Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Mengenal 10 Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Multimedia

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Multimedia

Terdapat banyak jurusan yang dapat kamu pilih saat memutuskan untuk masuk ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Salah satu jurusan yang paling banyak diminati di SMK sekarang ini yaitu jurusan multimedia. Berikut ini kelebihan dan kekurangan jurusan multimedia yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan saat ingin masuk ke SMK.

Kelebihan Jurusan Multimedia

Bagi kamu yang suka dengan bidang multimedia, berikut ini beberapa keunggulan jurusan multimedia yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan saat masuk ke jenjang SMK, diantaranya yaitu:

1. Memahami Ilmu Komputer secara Lebih Dalam

Pada jurusan multimedia kamu akan memahami ilmu komputer dengan lebih dalam, sebab hampir 80% kamu akan banyak berinteraksi dengan layar komputer untuk mengerjakan sesuatu dari guru.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sekolah kerja

Kamu akan diajari untuk mengenal banyak sistem kerja komputer baru yang tidak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada jurusan multimedia ini kamu akan dituntut untuk melek dan memahami tentang teknologi informasi & komunikasi.

2. Lebih Mahir Mengoperasikan Software Komputer

Saat kamu terjun dalam dunia multimedia maka kamu akan menjumpai berbagai macam software komputer yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Sebab jurusan multimedia merupakan jurusan produktif yang akan mengajari siswa nya terkait software yang dipakai dalam jurusan tersebut. Kamu bisa mempelajari berbagai software tentang design, editing dan masih banyak yang lainnya.

3. Bisa Membuat Karya Profesional

Sudah dapat dipastikan ketika kamu masuk dalam jurusan multimedia ini maka kamu akan menciptakan banyak karya buatan kamu sendiri. Jurusan ini memang mampu menjadikan siswanya untuk produktif dan terus berinovasi dalam membuat karya yang bisa memberikan nilai jual.

4. Bisa Menjadi Content Creator saat Sudah Lulus Nanti

Berbekal pengetahuan dari sekolah jurusan multimedia, maka kamu juga bisa membuat usaha sendiri dengan menjadi seorang content creator. Sebab dasar untuk menjadi content creator sudah kamu pelajari pada jurusan multimedia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan kuliah daring

Kamu bisa menjadi blogger atau seorang Youtuber yang sedang tren akhir-akhir ini. Banyak content creator yang sukses dan meraih banyak keuntungan melalui channel Youtube yang dimilikinya. Nah, karena kamu sudah memiliki keahlian dan bekal dari jurusan ini, maka kamu juga bisa mencoba peluang emas sebagai content creator.

5. Bisa Membuat Desain Profesional

Dalam jurusan multimedia ini kamu juga akan dibekali dengan ilmu mengenai cara membuat desain profesional yang mampu menarik perhatian calon customer. Kamu akan dibekali tentang ilmu bagaimana cara membuat poster atau masih banyak ilmu yang lain.

Kamu juga akan diajari tentang cara membuat desain yang cepat dan mudah serta bagaimana agar desain tersebut bisa membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Khususnya desain spanduk maupun poster yang memang bertujuan sebagai iklan produk atau jasa.

6. Bisa Menghasilkan Uang secara Mandiri

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari internet dengan mudah melalui penjualan jasa keahlian yang kamu miliki pada orang yang membutuhkan. Sebab, saat ini sudah banyak pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas multimedia. Dan ini hanya bisa dilakukan bagi siswa yang berkecimpung dengan ilmu multimedia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan SMA secara umum

Kamu bisa menciptakan karya yang menarik lalu memasarkannya pada website yang menjual desain. Dengan ini kamu bisa memperoleh penghasilan dari jurusan multimedia yang sudah kamu ambil.

7. Menjadi Ahli di Bidang Multimedia

Tentu kamu akan menjadi seorang ahli multimedia saat kamu mau menekuni bidang ini dengan serius. Jika sudah demikian, cara untuk mendapatkan penghasilan pun lebih mudah untukmu.

Kekurangan Jurusan Multimedia

Adapun untuk beberapa kekurangan dalam jurusan multimedia yang perlu kamu ketahui lebih lanjut, diantaranya yaitu:

1. Membutuhkan Peralatan yang Cukup Mahal

Berbagai praktik dalam jurusan multimedia ini sering memerlukan peralatan maupun teknologi berspesifikasi tertentu, antara lain kamera video, komputer grafis, kamera DSLR serta peralatan lainnya.

Berbagai perangkat yang ada bukan perangkat dengan harga yang murah. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin masuk dalam jurusan multimedia maka kamu harus mempertimbangkan ketersediaan peralatan demi menunjunga proses belajar dan mengajar di kelas.

2. Memerlukan Perawatan Serius

Selain itu, siswa juga harus mempertimbangkan perihal perawatan peralatan yang juga tidak murah. Terlebih jika suatu waktu terjadi sebuah kerusakan. Maka dari itu, siswa jurusan multimedia harus berhati-hati saat mengoperasikan peralatan yang diperlukan ketika praktek belajar mengajar.

3. Harus Tlaten dan Sabar

Berbagai tugas yang diberikan guru di jurusan multimedia terkadang juga menjadikan murid menghabiskan cukup banyak waktu. Oleh karena itu, kamu yang terjun dalam jurusan ini harus bisa bersabar sebab kamu akan memperoleh banyak tugas dan memerlukan banyak waktu dalam mengerjakannya.

Baca juga : cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi

Disamping itu, kamu juga dituntut untuk mengeluarkan ide kreatif dan profesional setiap harinya. Ini mungkin akan menjadi sebuah tekanan tersendiri apabila kamu tidak menyukai pelajaran yang diberikan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, bagus atau tidak jurusan SMK juga tergantung dari diri sendiri. Kamu perlu menemukan jurusan SMK yang diminati agar nantinya tidak merasa salah jurusan.

Pada dasarnya, semua jurusan itu sama saja bagusnya, hal ini tergantung dari keseriusan dan kesabaran kamu dalam belajar. Semua yang besar berawal dari sesuatu yang kecil, jadi tetap semangaat.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan multimedia yang sebaiknya kamu pertimbangkan khususnya saat sedang berencana untuk memasuki jurusan multimedia di SMK. Semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.