Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

5 Kelebihan dan Kekurangan IPS SMA secara Umum

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan IPS SMA

Kelebihan dan kekurangan IPS SMA harus kamu ketahui terutama bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di SMA dengan jurusan ini. Mengingat jurusan IPS memiliki stereotip tersendiri dan kelebihan serta kekurangannya tersebut menjadi acuan. Selain itu, jurusan IPS juga memiliki karakteristik yang harus disesuaikan denganmu.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jurusan multimedia

Oleh sebab itu, informasi seputar IPS SMA, baik penjelasan, stereotip ketika seseroang memilih jurusan ini, dan juga kelebihan kekurangannya wajib diketahui secara baik. Melalui artikel ini akan dijabarkan seputar penjelasan tersebut dengan detail untuk menambah ilmu pengetahuanmu mengenai jurusan IPS SMA

Penjelasan Tentang IPS SMA

IPS SMA merupakan salah satu jurusan yang diminati ketika memilih jurusan pada kelas 11 di sekolah menengah atas (SMA). Berikut ini adalah informasi seputar jurusan IPS SMA untuk memperkuat pengetahuan dan pilihanmu mengenai jurusan ini:

Apa itu IPS SMA?

IPS SMA merupakan salah satu jurusan Pendidikan yang dapat kamu pilih ketika kamu berada di kelas 11 SMA atau pada kurikulum baru dapat dipilih sejak tahun ajaran pertama. Dimana, kamu mempelajari semua ilmu pengetahuan social, baik materi, praktek, hingga dalam evaluasi akhir sekolah juga akan berfokus pada IPS.

Apa Saja yang Akan Dipelajari Pada Jurusan IPS SMA?

Jurusan IPS SMA seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan mempelajari seputar ilmu pengetahuan social. Sehingga, jurusan ini sangat tepat dipilih bagi seseorang yang menyukai ilmu social.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan macbook pro

Adapun ilmu social yang dimaksud adalah ilmu komunikasi, sosiologi, sejarah, politik, dan lain – lain. Ilmu tersebut dapat kamu pelajari baik secara praktek maupun teori.

Bagaimana Keseimbangan dari Teori dan Praktek di IPS SMA?

SMA sendiri merupakan sebuah sekolah menengah atas yang tidak terlalu memfokuskan pembelajaran pada sebuah kegiatan praktek.

Hal ini menjadikan bahwa pemilihan jurusan IPS atau IPA sekalipun pada SMA tidak membuat kadar Pendidikan praktek di SMA meningkat. Sehingga tetap sama, keseimbangan teori dan praktek di IPS dan SMA berbeda jauh yaitu Teori 75% dan Praktek tetap 25%.

Kelebihan dan Kekurangan IPS SMA

Kekurangan ataupun kelebihan IPS SMA menjadi patokan selanjutnya bagi seseorang yang hendak memutuskan untuk memilih jurusan ini di sekolah menengah atas.

Beberapa point mengenai keunggulan dan kelemahan jurusan IPS secara umum dibawah ini juga menjadi informasi bagi kamu yang mungkin ingin mengetahui dan terjun ke jurusan di sebuah sekolah menengah atas.

Kelebihan IPS SMA

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan jurusan IPS di sekolah menengah atas yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Cocok dengan Orang yang Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Kelebihan pertama yang dapat kamu miliki ketika memilih jurusan IPS SMA adalah cocok dengan karakteristik – mu yang memiliki jiwa social tinggi.

Baca juga : rekomendasi HP harga 4 jutaan terbaru

Sehingga, menyeimbangkan karakteristik dengan Pendidikan akan membuat kamu semakin mendalami Pendidikan tersebut. Kamu – pun kiat berprestasi dan ahli di bidangnya.

2. Sangat Cocok Dengan Orang yang Tidak Menyukai Hitungan

Kelebihan kedua dari pemilihan jurusan IPS di SMA adalah kamu dapat menghindari materi hitungan yang ribet seperti hitungan pada IPA.

Eh jangan salah, kamu juga tetap memiliki materi menghitung tetapi tidak perlu khawatir sebab hitungannya simpel dan kamu umumnya diizinkan untuk menggunakan kalkulator dalam menghitung pada materi akuntansi atau matematika dasar tersebut.

3. Memiliki Sistem Belajar yang Lebih Fleksibel

Jurusan IPS yang berfokus pada ilmu social dan mementingkan hapalan dibandingkan hitungan tentunya lebih fleksibel sistem belajarnya dibandingkan dengan jurusan IPA yang penuh dengan hitungan.

Hal ini membuat anak IPS cenderung lebih bereaksi dan aktif terutama dalam bidang organisasi kepemimpinan, sebab ilmu sosialnya dapat sekaligus diterapkan.

Kekurangan IPS SMA

Berikut dibawah ini beberapa informasi seputar kekurangan dalam jurusan IPS SMA yang juga perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Dinilai Kurang Cocok untuk Golongan Introvert

Kekurangan pertama dalam memilih jurusan IPS SMA sebagai jurusanmu dalam menuntut ilmu tersebut adalah memastikan dirimu bukanlah golongan introvert.

Baca juga : peluang kerja jurusan teknik komputer dan jaringan

Sebab, ketika seseorang memilih jurusan IPS ini disarankan sangat aktif dan ikut serta dalam menerapkan ilmu sosialnya tersebut. Sehingga, bagi kamu yang lebih suka belajar secara pasif tidak disarankan memilih jurusan ini.

2. Stereotip Muridnya adalah Anak Nakal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki seseorang ketika memilih jurusan IPS di SMA adalah stereotip muridnya yang merupakan anak nakal.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, sebab tak sedikit murid di IPS SMA adalah murid berprestasi. Oleh sebab itu, stereotip seperti ini harus dihapuskan dari kebudayaan sehingga membuat anak IPS lebih percaya diri.

Penutup

Berbagai kelebihan dan kekurangan IPS SMA di atas tadi dapat kamu jadikan referensi atau sebagai patokan dalam memilih jurusan IPS atau IPA di SMA.

Sangat disarankan untuk benar – benar memahami karakteristik – mu, sebab jiwa introvert dan ekstrovert adalah dua hal yang berbeda dan membuat kamu berhasil melalui masa Pendidikan di jurusan IPS SMA!^^

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.