6 Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer bagi Perusahaan

2 min read

Manfaat jaringan komputer

Saat ini, internet dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang, baik itu bekerja, belajar dan hal lainnya. Internet ini juga termasuk salah satu jenis dalam jaringan komputer. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa jenis dan manfaat jaringan komputer bagi perusahaan yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wifi wireless

Jaringan komputer sendiri merupakan suatu sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling terhubung dengan media transmisi. Dengan jaringan ini nantinya Anda bisa saling berkomunikasi dan bertukar data dengan mudah.

Manfaat jaringan komputer ini sendiri bukan hanya menghubungkan antar komputer dalam sebuah jaringan, namun memiliki segudang manfaat terhadap semua perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jika Anda berniat untuk membangun sebuah jaringan komputer, sebaiknya Anda harus mengerti dan memahami terlebih dahulu mengenai beberapa jenis jaringan komputer yang ada saat ini. Sehingga, nantinya tinggal menyesuaikannya saja.

Secara umum jenis jaringan komputer terbagi menjadi 6, jenis ini tentu memiliki kapasitas dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut macam-macam jaringan komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Jaringan PAN (Personal Area Network)

Jenis ini merupakan jaringan komputer dengan wilayah yang paling kecil. Manfaat jaringan komputer PAN hanya untuk keperluan internet saja, seperti misalnya menghubungkan komputer dengan printer dalam sebuah rumah.

Karena wilayahnya yang kecil, maka jaringan PAN tidak membutuhkan berbagai tambahan komponen perangkat lain seperti kabel, repeater, switch dan komponen pendukung jaringan lainnya.

2. Jaringan LAN (Local Area Network)

Seperti namanya, jaringan ini menghubungkan suatu wilayah lokal saja dengan jangkauan jarak yang relatif pendek. Jaringan ini biasanya diterapkan di sebuah sekolah, rumah sakit, ataupun kantor. Walaupun jangkauannya masih pendek, tetapi jaringan ini sudah lebih besar dari PAN, dan perlu menggunakan sebuah topologi jaringan.

3. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Jika yang sebelumnya mencakup wilayah lokal, untuk jaringan MAN sudah mencakup antar kota. Tentu ruang lingkup jaringan MAN lebih luas dibandingkan dengan LAN. Contohnya jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih komputer di kota Jakarta dan Bandung.

4. Jaringan WAN (Wide Area Network)

Jaringan ini merupakan pengembangan dari jaringan LAN. Jadi apabila beberapa jaringan LAN digabung menjadi satu, maka akan membentuk sebuah jaringan WAN. Jenis jaringan ini sudah bukan lagi dinaungi oleh suatu organisasi, tapi dikelola oleh sebuah kolektif. Dan juga tidak menggunakan teknologi topologi, melainkan dengan teknologi seperti ATM, Frame Relay atau X.25 karena mengingat jaraknya yang lebih jauh.

5. Internet

Dari semua jenis jaringan yang ada, maka yang ruang lingkupnya paling besar adalah jaringan Internet. Manfaat jaringan komputer ini bukan saja menghubungkan antar komputer, tetapi perangkat lain yang sudah terkomputasi seperti TV, server, CCTV, smartphone, dll.

Jaringan internet ini bukan lagi mencakup wilayah lokal maupun kota saja, tapi seluruh dunia. Dengan internet, jutaan manusia dan perangkat bisa saling terhubung dengan cepat.

6. VPN (Virtual Private Network)

Berbeda dengan sebelumnya, manfaat jaringan VPN adalah memberikan koneksi yang sangat aman. Biasanya digunakan untuk keperluan pengiriman data yang sangat penting, hingga tak jarang sering digunakan di sebuah perusahaan.

Untuk sebuah perusahaan atau organisasi, peranan sebuah jaringan komputer tentu sangat penting. Karena dengan adanya jaringan tersebut, semua komponen yang ada dalam perusahaan bisa saling terhubung, baik itu karyawannya maupun perangkatnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat jaringan komputer bagi perusahaan atau organisasi.

Manfaat Jaringan Komputer bagi Perusahaan

Berikut dibawah ini beberapa hal mengenai manfaat jaringan komputer bagi suatu perusahaan yang perlu anda pahami, diantaranya yaitu:

1. Mempermudah pengiriman data dan file (sharing)

Manfaat jaringan komputer yang pertama adalah mudahnya bertukar data. Dalam sebuah perusahaan tentu banyak dokumen atau file yang perlu dilihat atau dicek oleh setiap divisi. Maka dengan adanya jaringan komputer Anda bisa lebih mudah melakukan pertukaran dokumen atau file.

Mungkin sebelum adanya jaringan ini Anda harus naik turun lift atau tangga hanya untuk memberikan dokumen. Tapi sekarang hanya dengan satu kali klik dokumen perusahaan sudah bisa sampai ke seluruh divisinya.

2. Mempermudah komunikasi antar divisi

Seperti yang Anda tahu, di semua aspek bidang komunikasi merupakan suatu faktor yang penting, terlebih jika itu terdapat di sebuah perusahaan. Dengan adanya jaringan komputer, maka tidak akan ada lagi miss komunikasi antar divisinya. Dan juga akan semakin memudahkan para karyawan untuk berdiskusi mengenai pekerjaan.

3. Keamanan data perusahaan lebih terjamin

Manfaat jaringan komputer selanjutnya adalah data – data perusahaan dapat tersimpan dengan aman. Biasanya perusahaan cenderung menggunakan jenis jaringan lokal atau LAN. Dengan jenis ini maka komputer yang bisa mengakses data hanya komputer yang terhubung dengan jaringan. Hal ini tentu akan menghindari kejadian seperti hacking, peretasan data, pencurian data, dll.

4. Memudahkan akses ke server

Server merupakan elemen paling penting dalam sebuah jaringan. Dengan server semua data perusahaan akan terkumpul menjadi satu dan lebih mudah diakses. Nah, dengan adanya jaringan komputer ini maka Anda akan lebih mudah mengakses data, karena sudah terhubung dengan server lewat jaringan tersebut.

Penutup

Jadi, itulah beberapa manfaat jaringan komputer bagi perusahaan. Selain poin-poin di atas sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan. Intinya dengan adanya jaringan komputer ini maka aktivitas pekerjaan manusia semakin dimudahkan, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *