8 Keahlian dan Tugas Teknisi Jaringan Komputer

2 min read

Tugas teknisi jaringan komputer

Teknisi jaringan atau network engineer menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek bagus, mengingat seiring perkembangan zaman, kecanggihan teknologi semakin meningkat. Jika Anda ingin menjadi teknisi jaringan, Anda perlu mengetahui tugas-tugasnya terlebih dahulu. Pasalnya tugas teknisi jaringan sendiri berkaitan dengan jaringan komputer atau telekomunikasi dalam sebuah organisasi.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator sekolah

Seorang network engineering tidak bisa melakukan tugas teknisi jaringan dengan baik, apabila mereka tidak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan jaringan komputer. Dengan belajar terlebih dahulu, Anda bisa mengelola jaringan komputer agar berfungsi dengan normal atau baik serta bisa digunakan untuk tujuan organisasi

Hal yang Harus Diperhatikan oleh Teknisi

Jika tertarik dengan komputer dan memiliki ingin menjadi ahli teknisi jaringan, Anda perlu memiliki keterampilan dan ilmu yang cukup mengenai komputer. Adapun berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjadi teknisi jaringan komputer, di antaranya yaitu:

  • Memahami software atau perangkat lunak dan hardware atau perangkat keras pada komputer yang berhubungan dengan jaringan.
  • Mengetahui cara menginstal operating system untuk membuat suatu jaringan.
  • Anda perlu mengetahui kelebihan cara kerja TCP atau IP masing-masing untuk memudahkan menginstalasi alamat komputer.
  • Mengetahui dan pahami tipe arsitektur jaringan serta tipe desain jaringan yang disediakan.
  • Rajin berlatih dan mempraktekkan tugas teknisi jaringan.
  • Memahami cara memasang atau merakit kabel jaringan, khususnya untuk mendesain jaringan Local Area Network atau LAN.
  • Mengetahui beberapa perbedaan mengenai arsitektur wireless.

Keahlian yang Dibutuhan Teknisi Jaringan Komputer

Setidaknya terdapat 3 keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang teknisi komputer dan jaringan untuk meningkatkan karir serta mempertajam keahlian sebagai teknisi komputer. Keterampilan yang harus dimiliki mulai dari keterampilan interpersonal, teknis hingga keterampilan berkomunikasi. Ketiga keterampilan tersebut wajib dimiliki, diantaranya yaitu:

1. Keterampilan Interpersonal

Setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan interpersonal untuk meningkatkan karir. Ada beberapa keterampilan interpersonal yang wajib dimiliki yaitu kreativitas, integritas serta ketekunan dalam melakukan pekerjaan untuk menghasilkan yang terbaik. Dengan memiliki keterampilan interpersonal, Anda bisa melakukan tugas teknisi jaringan dengan baik.

2. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis adalah keterampilan yang berkaitan dengan tugas teknisi jaringan komputer, di mana Anda perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai proses perangkat lunak, tugas teknisi hardware dan sistem informasi.

3. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi juga tidak kalah penting dimiliki. Melalui komunikasi yang baik, Anda bisa hubungan yang baik pula dengan klien tanpa kesalahpahaman dan menawarkan klien atau masyarakat mengapa harus bekerjasama dengan Anda. Komunikasi yang baik dan jelas dapat menumbuhkan kepercayaan seseorang dan bisa melakukan tugas teknisi jaringan dengan baik.

Tugas Teknisi Jaringan Komputer

Setelah mengetahui hal yang harus diperhatikan dan keterampilan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang teknisi jaringan komputer, Anda juga perlu mengetahui tugas teknisi jaringan. Adapun berikut ini merupakan 5 tugas yang dilakukan, di antaranya yaitu:

  1. Memeriksa dan memperbaiki laptop, komputer, monitor serta printer yang bermasalah.

Mengetahui terkait Apa penyebab masalah tersebut dan cari bagian yang rusak, komponen terbakar dan lainnya. Setelah mengetahui penyebab masalahnya, teknisi komputer akan memperbaiki unit atau bagian yang rusak agar dapat berfungsi kembali.

  1. Melakukan pelatihan dalam jaringan, pemecahan masalah serta konfigurasi sistem instalasi pada komputer ataupun laptop.

Biasanya mereka akan menyelesaikan sebuah program karir di perguruan tinggi jurusan jaringan komputer atau melalui komunitas yang berkaitan dengan tugas teknisi jaringan komputer.

Dalam hal ini seorang ahli teknisi komputer memiliki tanggung jawab terhadap set awal serta perawatan jaringan komputer, baik pada hardware atau perangkat keras maupun software atau perangkat lunak.

  1. Melakukan pemantauan selama seharian.

Selain melakukan pemantauan, teknisi jaringan juga bertugas untuk mengalokasikan sumber daya guna memenuhi kebutuhan, melakukan penginstalan perangkat lunak serta mengelola server printer

  1. Melakukan instalasi, manajemen besar server farms dan scoping.

Tugas server khusus ini untuk memenuhi kebutuhan klien. Seorang ahli teknisi server biasanya mendapatkan sertifikasi dalam teknologi server serta memiliki gelar sarjana dari Universitas untuk membuktikan kemampuan atau keterampilan yang dimilikinya, mengingat tugas ini bukan hal yang mudah.

Mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menginstal, menentukan jenis peralatan yang diperlukan, konfigurasi hingga implementasi layanan yang dibutuhkan.

  1. Untuk teknisi infrastruktur, tugas yang dilakukan berfokus pada implementasi dan desain jaringan komputer besar.

Mereka juga memiliki gelar sarjana dari universitas dengan ilmu komunikasi atau jaringan komputer. tanggung jawab yang diemban yaitu menentukan lokasi pada peralatan komputer untuk mengelola isu panas dan daya yang bagus.

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai teknisi jaringan mulai dari hal yang harus diperhatikan, keterampilan yang dimiliki hingga tugas teknisi jaringan yang perlu dilakukan. Menjadi seorang teknisi komputer bukanlah hal mudah, sebaiknya Anda memiliki sertifikasi komputer dan gelar yang berhubungan dengan komputer, untuk mendukung kepercayaan orang lain dalam bekerjasama dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *