PAN: Pengertian, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangannya

1 min read

Pengertian PAN

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan. Jaringan komputer merupakan inovasi baru yang sangat membantu berbagai aktivitas manusia, baik itu bekerja, belajar, berkomunikasi atau lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian PAN yang termasuk jenis jaringan komputer.

Pengertian PAN

PAN atau singkatan dari kata Personal Area Network adalah istilah dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk berkomunikasi dari komputer dengan perangkat yang terhubung lainnya, seperti laptop, smartphone, tablet, speaker dan device lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jaringan wifi wireless

Jenis jaringan ini memiliki jangkauan yang terbilang kecil dan tidak dapat diterapkan pada jarak yang jauh. PAN sendiri dapat terhubung ke perangkat pribadi pengguna yang dikenal dengan istilah intrapersonal komunikasi dan mampu tersambung dengan akses yang lebih tinggi seperti jaringan internet (an uplink).

Jaringan personal area network dapat terhubung melalui USB komputer dan dapat dikombinasikan dengan FireWire atau WPAN ( Wireless Personal Area Network) yang berjalan secara wireless (tanpa kabel). Selain itu, jaringan PAN mendukung berbagai komponen lain seperti UWB, ZigBee, Bluetooth dan IrDA.

Fungsi Personal Area Network

Pengertian jaringan personal area network

Pada jaringan komputer, PAN berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat pintar seperti smartphone, tablet, laptop, headset dan perangkat lainnya. Dengan menerapkan jaringan PAN, memungkinkan perangkat yang terhubung dapat saling berkomunikasi dengan mudah.

Contoh penggunaan jaringan PAN umumnya diterapkan pada jaringan nirkabel ad-hoc dalam menghubungkan dua buah perangkat laptop dalam satu jaringan atau laptop dengan smartphone yang mampu berkomunikasi melalui sambungan bluetooth dan koneksi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan PAN

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan jaringan personal area network yang perlu anda ketahui agar menambah wawasan anda, diantaranya yaitu:

Kelebihan Jaringan PAN

  • Memiliki perawatan jaringan yang cukup mudah.
  • Berbagai error dan kesalahan dalam jaringan bisa dideteksi dengan mudah dan cepat.
  • Tidak memerlukan banyak biaya tambahan.
  • Mendukung berbagai perangkat pintar saat ini, seperti smartphone, headset dan sebagainya.

Kekurangan Jaringan PAN

  • Tidak bisa diterapkan pada jaringan skala besar.
  • Hanya mampu menghubungkan beberapa perangkat saja, tidak bisa banyak perangkat dalam satu waktu.
  • Jangkauan area yang cukup terbatas, hanya bisa menjangkau beberapa meter saja.

Teknologi Jaringan PAN

Contoh penggunaan lain jaringan PAN yaitu J Bluetooth atau dikenal dengan jaringan piconet (ad-hoc) yang mampu menghubungkan dua hingga delapan perangkat aktif dalam waktu bersamaan (parkir mode).

Jaringan ini berjalan secara wireless atau nirkabel yang terdesentralisasi, dalam kata lain, piconet bersifat ad-hoc yang bisa bekerja dengan normal tanpa perlu bergantung pada infrastruktur di jaringan tertentu. Seperti perangkat router yang ada di jaringan kabel atau nirkabel yang dapat mengelola jaringannya secara pribadi.

Piconet memiliki jarak jangkauan sekitar 10 hingga maksimum 100 meter. Akan tetapi, jarak jangkauan jaringan yang digunakan kurang optimal ketika diatas 10 meter.

WPAN (Wireless Personal Area Network)

Wireless personal area network atau disingkat dengan WPAN adalah jenis jaringan untuk penggunaan pribadi yang terpusat pada beberapa perangkat pendukung (interconnecting) melalui koneksi wireless. Seringkali, penggunaan jaringan PAN hanya mampu terhubung dan berkomunikasi dengan perangkat lain hingga 10 meter saja.

Sehingga jarak yang dihasilkan cukup kecil yang memiliki kesamaan dengan teknologi Bluetooth pada perangkat pintar saat ini, seperti laptop windows dan smartphone android. Standard yang dimiliki yaitu IEEE 802,15.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan yang dapat saya tulis mengenai jaringan PAN (personal area network), mulai dari pengertian PAN, fungsi, keunggulan dan pembahasan terkait lainnya. Saya harap kedepannya artikel ini bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih.

Referensi =

  • teorikomputer.com/2017/02/pengertian-dan-fungsi-pan-personal-area.html
  • wikipedia.org/wiki/Personal_area_network
  • en.wikipedia.org/wiki/Piconet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *