebuah protokol komunikasi yang bisa membuat komputer saling terhubung dan berbagi informasi, sumber daya, program, dan bisa memakai perangkat keras secara bersama-sama.

8. Madcoms

Menurut Madcoms jaringan komputer adalah sebuah kumpulan yang terdapat beberapa komputer dan memiliki peralatan pendukung yang lainnya. Mereka terhubung satu sama lain dalam sebuah kesatuan dan bisa saling terkoneksi satu komputer dengan yang lainnya.

9. Umi Proboyekti

Tokoh Umi Proboyekti juga menyatakan bahwa jaringan komputer adalah suatu kumpulan komputer dengan jumlah yang banyak namun terpisah tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugas. Mereka bisa saling bertukar informasi dan bisa melalui kawat, serat optic, tembaga, hingga satelit komunikasi.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer juga memiliki beberapa jenis yang berbeda dan dapat diterapkan sesuai dengan keperluan penggunanya, diantaranya yaitu:

1. Local Area Network atau LAN

Jaringan komputer yang pertama ini adalah Local Area Network atau yang biasa dikenal dengan sebutan LAN. LAN adalah sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang pendek.. Misalnya antara kantor, rumah, atau sekolah.

2. Metropolitan Area Network atau MAN

Berbeda dengan LAN, Metropolitan Area Network adalah jaringan yang bisa menghubungkan dua atau pun lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Jadi dengan menggunakan MAN, Anda bisa terhubung dengan perangkat jaringan yang lebih luas.

3. Wide Area Network atau WAN

Macam-macam jaringan komputer yang selanjutnya adalah Wide Area Network atau WAN. Jaringan WAN adalah kumpulan jaringan LAN yang tersebar secara geografis. Biasanya jaringan WAN tidak dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tetapi di bawah kepemilikan kolektif.

Penutup

Nah itulah berbagai informasi mengenai jenis-jenis jaringan hingga pengertian jaringan komputer menurut para ahli. Bagaimana menurut Anda?, semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *