8 Keahlian dan Tugas Web Master yang Perlu Diketahui

2 min read

Tugas web master

Dengan berkembangnya teknologi, pekerjaan dibidang website semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan, seperti web master, web programmer dan web developer. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa keahlian dan tugas web master yang dibutuhkan saat ini.

Baca juga : perbedaan web developer dan web programmer

Perlu anda ketahui, web programmer adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah website sesuai rancangan menggunakan coding. Berbagai bahasa pemrograman perlu dikuasai untuk bisa membuatnya. Sama dengan web programmer, seorang web developer juga perlu paham akan bahasa pemrograman.

Hanya saja tugas seorang web developer lebih ke arah pengembangan website yang sudah dibuat oleh web programmer. Jadi, web developer akan menyempurnakan dan menganalisa kembali perkembangan website tersebut.

Pengertian Web Master

Web master adalah orang yang bertugas untuk menjaga dan mengembangkan website. Ada banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan siapa web master, seperti web administrator, web publisher, web architect dan masih banyak lagi.

Tugas dari web administrator sangat luas karena bukan hanya menyangkut pembuatan web tetapi sampai pada pengembangannya. Oleh karena itu biasanya web master tidak akan bekerja sendiri. Ia biasanya bekerja sama dengan web designer, web programmer sampai web developer.

Tugas web designer sendiri adalah untuk membuat desain pada web yang lebih bermanfaat khususnya soal fitur. Jadi, website yang dibuat tidak hanya memiliki tampilan yang cantik tetapi juga fungsional.

Keahlian yang Dibutuhkan Web Master

Keahlian web master

Begitu banyak tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang web master. Oleh karena itu kemampuan yang diperlukan pun harus sangat luas. Apabila web master bekerja di perusahaan yang skalanya kecil bukan tidak mungkin ia akan bekerja membuat web dari nol sampai proses pengembangan lanjutan.

Namun untuk perusahaan besar biasanya tugas web master jadi lebih mudah mengingat posisi web developer, programmer dan designer diisi dengan orang lain. Berikut dibawah ini beberapa keahlian utama yang dibutuhkan oleh seorang web master, diantaranya yaitu:

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Karena web master akan menciptakan dan mengembangkan website maka bahasa pemrograman seperti Javascript, HTML, NET, PHP dan lainnya harus dikuasai. Supaya apabila terjadi kendala dalam hal coding ia bisa langsung mengatasinya.

2. Mengerti Soal Desain

Walaupun bukan bekerja menjadi web designer, namun web master harus paham mengenai desain. Baik itu teori desain sampai pembuatan animasi dan penggunaan software seperti photoshop. Sehingga ia akan lebih mudah mengarahkan web designer tentang desain web yang diinginkan.

3. Mengetahui Sistem Manajemen Konten

Pembuatan konten memang tidak menjadi tanggung jawab web master tetapi sistem seperti tata letaknya di halaman website harus diketahui. Bahkan ilmu mengenai SEO pada konten yang akan membantu meningkatkan trafik juga perlu dikuasai.

Tugas Web Master

Berikut dibawah ini pembahasan mengenai beberapa tugas utama dari web master yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Programing website

Sama seperti web programing, web master juga harus bisa menguasai kode untuk pembuatan program pada web. Oleh karena itu berbagai macam bahas apemrogaman harus bisa dikuasai web master. Ini adalah salah satu skill wajib yang dimiliki.

2. Pemeliharaan website

Tugas yang satu ini sama seperti web developer di mana web master harus bisa menggunakan kode yang sesuai pada banyak browser. Selain itu pemeliharaan juga mencakup tugas mengganti gambar ketika terjadi kerusakan.

Apabila pemilik website ingin melakukan sebuah perubahan maka web master bertugas untuk mengubahnya dengan benar. Begitu juga dengan penambahan produk, registrasi dan masih banyak lagi.

3. Promosi website

Promosi dibutuhkan agar trafik pada website meningkat. Ini adalah tugas yang dimiliki oleh web master. Tugas ini adalah salah satu bagian dari digital marketing, jadi bukan soal kode saja yang harus dikuasai tetapi juga bagaimana promosinya di berbagai jenis media.

4. Memecahkan masalah

Tugas web master berlanjut pada kemampuan untuk memecahkan masalah atau troubleshooting. Semua website pasti ada kalanya mengalami kerusakan dan web master harus mampu memecahkan masalahnya.

5. Mengoptimalkan SEO

Supaya trafik pada sebuah web naik maka salah satu cara pentingnya adalah dengan SEO. Tugas dan wewenang webmaster sampai ke ranah ini di mana ia harus bisa menjalankan SEO dengan benar demi kebutuhan trafik.

Penutup

Tugas web master sangatlah besar, sehingga tidak jarang web master adalah pemilik website itu sendiri. Dalam perusahaan skala besar tugasnya memang besar tetapi semua skill dasarnya harus tetap dimiliki. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *