Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Unsur dalam Latar Belakang dan Tujuan PKL SMK

2 min read

Unsur dalam Latar Belakang dan Tujuan PKL

Anda tentu tidak asing lagi dengan laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Umumnya, laporan tersebut akan dibuat ketika sudah selesai melakukan kegiatan/program tertentu. Ketika ingin membuatnya, maka ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari latar belakang dan tujuan PKL.

Baca juga : saran dan contoh kesimpulan laporan PKL

Saat ini sendiri tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana tips membuat kedua poin tersebut. Oleh sebab itu, agar mendapatkan laporan hasil PKL dengan maksimal maka pastikan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai apa saja unsur beserta tips membuatnya terlebih dahulu.

Unsur Latar Belakang dan Tujuan PKL

Tahukah Anda, bahwa ketika ingin membuat latar belakang maupun tujuan pada laporan PKL, terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan. Dengan menerapkan beberapa unsur tersebut, tentu sebuah latar belakang, tujuan, maupun isi laporan akan lebih maksimal. Berikut beberapa unsur-unsurnya:

1. Visi Misi

Unsur pertama yang perlu disertakan dalam laporan PKL adalah visi misi kegiatan. Contohnya saja saat ingin membuat laporan di apotek atau puskesmas. Anda bisa memberikan penjelasan secara umum tentang tempat/laporan tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan landasan teori. Yakni beberapa informasi atau literatur tentang pendapat ahli dalam bidang yang bersangkutan. Kemudian, tambahkan visi misi pada bagian tujuan pembuatan laporan PKL tersebut.

2. Kondisi yang Terjadi

Anda juga perlu menyertakan atau membahas kondisi yang terjadi pada lingkungan masyarakat tersebut. Hal ini dapat dimuat pada proses pembuatan latar belakang. Lantas, apa maksud dari kondisi tersebut? Salah satunya seperti beberapa hal penting mengapa melakukan kegiatan PKL.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jurusan multimedia

Sebagai contoh, ketika membuat laporan tentang teknik komputer jaringan. Dari situ, jelaskan apa saja pentingnya teknologi komunikasi dan jaringan yang merupakan representasi dari kemajuan sebuah lingkungan dalam masyarakat daerah setempat.

3. Solusi/Jalan Keluar dalam Menyelesaikan Masalah

Ketika ingin memasuki penutup, maka pada bagian latar belakang perlu dicantumkan jalan keluar atau solusi. Terutama atas permasalahan yang diangkat. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak menulis latar belakang tersebut dengan asal-asalan atau sembarangan.

Selain itu, penulisan solusi juga perlu disesuaikan dengan tujuan masing-masing kegiatan PKL yang sudah terlaksana sebelumnya. Dengan begitu, sebuah latar belakang dapat dibuat dengan lebih maksimal karena sudah mencantumkan jalan keluarnya.

4. Penutup

Ketika ingin membuat penutup, terutama pada bagian latar belakang maka pastikan untuk memperhatikan beberapa hal. Setidaknya, Anda harus menuliskan secara langsung mengenai kalimat penutup tersebut agar lebih sesuai berdasarkan pengalaman sendiri.

Apabila masih bingung dalam menulis bagian penutup, maka tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu melihat beberapa contoh laporan PKL lainnya. Akan tetapi, umumnya pada bagian tersebut berisi tentang hasil yang sudah diperoleh pada program kerja lapangan.

Tips Membuat Laporan PKL secara Umum

Setelah memahami beberapa unsur pembuatan latar belakang dan tujuan PKL di atas, maka Anda tentu dapat membuat laporan dengan mudah dan terarah. Tidak ada salahnya juga untuk mencari referensi laporan terlebih dahulu agar hasilnya sesuai. Kemudian, perhatikan juga beberapa tipsnya di bawah ini:

1. Cek Detail Permasalahan

Pada bagian latar belakang, Anda perlu menjadi lebih peka sedikit. Selain itu, pastikan untuk lebih peduli pada lingkungan sekitar agar menemukan isu/permasalahan yang paling dibicarakan saat itu. Dengan begitu, tentu sangat mudah dalam mengecek detail permasalahan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan SMK secara umum

Cara ini tentu sangat efektif untuk membuat laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) terutama pada bagian latar belakangnya. Anda juga akan lebih leluasa dalam menceritakan seperti apa detailnya sehingga tidak akan kesulitan ketika ingin menyelesaikan laporan dengan lebih cepat.

2. Cek Fakta Permasalahan

Selanjutnya, pastikan dahulu untuk mencari tahu fakta permasalahan atas laporan yang ingin dibuat. Cara satu ini tentu akan sangat efektif untuk dilakukan agar dapat membuat latar belakang maupun tujuan berdasarkan fakta di lapangan masing-masing.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menuliskan sekaligus mengurutkan fokus masalah yang sedang terjadi saat itu ataupun waktu mendatang. Tentu saja, cara ini akan lebih mudah untuk dilakukan dibanding tidak mengecek fakta permasalahan terlebih dahulu.

3. Beri Solusi

Sebelum memberikan solusi, sangat penting bagi Anda untuk menemukan fokus permasalahan. Cara ini tentu akan lebih efektif untuk mendapatkan solusi terbaik. Hal ini berarti, setelah menemukan fokus permasalahan ada baiknya untuk menganalisisnya berdasarkan fakta.

Selanjutnya, berikan solusi sesuai fokus permasalahan berdasarkan teori-teori yang sudah tersedia. Jika perlu, pastikan solusi tersebut didukung dengan penelitian. Apabila masih kesulitan, jangan ragu untuk mencari referensi mengenai model, metode, atau media untuk mengatasi masalah tersebut.

Penutup

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa unsur latar belakang dan tujuan PKL. Pastikan juga untuk memperhatikan beberapa tips membuat laporan tersebut berdasarkan beberapa poin di atas. Dengan begitu, sebuah laporan dapat disusun dengan lebih mudah tetapi hasilnya maksimal.

Baca juga : letak tanggal dan nomer ijazah untuk daftar CPNS

Akhir kata, demikianlah informasi sederhana yang dapat saya bagikan kepada Anda seputar PKL terkait latar belakang, tujuan dan tips dalam membuatnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.