Memahami Perbedaan Web Developer dan Web Programmer

2 min read

Perbedaan Web Developer dan Web Programmer

Web developer dan web programmer adalah dua jenis profesi berbeda yang sering keliru diartikan. Padahal perbedaan web developer dan web programmer sendiri sangat jelas ketika dilihat dari ranah pekerjaannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan dua profesi tersebut.

Baca juga : pengertian dan fungsi jaringan PAN

Singkatnya, web developer berperan sebagai penyempurna dan meningkatkan struktur website yang telah ada, sedangkan web programmer berperan dalam membuat website dari awal dan menambah berbagai fitur pendukung sesuai kebutuhan perusahaan.

Perusahaan pengembang web atau aplikasi berbasis web seringkali membutuhkan dua posisi ini, karena peranannya sangat krusial untuk keberlangsungan perusahaan. Agar lebih jelas simak pembahasannya dibawah ini, mulai dari pengertian dan skill yang dibutuhkan.

Perbedaan Web Developer dan Web Programmer

Walaupun kedua profesi ini sama-sama dalam ranah pembuatan web namun gugus tugas yang dimiliki sangatlah berbeda. Berikut dibawah ini pembahasan mengenai inti perbedaan pengertian dari web developer dan web programmer yang perlu anda ketahui.

Web Developer

Web developer adalah seseorang yang melakukan pengembangan dan pembaruan pada website yang sebelumnya sudah dibuat oleh web programmer. Jadi, web developer bertanggung jawab dalam menganalisa dan mengembangkan website tersebut.

Analisa perkembangan web dibutuhkan untuk disesuaikan dengan kondisi pasar sampai perubahan perilaku serta psikologis target visitor. Web developer berperan penting dalam meningkatkan struktur website agar mendapatkan banyak pengunjung dan memperbaiki error didalamnya, seperti optimasi SEO, kecepatan loading, konten, layout dan hal lainnya.

Web Programmer

Profesi web programmer lebih ke arah pembuatan website sesuai dengan desain yang telah dirancang. Pembuatannya memanfaatkan kode program atau bahasa pemrograman. Sama seperti programmer hanya saja ranah pekerjaannya adalah pembuatan website.

Web programmer akan merealisasikan rancangan dari web designer sehingga bisa diakses. Website dibuat menggunakan kode sehingga memenuhi tujuan awal pembuatannya. Contohnya saja pembuatan website untuk fitur chat, fitur posting, editing post dan masih banyak lagi.

Perbedaan dari Skill yang Dibutuhkan

Perbedaan Web Developer dan Web Programmer

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari faktor kemampuan yang dimiliki. Walaupun keduanya sama-sama harus mengenal dan menguasai bahasa pemrograman. Hanya saja jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan berbeda.

Skill Web Developer

Bekerja sebagai penyempurna website maka bahasa pemrograman yang harus dikuasai adalah PHP, MySQL, Laravel, Phyton dan bahasa program lainnya. Bahasa tersebut bisa digunakan untuk mempertajam konsep dari web programmer.

Walaupun sejak awal web programmer yang membuatnya, namun tugas web developer perlu memaksimalkannya. Sehingga tampilan serta kinerja web akan jadi lebih mudah digunakan. Proses peningkatan struktur dan perbaikan website oleh web developer ini memerlukan waktu yang cukup lama, karena perlu analisa mendalam dalam merapikan kembali konsep dan rancangan website tersebut.

Skill Web Programmer

Perbedaan web developer dan web programmer dari skill adalah bahasa pemrograman yang perlu dikuasai web programmer lebih meluas. Contohnya adalah Java Script, PHP, NET dan berbagai bahasa program lainnya.

Cakupan skill soal bahasa pemrograman yang dikuasai lebih banyak karena akan bekerja untuk membuat program aplikasi untuk mudah dibaca komputer. Jadi banyak perintah dalam bentuk kode yang harus diketahui agar komputer bisa langsung merespon.

Perbedaan web developer dan web programmer dalam hal waktu pengerjaan lebih singkat web programmer. Karena pekerjaanya lebih mengarah pada pembuatan program di mana rancangannya sudah tersedia.

Front End dan Back End Developer

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari pembagian jenis pekerjaan masing-masing. Web programmer tidak dibagi lagi untuk kategori pekerjaan. Jadi satu orang akan mengerjakan pembuatan website dari nol.

Berbeda dengan web developer yang bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu front end developer dan back end developer. Tugas dari seorang front end developer adalah untuk membuat tampilan yang memiliki layout serta tampilan yang akan digunakan pengunjung.

Seorang front end developer akan menggunakan bahasa pemrograman yaitu HTML, Java Script, dan CSS. Ia juga harus bisa menggunakan frameworks serta styling preprocessors supaya pengembangan lebih cepat.

Nantinya penyediaan desain akan dilakukan front end developer dan digunakan back end developer. Tugas dari back end developer adalah memastikan agar pengiriman dokumen seperti HTML bisa berjalan dengan baik.

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan back end developer adalah PHP, MySQL. Sehingga website bisa berjalan dengan semestinya ketika diakses oleh visitor. Di antara kedua profesi ini, web master adalah yang paling tinggi posisinya karena ia adalah pemilik modal untuk pembuatan website. otomatis harus paham dengan pekerjaan web programmer, web developer dan web designer.

Penutup

Sudah jelas bukan perbedaan antara kedua profesi tersebut dari segala aspek pekerjaan. Kini kamu tinggal menentukan profesi apa yang kira-kira cocok untuk dipilih sesuai kemampuan. Cukup sekian pembahasan saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *