Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

2 min read

Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

Salah satu jurusan yang saat ini banyak peminatnya adalah teknik komputer dan jaringan. Terlebih saat ini ilmu teknologi semakin berkembang. Tentu saja ilmu mengenai TKJ tersebut sangat dibutuhkan. Anda juga bisa mengetahui apa saja peluang kerja teknik komputer dan jaringan tersebut.

Baca juga : keahlian dan tugas teknisi jaringan komputer

Umumnya, para peminat jurusan ini adalah laki-laki. Akan tetapi, tidak jarang juga diminati oleh perempuan. Dengan mengambil jurusan tersebut, maka Anda akan belajar mengenai praktek perbaikan komputer. Selain itu, tentu masih ada banyak lagi pelajaran yang difokuskan lainnya.

Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

Saat mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan, Anda mungkin bertanya-tanya apa saja peluang kerjanya. Pada jurusan ini sendiri nantinya seseorang tidak hanya belajar mengenai teori komputer saja. Tapi juga akan belajar tentang cara memperbaiki kerusakannya. Di bawah ini beberapa peluang kerjanya:

1. Teknisi

Peluang kerja pertama yang bisa diambil bagi mereka para lulusan teknik komputer dan jaringan adalah seorang teknisi. Nantinya, seseorang dengan pekerjaan tersebut memiliki tugas dalam memperbaiki dan membangun komputer beserta jaringannya saat terjadi kerusakan.

Agar nantinya dapat dipakai kembali dengan baik oleh para pelanggan. Pekerjaan teknisi ini sendiri adalah pekerjaan yang paling sesuai dengan jurusan tersebut. Pasalnya, mereka akan mendapatkan pengalaman yang dapat diterapkan saat melakukan pekerjaan tersebut.

2. Network Administrator

Peluang kerja lain yang bisa Anda ambil ketika menjadi lulusan teknik komputer dan jaringan adalah network administrator. Saat menggeluti pekerjaan tersebut maka akan memiliki tugas dalam menjaga keamanan jaringan sistem yang dipakai. Termasuk dalam membuat server email, DNS server, dan lainnya.

Adapun garis besar dari pekerjaan tersebut adalah menjaga serta mengelola semua sistem jaringan yang ada. Tentu saja, pekerjaan yang satu ini  banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Terutama perusahaan yang memang memiliki dasar usaha dalam bidang sistem jaringan.

3. Pemasaran

Perlu diketahui bahwa ujung dari semua usaha pada dasarnya adalah pemasaran. Pekerjaan tersebut nantinya akan mempelajari bagaimana jasa dan barang yang disediakan dapat dipakai oleh orang lain. Tidak hanya itu, dalam aktivitas tersebut juga perlu mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator sekolah

Salah satu peluang kerja dari pemasaran ini adalah penjualan produk IT. Baik itu hardware maupun software. Proses penjualan pun dapat dilakukan baik online maupun offline sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, dengan memanfaatkan toko online tentu akan lebih mudah mendapatkan jangkauan yang luas.

4. Programmer

Sesuai dengan jurusannya, menjadi seorang programmer adalah salah satu peluang kerja di era digital seperti saat ini bagi mereka yang mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan. Terlebih, tentu ada banyak perusahaan yang memerlukan keahlian tersebut.

Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

Salah satunya adalah untuk membuat website, program komputer, ataupun aplikasi. Pasalnya, tidak sembarangan orang yang memiliki kemampuan tersebut. Dengan latar pendidikan lulusan teknik komputer dan jaringan, maka memanfaatkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan programmer tersebut.

5. Desainer

Peluang kerja teknik komputer dan jaringan yang selanjutnya yaitu menjadi seorang desainer. Tak ada salahnya menekuni profesi ini, terutama bagi mereka yang memang dapat menguasai beberapa aplikasi desain dengan baik. Seperti Blender, Corel Draw, 3DMAX, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nantinya, pekerjaan ini dapat disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Mulai dari desainer interior, desainer grafis, 3D modeling, dan yang lainnya. Terutama bagi Anda yang memang memiliki penguasaan yang baik dalam menggunakan beberapa aplikasi desain yang ada.

6. System Analyst

Tahukah Anda apa itu system analyst? System analyst merupakan salah satu profesi dalam mendesain dan menganalisis sistem yang dipakai oleh sebuah perusahaan maupun organisasi tertentu. Nantinya sistem tersebut akan berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan lainnya.

Hanya saja, seorang system analyst lebih dituntut untuk dapat memberikan analisis sekaligus mengetahui dengan pasti mengenai keadaan dari sistem jaringan pada sebuah perusahaan atau organisasi tersebut. Mulai dari database, system definition, pengecekan hardware jaringan, dan masih banyak lagi.

7. PNS

Pada dasarnya peluang kerja dari jurusan TKJ sangatlah banyak. Salah satu yang menjadi idaman banyak orang adalah PNS. Pasalnya, gaji serta berbagai jaminan yang ditawarkan pada profesi tersebut dapat membuat orang menjadi lebih aman dan nyaman menjalani hidup.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan laptop acer

Dengan memanfaatkan skill teknik komputer dan jaringan, bukan tidak mungkin bisa menjadi nilai tambah bagi Anda. Terlebih saat ini ada banyak pekerjaan yang juga memerlukan komputer maupun internet. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi saat ingin menempuh pendidikan dengan jurusan tersebut.

Penutup

Itulah beberapa peluang kerja teknik komputer dan jaringan yang bisa Anda ketahui. Kini tidak perlu ragu dan khawatir lagi saat ingin mengambil jurusan tersebut. Pasalnya, ada banyak prospek kerja yang bisa dipilih nantinya dengan gaji setiap bulan yang lumayan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.