3 Jenis dan Fungsi Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

2 min read

Fungsi kabel UTP

Untuk membangun sebuah jaringan komputer, dibutuhkan beberapa komponen pendukung di dalamnya. Bagi Anda yang bergelut di dunia IT, terutama jaringan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel UTP. Di kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai pengertian, jenis dan fungsi kabel UTP dalam jaringan komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan static routing

Singkatnya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain untuk sebuah jaringan, selain itu juga menghubungkan antara komputer dengan perangkat seperti router dan switch.

Maka dari itu, bagi Anda yang berniat untuk membangun sebuah jaringan komputer di rumah, sekolah, warnet, ataupun yang lain. Anda harus tahu betul mengenai kabel ini, dari mulai apa fungsi kabel UTP, struktur kabel UTP, sampai dengan jenis – jenis kabel UTP.

Pengertian Kabel UTP

UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Seperti namanya yaitu unshielded menunjukkan bahwa kabel UTP ini tidak memiliki pelindung seperti alumunium, hal ini tentu berbeda dengan jenis kabel twisted pair lainnya.

Walaupun tidak dilindungi oleh alumunium, tetapi kabel ini dibungkus oleh sebuah pengantar yang berbahan dasar tembaga. Selain itu, kabel UTP juga terbungkus dari bahan isolasi, bahan ini dapat melindungi dari kerusakan fisik dan api.

Jenis Kabel UTP

Kabel UTP tidak hanya memiliki satu jenis saja, jika dilihat di pasaran jenis kabel UTP dibagi menjadi 3. Yang dimana memiliki fungsi yang berbeda pula, berikut ini jenis – jenis kabel UTP.

1. Straight – Through

Jenis kabel UTP ini memiliki pola penyusunan yang sama di setiap ujung konektornya. Fungsi kabel UTP straight – through ini biasanya sering digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat. Seperti misalnya komputer dengan hub, komputer dengan switch , switch dengan router, dll.

Pola penyusunannya sendiri dimulai dari warna putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, dan terakhir coklat.

2. Cross – Over

Fungsi kabel UTP Cross Over berbeda dengan sebelumnya, kabel ini justru digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama, seperti router dengan router atau komputer dengan komputer. Karena untuk perangkat yang sama, maka dari itu pola penyusunan warnanya pun berbeda di setiap ujung konektornya.

Untuk konektor yang pertama dimulai dari warna putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat. Sedangkan untuk konektor yang kedua mulai dari warna putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru, putih-biru, jingga, putih-coklat dan terakhir coklat.

Perbedaannya sangat tipis bukan, jadi jika Anda tidak teliti sedikit saja, maka perangkat tersebut tidak bisa terhubung.

3. Roll – Over

Jenis kabel yang terakhir yaitu Roll – Over, fungsi kabel UTP Roll – Over hampir mirip dengan yang pertama yaitu untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda. Hanya saja perangkat disini ialah perangkat yang memiliki konsol, contohnya seperti switch, proyektor, printer dll.

Untuk penyusunan warnanya cukup mudah diingat, karena susunan konektor kedua merupakan kebalikan dari yang pertama. Urutan warnanya adalah putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat. Nah untuk konektor yang kedua Anda hanya perlu membalik urutannya saja, mudah diingat kan?

Fungsi Kabel UTP beserta Strukturnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa fungsi kabel UTP digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan, spesifiknya adalah jaringan LAN. Dalam penggunaannya kabel UTP disusun berdasarkan aturannya.

Karena, di kabel UTP ini terdiri dari 8 kabel kecil yang berbeda warna. Setiap kabel ini pun memiliki peran dan fungsinya masing – masing, oleh karena itulah saat pemasangan kabel UTP harus benar dalam penyusunannya. Sehingga setiap kabel dapat bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa jenis warna yang menyusun kabel UTP beserta fungsinya.

  1. Orange : berfungsi sebagai media pengantar paket data.
  2. Putih Orange : berfungsi sebagai media pengantar paket data.
  3. Hijau : berfungsi sebagai media pengantar paket data.
  4. Putih Hijau : berfungsi sebagai media pengantar paket data.
  5. Biru : berfungsi sebagai media pengantar paket suara.
  6. Putih Biru : berfungsi sebagai media pengantar paket suara.
  7. Coklat : berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  8. Putih Coklat : berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.

Cara Memasang Kabel UTP

Untuk cara memasang kabel UTP tidaklah sulit, Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti, Kabel UTP, jack RJ45, dan crimping tools.

  1. Ambil kabel UTP yang sudah Anda sediakan, dan kupas ujungnya sekitar 1-2 cm saja. Pastikan kabel berwarna yang didalamnya sudah terlihat.
  2. Pisahkan 8 kabel berwarna tersebut, luruskan dan rapihkan agar mudah saat memasangnya nanti. Pastikan urutan warnanya sudah sesuai dengan aturannya.
  3. Jika sudah, ambil jack RJ45 tadi dan mulai masukan 8 kabel warna tersebut ke 8 pin yang tersedia dalam RJ45, dan urutan pertama mulai dari ujung kiri.
  4. Jika sudah benar – benar terpasang sempurna, ambil crimping tools dan jepit jack RJ45 tersebut sampai berbunyi “klik”. Maka pemasangan kabelnya sudah selesai dan Anda bisa melanjutkan bagian yang kedua.

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi kabel UTP untuk masing – masing jenisnya. Sampai sini sudah cukup mengerti kan, mengenai kabel UTP. Yang penting untuk diingat adalah ketika Anda akan memasangnya, pastikan aturan urutan warnanya sudah benar, sehingga antar perangkat Anda bisa terhubung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *