Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Fungsi Centang Biru Instagram yang Perlu Diketahui

2 min read

Fungsi Centang Biru Instagram

Semua orang menginginkannya tetapi pada dasarnya tidak semua orang bisa memilikinya, padahal fungsinya bukan hanya sekedar gaya-gayaan karena menjadi salah satu akun terkenal. Memang seperti itu ciri-ciri pemilik lencana tersebut. Hal ini membuat fungsi centang biru instagram sedikit disalah artikan.

Baca juga : jasa press release media nasional untuk centang biru IG

Mereka yang belum memahaminya, bahkan menggunakannya hanya sebagai syarat agar dapat menggali banyak pendapatan disana. Meskipun memang benar dengan mempunyainya, banyak produk menawarkan kerja sama namun fungsi dasarnya tidak hanya itu. Menaikkan kredibilitas salah satunya.

Fungsi Centang Biru Instagram

Akun yang mendapatkan verifikasi dari instagram berupa lencana centang biru bukan sembarangan. Mereka mempunyai prosedur salah satunya melihat jumlah follower atau pengikut. Dengan jumlah banyak tentunya masyarakat mempercayainya sebagai tokoh panutan. Berikut beberapa fungsinya.

1. Membuktikan Keaslian dari Sebuah Akun Instagram

Beberapa tokoh masyarakat, selebritas, dan semua orang yang mempunyai nama terkenal di khalayak ramai mempunyai banyak penggemar. Dari situ lah mereka terkadang membuat akun palsu dengan nama-nama sama, sehingga membuat pemilik aslinya sulit membuktikan keaslian akunnya.

Dengan centang biru, mereka dapat membuktikan bahwa akun yang asli mempunyai lencana tersebut karena sudah benar-benar terverifikasi oleh instagram. Hal tersebut membuat fungsi dasarnya adalah untuk membuktikan keaslian sebuah akun sehingga tidak akan terjadi hal-hal tak diinginkan.

2. Menaikan Kredibilitas

Meskipun sudah mempunyai banyak pengikut, menjadi influencer dengan membagikan berbagai macam konten kreatif terkadang ada beberapa akun belum mempunyai lencana centang biru tersebut. Sekarang instagram sudah membuka pengajuannya sehingga lebih memudahkan dalam mendapatkannya.

Baca juga : jasa penerjemah dokumen bahasa inggris professional

Dari belum memiliki lalu mendapatkan centang biru, tentunya eksistensi akan semakin meningkat. Mengingat syarat akun yang memilikinya adalah orang terkenal, sehingga masyarakat juga akan mempercayai kredibilitasnya baik. Dari situ nantinya produk-produk terkenal menawarkan kerjasama.

3. Sebagai Pembeda dengan Pengguna Lainnya

Sudah banyak dibicarakan, salah satu syarat dari pemilik akun bercentang biru adalah orang-orang terkenal yang berpengaruh di tengah masyarakat. Dari situlah bagaimana membedakan mereka semua dengan pengguna lainnya. Kebanyakan memang seorang selebritas sehingga perannya harus menonjol.

Untuk menonjolkan perannya tersebut dari akun-akun lainnya menggunakan centang biru tersebut. Image lencana itu di mata warga dunia maya memang eksklusif karena dimiliki oleh orang-orang terkenal, sehingga dengannya berfungsi sebagai pembeda peran publik figure dari pengguna lainnya.

4. Meningkatkan Kepercayaan Publik pada sebuah Produk

Sebuah merk produk terkenal akan memilih siapa-siapa saja yang akan memakai untuk dijadikan endorsement atau iklan. Sedangkan pemilik akun harus dapat membangun kepercayaan pada mereka bahkan sepadan bagi produk-produknya, dan centang biru menjadi salah satu faktor pendukungnya.

Produk yang sudah mempunyai kredibilitas tinggi dengan ketenaran produknya tentu akan lebih berhati-hati dalam melakukan endorsement. Hal tersebut mendorong mereka melihat akun-akun bercentang biru karena pasti terpercaya. Disinilah fungsinya bekerja secara tak kasat mata namun penting.

5. Sebagai Tolok Ukur seberapa Terkenal Pemiliknya

Sebenarnya para selebgram untuk membuktikan dirinya terkenal dengan mendapat jumlah like, follower yang banyak sudah membuktikan dirinya memang dikenal masyarakat. Tetapi ternyata tidak hanya sampai situ saja, terkadang netizen tetap akan mementingkan adanya centang biru untuk akun terkenal.

Baca juga : mengenal contoh media nasional Indonesia resmi

Meskipun tidak semua, tetapi pemikiran tersebut ada benarnya karena pada akhirnya pemilik akun akan diuntungkan dengan adanya centang biru. Pernyataan itu membuat verifikasi yang diberikan oleh instagram dengan lencana di samping nama akun berfungsi sebagai tolok ukur ketenaran seseorang.

6. Sebagai Penanda Khusus

Dapat dikatakan fungsi centang biru sebagai penanda khusus karena tidak bisa dimiliki oleh sambarang pengguna. Ada beberapa syarat bahkan cara mendapatkannya membuat keberadaannya selalu dikhususkan pada akun-akun di dalam media sosial instagram tersebut. Salah satunya seorang artis.

Seseorang tidak akan tahu nama sebuah akun adalah artis tanpa adanya centang biru, karena kembali lagi pada fungsi di atas dijadikan sebagai tolok ukur. Hal itulah yang pada akhirnya menjadikan lencana tersebut penanda khusus bagi orang-orang spesial di tengah masyarakat pengguna aktif instagram.

7. Menaikkan Rate Endorsement

Sudah bukan sebuah rahasia, akun-akun terverifikasi ada yang menerima beberapa endorsement atau mengiklankan produk melalui konten seperti foto atau video. Tentu saja mereka mempunyai rate masing-masing tergantung seberapa banyak followernya hingga keterlibatannya di dunia entertainment.

Tidak semua produk mencari akun bercentang biru karena ada beberapa influencer yang sudah banyak pengikutnya, like dan konten namun belum mempunyainya. Setelah mendapatkan verifikasi tentu saja rate mereka akan meningkat, hal tersebut disebabkan oleh ikutnya peningkatan eksistensi ketenarannya.

Kesimpulan

Tujuh fungsi centang biru instagram di atas memang jarang diketahui oleh masyarakat bahkan pemilik akunnya. Hal ini karena mereka sudah terdoktrin bahwa lencana tersebut diartikan hanya sebatas ketenaran saja, padahal tidak sesederhana itu.

Baca juga : konsep cloud computing masa kini

Singkatnya penggunaan centang biru adalah untuk memverifikasi kepemilikan suatu akun IG, ini bisa menjadi pembeda antara akun yang asli dan palsu. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.