Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Konsep Cloud Computing Masa Kini yang Perlu Diketahui

2 min read

Konsep Cloud Computing Masa Kini

Mengetahui apa pengertiannya ternyata belum cukup bisa dipahami oleh beberapa masyarakat khususnya yang bergelut dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu konsep cloud computing sebenarnya sederhana harus dimengerti dengan baik dan benar, sehingga paham secara keseluruhan.

Baca juga : contoh media nasional ternama di Indonesia

Dari konsep-konsep inilah lalu terbentuk sistem yang akhirnya dapat membantu perusahaan dalam mengelola sumber-sumber datanya secara virtual. Bekerja secara sistem memang semua dokumen harus berbentuk digital, dan sekarang seperti itulah cara kerjanya sehingga cloud computing berguna.

Konsep Cloud Computing

Banyak perusahaan yang tahu tentang cloud computing tetapi kurang begitu memahaminya termasuk bagaimana konsepnya. Selain fungsi, sudah sewajarnya konsep-konsepnya juga ikut dipelajari secara menyeluruh sehingga benar-benar memahaminya. Berikut beberapa konsep sistem komputasi awan.

1. Internet sebagai Sumber Pusat Kontrol

Dalam sistem penggunaannya memang sebuah perusahaan atau bisnis harus terkoneksikan pada internet. Hal tersebut sudah merupakan hal wajar di konsep cloud computing, karena jaringan tersebut menjadi pusat pengendalian dan controlling saat mengakses berbagai data dan dokumen yang disimpan.

Tanpa menggunakan jaringan internet, sistem cloud computing tidak akan bisa berjalan. Salah satu kemudahan yang didapat dari penggunanya adalah pengaksesan tanpa batas dimanapun berada, sedangkan tanpa adanya internet tentu saja tidak akan menjalankan secara sempurna kemudahannya.

2. Perangkat harus Mempunyai Jaringan Internet

Konsep ini tentu saja menjadi bagian terpenting karena di pertama sudah tertulis bahwa dalam pengaksesannya memerlukan sumber internet. Hal tersebut tentunya akan menuntut penggunaan perangkat dapat disambungkan pada koneksi yang ada, sehingga tidak semua gawai bisa mengakses.

Baca juga : fungsi backlink pada website online

Ada beberapa orang yang masih menggunakan perangkat atau bahkan terdeteksi kerusakan pada perangkatnya sehingga tidak bisa menerima sinyal internet. Hal tersebut akan menghambat proses pengaksesan. Oleh karenanya konsep kedua tentu saja adanya sebuah perangkat memiliki jaringannya.

3. Bekerja Dalam Ruang Virtual Cloud

Sudah sedikit dijelaskan semua dokumen dan data yang digunakan harus berupa digital sehingga dapat diakses atau dimasukkan ke dalam sistem cloud computing. Semua teknologi yang berhubungan dengan komputerisasi memang sewajarnya berbentuk tak fisik, karena masuk ke dalam ruang virtual cloud.

Jika sebuah perusahaan hanya mempunyai data dan dokumen dalam bentuk fisik, harus mengubahnya dahulu menjadi digital. Hal ini sudah menjadi bagian konsep dari cloud computing sebelum mulai mengakses semuanya masuk ke dalam virtual cloud. Setelah itu pengguna baru bisa mengaksesnya.

4. Menyimpan Data dan Dokumen Digital

Salah satu keuntungan menggunakannya sebagai inventaris perusahaan adalah kemudahan pengolahan data-data menjadi sebuah dokumen digital. Selanjutnya cloud computing akan menyimpannya secara aman di dalam ruang virtual itu tadi. Inilah mengapa konsep keempat kedua bahan utama harus digital.

Data dan dokumen bentuk digital dapat berupa file bermacam-macam. Jika tidak bisa mengulang atau merubah fisiknya, Anda dapat mengambil fotonya lalu dimasukkan ke dalam ruang virtual. Hal tersebut juga sudah termasuk data-data digital, termasuk video untuk akhirnya dibagikan oleh pekerja lainnya.

5. Mengamankan Data dan Dokumen

Konsep dari cloud computing sendiri adalah mengamankan data dan dokumen di dalam sebuah sistem yang membangun ruang virtual. Dalam ruangan tersebut keduanya akan terjaga sangat aman karena penyedia jasa akan membuatkan sebuah software dan hanya bisa diakses oleh masing-masing kliennya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan cloud computing

Hal tersebut sudah merupakan konsep dasar dalam membentuk sebuah jaringan pusat cloud computing pada sebuah perusahaan. Keamanan yang sangat terjaga selain menjadi konsep juga merupakan fungsi lain dari penyimpanan data serta dokumen melalui software-software atau aplikasi dari penyedia jasa.

6. Sebagai Sistem untuk Mentransfer Data dan Dokumen

Sebuah perusahaan yang menggunakan sistem cloud computing akan dimudahkan dalam mentransfer data dari karyawan satu ke lainnya, karena salah satu konsep dasarnya tersebut. Dengan adanya pemanfaatan itu, jaringan pada komputer dalam menyimpan data-data akan terkoneksi pada lainnya.

Dari situlah konsep tersebut tersalurkan secara sempurna, tentunya harus menggunakan jaringan internet. Selain meningkatkan kinerja karyawan, kredibilitas perusahaan akan lebih baik karena konsep bekerja dengan sempurna tanpa hambatan sehingga pengolahan data-data cepat terselesaikan.

7. Tidak Membebankan Penggunaan Memori

Pada komputer tentu saja akan ada ruang atau kapasitas penyimpanan data dan dokumen, namun konsep pada cara kerja cloud computing tidak akan membebankan penggunaan memori pada aplikasi software. Hal tersebut membuat perusahaan tidak perlu membeli hardisk tambahan untuk ruang lebih.

Disinilah mengapa dari konsep tersebut tercipta beberapa fungsi yang pada akhirnya menarik beberapa perusahaan untuk menggunakannya dalam sistem pendataan. Intinya, semua pembebanan memori hanya akan dimasukkan ke dalam pusat kendali dari cloud computing jadi tidak mengurangi kapasitas.

Kesimpulan

Tujuh konsep cloud computing di atas merupakan dasar membuat sistem agar mempermudah kinerja karyawan perusahaan atau bisnis.

Baca juga : unsur dalam latar belakang dan tujuan PKL SMK

Selain dalam penyimpanan data, sebenarnya konsep-konsep lainnya adalah manajemen dokumen secara digital agar lebih rapi, terkendali serta mudah mengaksesnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.