5 Tanggung Jawab dan Tugas Operator Sekolah

2 min read

Tugas operator sekolah

Di dalam setiap sekolah terdapat seseorang yang bertugas sebagai operator sekolah. Posisi satu ini memiliki peran yang sangat penting terutama dalam penginputan data. Tugas operator sekolah cukup banyak terutama jika seorang operator merangkap tugas sebagai seorang guru atau bahkan tata usaha.

Baca juga : pengertian dan fungsi administrasi secara umum

Banyak orang mengira jika tugas dari seorang operator adalah menginput data sekolah saja. Namun sebenarnya ada beberapa tugas lain yang cukup penting. Hanya saja implementasinya yang disebutkan VCD sangat tergantung dengan kebijakan masing-masing sekolah.

Tugas Operator Sekolah

Pekerjaan utama dari seorang operator sekolah adalah mengerjakan tugas yang berkaitan dengan administrasi. Bukan hanya tentang administrasi sekolah saja namun juga beragam administrasi lain seperti kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, hubungan masyarakat pengarsipan, kesiswaan dan juga kurikulum.

Seorang operator sekolah diwajibkan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer atau perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu juga harus memahami cara mengoperasikan beragam peralatan teknik lain seperti proyektor, printer, scanner dan yang sejenisnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tugas pokok seorang operator sekolah yang perlu untuk Anda ketahui. Rincian tugas pokok operator sekolah berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai seorang operator sekolah, diantaranya yaitu:

1. Mengelola Aplikasi Dapodik dan Aplikasi yang Berkaitan dengan Administrasi

Tugas operator sekolah banyak berkaitan dengan administrasi termasuk mengelola aplikasi data pokok pendidikan atau dapodik. Dapodik merupakan sumber informasi mengenai sekolah dan juga pemerintah yang digunakan untuk memantau keadaan suatu sekolah.

Dalam setahun biasanya selalu terjadi pembaharuan paling tidak sebanyak 2 kali. Operator sekolah perlu menginput data siswa ke dalam dapodik secara detail.

Selain aplikasi dapodik, tugas operator sekolah juga mengelola sebuah aplikasi kuesioner yang disebut dengan PMP atau Pemetaan Mutu Pendidikan. Aplikasi ini biasanya diisi oleh tenaga pendidik namun justru saat ini operator sekolah mengambil alih untuk mengisi kuesioner tersebut.

Aplikasi lain yang juga harus dikelola oleh operator sekolah adalah Standar Pelayanan Minimal atau SPM. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi PMP. Operator sekolah juga perlu untuk melayani pengajuan kartu Indonesia pintar menggunakan aplikasi dapodik.

2. Melayani Administrasi TU

Tugas operator sekolah berikutnya yaitu melayani administrasi yang berkaitan dengan tata usaha. Biasanya operator sekolah adalah salah satu tenaga pendidik atau bahkan karyawan tata usaha. Tugas operator sekolah SMP dalam administrasi tata usaha mencangkup pembuatan SK, kearsipan, surat keluar dan surat masuk dan yang lainnya.

3. VerifikasI Data Peserta Didik

Tugas penting lainnya yaitu melakukan verifikasi dan validasi dari data peserta didik termasuk NISN atau data apapun yang dibutuhkan. Pengecekan data tersebut dilakukan melalui laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/.

Selain melalui halaman tersebut, seorang operator sekolah juga harus mengecek data peserta didik yang akan melakukan UN melalui aplikasi BIOUN atau di website www.pdun.kemdikbud.go.id.

4. Membuat Kartu Inventaris dan Mengelola Sarana Prasarana

Tugas operator sekolah berikutnya yaitu mengelola sarana prasarana dan membuat kartu inventaris mengenai prasarana tersebut. Kartu ini berisi tentang informasi mengenai barang-barang mulai dari nomor kode barang, tahun pengadaan, sumber dana dan informasi yang berkaitan dengan barang-barang tersebut.

5. Melakukan Pengelolaan Aplikasi Sekolah Kita

Aplikasi sekolah kita dengan halaman website http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/ juga menjadi salah satu tanggung jawab operator sekolah. Website ini sebenarnya dapat diakses oleh masyarakat, orang tua murid dan guru. Operator sekolah bertugas untuk mengupdate informasi mengenai sekolah. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai sekolah.

Bekerja sebagai seorang operator sekolah harus mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Operator sekolah tidak harus berlatar belakang seorang sarjana karena pendidikan terakhir untuk persyaratan operator sekolah adalah SMA atau yang sederajat.

Informasi Tambahan

Tugas lain dari seorang operator adalah harus mampu mengelola dapodik. Rincian tugas dalam pengelolaan dapodik antara lain melakukan validasi data mengupdate data, dan menyambungkan data sekolah dengan aplikasi dapodik.

Data-data yang harus dimasukkan antara lain seperti profil sekolah, data peserta didik sarana prasarana sekolah dan data dari tenaga pendidik. Jadi, anda harus memahami seluk beluk aplikasi dapotik tersebut.

Persyaratan yang dibutuhkan apabila ingin melamar pekerjaan sebagai seorang operator sekolah SD tidaklah terlalu rumit. Beberapa persyaratan untuk bisa melamar pekerjaan ini antara lain minimal pendidikan SMA atau SMK sederajat, memiliki kemampuan mengoperasikan komputer memiliki SKCK, sehat dan setia kepada Pancasila.

Penutup

Setelah mengetahui berbagai tanggung jawab dan peran sebagai operator, selanjutnya Anda bisa mempersiapkan diri apabila ingin melamar pekerjaan sebagai operator di sekolah.

Berbagai rincian terkait yang telah disebutkan diatas dapat untuk memberikan pandangan kira-kira apa saja. Demikian artikel mengenai beberapa tugas operator sekolah, semoga menambah pengetahuan Anda. Sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *