Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 5 Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

2 min read

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Seperti yang Anda ketahui, penggunaan internet di Indonesia saat ini terus berkembang dengan pesat. Tidak heran jika kebutuhan promosi saat ini mulai beralih ke dunia online. Seperti internet dan digital marketing. Oleh karena itu, pahami apa saja perbedaan internet marketing dan digital marketing?

Baca juga : mengenal perbedaan sinyal dan jaringan

Bagi mereka yang sudah lama terjun ke dunia internet, tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah internet marketing. Terlebih, penggunaan internet saat ini sangat aktif dan cukup besar. Tentu tidak sedikit orang mulai melakukan aktivitas marketing secara online.

Pengertian Internet Marketing

Pengertian internet marketing adalah sebuah strategi dalam memasarkan produk lewat internet. Tidak heran jika penggunaan strategi pemasaran tersebut lebih fokus pada pengguna internet saja. Seperti dengan memanfaatkan sosial media, email, website, dan lainnya.

Untuk internet marketing sendiri akan lebih fokus pada penggunaan internetnya. Jika dibandingkan dengan digital marketing, maka hanya terdapat sedikit perbedaan saja. Pasalnya, kedua hal tersebut sama-sama memakai internet sebagai media pemasarannya.

Pengertian Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian internet marketing, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa maksud dari digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan salah satu sistem pemasaran yang dapat menjangkau pelanggan dengan tepat, cepat, dan secara personal.

Untuk pemasarannya sendiri dilakukan lewat media digital maupun internet. Dengan begitu, jangkauan yang diperoleh terbilang sangat luas. Tidak heran jika sangat cocok digunakan untuk menawarkan produk ataupun jasa. Dengan begitu, aktivitas pemasaran pun akan jauh lebih efektif dilakukan.

Apabila Anda mempunyai produk ataupun jasa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mempromosikannya memakai konsep digital marketing. Dengan pemilihan konsep pemasaran yang tepat, tentu bukan tidak mungkin untuk meningkatkan penjualan.

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Pada dasarnya, tidak ada banyak perbedaan mendasar antara internet dan digital marketing. Pasalnya, kedua hal tersebut sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan penjualan. Keduanya juga sama-sama menggunakan media internet sebagai pemasarannya. Akan tetapi simak beberapa perbedaannya berikut:

1. Fokus Penggunaan

Perlu Anda ketahui, bahwa digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran dengan memakai teknologi sebagai toolsnya. Tidak lain yakni internet. Untuk digital marketing ini sendiri umumnya tidak hanya fokus pada pemasaran saja tetapi lebih dari itu.

Baca juga : perbedaan DDR3 dan DDR3L pada ram komputer

Digital marketing juga akan merancang strategi tertentu agar mendapatkan perhatian audiens lebih banyak. Umumnya, perhatian atau ketertarikan tersebut dibuat lewat berbagai media. Berbeda dengan internet marketing yang berfokus pada kegiatan pemasaran dengan target seluruh pengguna internet.

2. Strategi Pemasaran yang Digunakan

Perbedaan lain adalah tentang strategi pemasarannya. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan keduanya, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu seperti apa strategi pemasarannya. Pasalnya, terdapat perbedaan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk strategi pemasaran digital marketing sendiri umumnya dapat berupa sosial media, ebook, ataupun influencer marketing. Berbeda dengan internet marketing yang lebih berfokus pada SEM, SEO, dan lain sebagainya sehingga sebuah konten dapat menarik perhatian target lebih luas.

3. Contoh Penggunaan

Sesuai dengan fokus penggunaannya, digital marketing lebih fokus dalam memakai teknologi untuk memasarkan produk/jasa. Tidak heran jika penggunaannya lebih berfokus kepada teknologi saat ini. Contohnya adalah Youtuber, bloger, vloger, selebgram, dan lain sebagainya.

Beberapa orang tersebut akan menyampaikan pesan kepada target audiens lewat internet. Sementara internet marketing adalah salah satu kesatuan digital marketing yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan. Tidak heran jika fokus penggunaannya adalah internet saja.

Persamaan Internet dan Digital Marketing

Selain terdapat beberapa perbedaan, siapa sangka juga bahwa ada banyak persamaan yang perlu Anda ketahui antara internet dan digital marketing tersebut. Agar lebih jelas, langsung saja simak beberapa persamaannya pada penjelasan di bawah ini:

1. Meningkatkan Penjualan

Persamaan satu ini akan melibatkan informasi seputar produk. Tidak heran jika dapat meningkatkan penjualan. Penggunaannya bahkan tidak terbatas oleh waktu dan jarak. Oleh sebab itu, seseorang dapat lebih mudah dalam memperoleh pelanggan baru.

Meski tidak mengunjungi toko offlinenya secara langsung. Seorang pembeli hanya perlu mengunjungi website atau media lainnya yang ada di internet untuk melakukan pembelian. Tidak heran jika internet dan digital marketing mempunyai kesamaan dalam hal meningkatkan penjualan.

2. Efektif dalam Menghubungkan Pelanggan

Jarak merupakan salah satu hal yang paling mengganggu ketika seseorang menjalankan sebuah bisnis. Akan tetapi, saat ini Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, dengan bantuan internet dan digital marketing masalah tersebut dapat diatasi dengan sangat efektif.

Baca juga : perbedaan web developer dan web programmer

Kini tidak ada lagi masalah mengenai jarak dan waktu yang sangat mengganggu dan membatasi ruang gerak seseorang. Hal ini tidak lain karena keduanya sangat efektif dalam menghubungkan pelanggan potensial kepada setiap penjualnya. Hal ini juga menjadi persamaan dari kedua hal tersebut.

Penutup

Itulah informasi lengkap yang bisa Anda ketahui mengenai perbedaan internet marketing dan digital marketing. Untuk itu, jangan ragu untuk memahami beberapa penjelasan di atas demi mendapatkan teknik pemasaran paling ampuh dan efektif untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.