Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Kriteria Centang Biru Instagram yang Perlu Diketahui

3 min read

Kriteria Centang Biru Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang sudah diunduh oleh jutaan pengguna. Aplikasi berbagi foto dan video ini semakin terkenal karena dapat menjadi lapak jualan. Supaya lebih dikenal, banyak akun yang mengajuan verifikasi agar masuk kriteria centang biru Instagram.

Baca juga : manfaat centang biru instagram bagi bisnis

Centang biru yang berada di sebelah nama pengguna dapat dianggap sebagai penghargaan yang diberikan oleh pihak Instagram. Pasalnya tidak semua orang bisa mendapatkannya. Namun sebenarnya tahukan Anda apa fungsi dari tanda kecil tersebut.

Fungsi Tanda Biru di Instagram

Semakin kesini, masuarakat semakin tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Baik itu untuk bisnis, jual beli, maupun sekedar bersenang-senang dengan membagikan aktivitas sehari-hari. Namun banyak pula yang memanfaatkannya sebagai lapak dagang.

Sedikit mengenai verifikasi, istilah tersebut digunakan untuk mengetahui apakah akun yang diikuti benar-benar asli alias bukan kloningan semata. Tentunya hal ini bertolak belakang dengan anggapan bahwa centang biru tersebut adalah sebuah penghargaan.

Mengajukan centang biru Instagram pun sangat mudah. Pasalnya secara sadar aplikasi ini memberikan fitur pengajuan verifikasi yang bisa diakses oleh setiap pengguna. Jadi, sebenarnya siapapun bisa mendapatkan pengakuan verifikasi meski followers masih sedikit.

Kriteria Centang Biru Instagram

Banyak yang mengira centang biru hanya bisa didapatkan oleh artis atau selebgram saja. Padahal cara kerja verified tidak sedangkal itu. Ingin dapatkan tanda verifikasi? Ini dia kriteria centang biru Instagram yang perlu Anda tahu!, di antaranya yaitu:

1. Atlet dan Seniman yang Dikenal serta Berprestasi

Kriteris mendapatkan verifikasi Instagram mudah adalah orang yang bergerak serta bekerja sebagai atlet atau seniman. Sebab hal itu menandakan bahwa pemilik akun tersebut bekerja untuk kepentingan publik. Pasalnya baik atlet atau seniman mudah dikenal oleh masyarakat.

Misalnya saja atlet bulutangkis Susi Susanti yang pernah menjuarai olimpiade untuk Indonesia. Bukan hal mustahil ada banyak akun palsu yang mengatasnamakan milik Susi Susanti. Itulah mengapa verifikasi mungkin akan lebih mudah didapatkan.

2. Brand Ternama

Bagi sebuah brand yang menjual produk maupun jasa, verifikasi dari Instagram sangatlah penting. Pasalnya badge tersebut bisa meningkatkan trust masyarakat. Bukan hal mustahil platform  ini  dapat dipakai oleh brand palsu. Sehingga penipuan pun tidak terhindarkan.

Baca juga : cara download video instagram tanpa watermark

Itulah mengapa kriteria yang satu ini bisa memudahkan mendapatkan centang biru. Jika tidak, banyak orang bisa membuat kloning dan menjual produk yang bahkan bukan hasil produksi mereka. Oleh karenanya jangan mudah percaya barang branded yang tidak sesuai pasarannya.

3. Followers dan Like yang Tiba-tiba Meningkat Drastis (Organik)

Meski jumlah followers tidak bisa menjadi patokan untuk mendapatkan tanda verifikasi, lonjakan yang tidak wajar bisa membuat Anda mendapatkan centang biru. Apalagi jika setiap postingan mendapatkan like yang banyak. Tentu akan lebih mudah mengajukan verifikasi.

Hal itu bisa terjadi dengan pertimbangan bahwa engagement Instagram cukup tinggi. Sehingga mudah sekali postingannya akan muncul pada menu utama. Tidak mustahil hal itu membuat oknum berpotensi melakukan pemalsuan akun agar mendapat predikat yang sama.

4. Termasuk Artis atau Selebriti Ternama

Anda mungkin sudah tahu bahwa kebanyakan akun artis sudah mendapatkan verified dari pihak Instagram. Mengapa demikian? Karena baik artis maupun selebriti berkeja untuk publik dan sudah banyak dikenal masyarakat.

Apalagi dengan jutaan pengikutnya yang seolah ikut membesarkan namanya. Sebagai pekerja publik tentu memiliki ratusan hingga jutaan fans fanatik. Sehingga banyak yang akan mencari akun mereka agar bisa mengetahui berbagai hal mengenai artis tersebut.

5. Tokoh Masyarakat dari Berbagai Bidang Kerja

Instansi pemerintah ataupun orang yang bekerja di dalamnya berpotensi mendapatkan badge verified. Seperti yang diketahui tokoh masyarakat adalah panutan banyak orang. Mereka yang masuk dalam kategori tokoh masyarakat diantaranya politisi, gubernur, dan lain-lain.

6. Akun Hits Instagram

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tidak hanya artis yang bisa mendapatkan centang biru dari Instagram. Orang biasa pun berpotensi memiliki badge tersebut. Salah satunya adalah akun yang sedang booming di Instagram.

Baca juga : tips cara memperbanyak followers instagram

Entah itu karena sensasi atau prestasi yang telah ia lakukan. Jika Akun tersebut mengajukan verifikasi Instagram. Kemungkinan besar akan langsung diterima dan tanda verified pun akan muncul di sebelah nama pengguna

7. Selebgram atau Influencer

Pernahkah anda menemukan akun yang mempromosikan suatu produk maupun jasa dalam tanda kutip secara pribadi? Mereka itulah yang biasa disebut dengan selebgram. Dimana profesi tersebut adalah menerima endorse dari brand tertentu untuk beriklan.

Itulah mengapa para selebgram biasanya memiliki ribuan bahkan jutaan followers. Sehingga bisa dilihat sejauh mana jangkauan calon pelanggan yang akan diraih. Karena berpotensi diduplikasi, Instagram akan memberikan verified account.

Informasi Tambahan

Salah satu hal utama untuk mendapatkan centang biru instagram adalah melakukan pengajuan langsung ke pihak instagram. Anda bisa mengikut artikel cara mengajukan centang biru instagram untuk melakukan pengajuan secara manual.

Namun ada hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengajuan instagram centang biru. Pihak instagram menilai kelayakan suatu akun dengan melihat berbagai aspek, salah satu nya yaitu sudah diliput di banyak media nasional ternama.

Nah jika Anda kesulitan untuk diliput media nasional, Anda bisa melakukan kerjasama jasa press release professional di masdzikry.com yang merupakan partner resmi berbagai media nasional. Seperti detik.com, tempo.co, beritasatu.com, kompas.com dan masih banyak lagi.

Penutup

Setelah mengetahui beberapa kriteria centang biru Instagram di atas. Termasuk manakah akun instagram Anda? Layak atau tidaknya sebuah akun mendapatkan centang biru tidak hanya ditentukan dari ketujuh kriteria tersebut. Tapi juga ada berbagai hal yang melatarbelakanginya.

Baca juga : mengenal fungsi centang biru instagram

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang perlu Anda ketahui seputar fungsi dan kriteria centang biru instagram. Semoga bermanfaat dan terimakasih, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.