Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

12 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online Masa Kini

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Di era pandemi covid 19 seperti saat ini, ada banyak sekolahan dan kampus yang menerapkan sistem kuliah daring atau disebut dengan kuliah online. Lantas apa kelebihan dan kekurangan kuliah online? simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai keunggulan dan kelemahan kuliah online, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengetian dari kuliah online itu sendiri.

Pengertian Kuliah Online

Kuliah daring atau kuliah online merupakan sistem perkuliahan yang menggunakan akses internet untuk media pembelajaran yang ditampilkan dan dirancang dalam bentuk modul perkuliahan, audio, video atau tulisan oleh pihak pendidikan.

Sejak pandemic covid-19, metode belajar daring ini menjadi langkah alternatif paling tepat sejauh ini demi berlangsungnya pembelajaran di sekolah atau kampus. Namun demikian, tentu ada kelebihan serta kekurangan kuliah online ini bagi para peserta didik maupun pendidik.

Kelebihan Kuliah Online

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan kuliah online yang perlu Anda ketahui di era teknologi seperti saat ini, diantaranya yaitu:

1. Lebih hemat biaya transportasi

Biasanya mahasiswa harus datang secara langsung ke kampus untuk mengikuti kegiatan perkuliahan, akan tetapi saat ini mereka tidak harus datang ke universitas mereka lagi.

Dengan demikian, biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli bensin maupun ongkos transportasi umum menjadi tidak ada lagi.

2. Hemat tenaga dan waktu

Tentu waktu yang akan dihabiskan untuk kuliah dengan tatap muka secara langsung akan lebih banyak daripada kuliah online. Hal ini dikarenakan adanya pergantian jam pada mata kuliah dan mata kuliah lainnya terkadang mempunyai jeda yang lama hingga mengharuskan mahasiswa untuk menunggu di kampus.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan pembelajaran online

Kuliah online mengharuskan mahasiswa bisa tepat waktu dalam mengikuti jam perkuliahan sehingga waktu belajar sudah ditentukan antara mapel satu dengan mapel yang lain.

3. Terhindar dari bising dan lebih santai

Penerapan kuliah online terasa lebih tenang dan lebih santai saat dilakukan dirumah, cafe, kamar atau ditempat manapun asalkan memiliki akses internet serta perangkat yang memadai.

4. Mahasiswa lebih aktif dalam mempelajari keterampilan dan materi TIK

Ketika kuliah online umumnya mahasiswa lebih aktif dalam mencari keterampilan atau materi, sebab umumnya dosen akan membagikan tugas pada mahasiswanya untuk mencari materi lain selain yang sudah diberikan oleh dosen. Hal ini membuat keterampilan TIK para mahasiswa menjadi bertambah.

5. Mahasiswa bisa merekam pembelajaran

Mahasiswa  bisa merekam pembelajaran misalnya memvideokan atau merekam pembelajaran yang diberikan, lalu jika dibutuhkan/ lupa dengan pembelajaran maka bisa diputar ulang untuk memperjelas.

Baca juga : penyebab laptop tidak bisa terhubung ke internet wifi

Tentu, ini lebih efektif dibandingkan dengan belajar di kelas yang hanya dengan sekali penjelasan. Ada kalanya mahasiswa yang takut atau ragu bertanya lebih memilih untuk diam walaupun mereka belum memahami materi. Meskipun mahasiswa tersebut sudah mencatat namun ada kalanya catatan tidak dapat sedetail video.

6. Kelas bisa berlangsung sesuai silabus

Hal inilah yang sangat penting dari diberlakukannya kelas online. Kuliah online bertujuan agar kelas tetap bisa berjalan sesuai dengan silabus yang ditentukan dan tidak tertinggal berdasarkan target ditentukan.

7. Tempat belajar fleksibel

Kuliah online bisa dilakukan dimana pun sehingga mahasiswa bisa memilih tempat yang nyaman menurut mereka, begitu pula dengan dosen.

Kekurangan Kuliah Online

Setiap kelebihan, pasti ada kekurangannya. Berikut dibawah ini beberapa kelemahan kuliah online yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Wajib memiliki akses internet

Kelas online sudah bisa dipastikan memerlukan akses internet dengan  mediator elektronik canggih seperti ipad, laptop, smartphone dan lainnya.

2. Penyampaian serta penerimaan materi kurang maksimal

Sistem belajar mengajar online tidak selamanya mudah untuk dimengerti para mahasiswa, terlebih apabila proses tersebut hanya dilakukan dengan sistem tanpa tatap muka. Tentu tingkat fokus para mahasiswa dalam menerima materi yang diberikan tidak sebaik kuliah tatap muka.

3. Keterbatasan tanya jawab dan praktek

Untuk mata kuliah yang hanya cukup dengan memberikan teori tentu tidak akan bermasalah apabila dihadapkan dengan kelas online. Akan tetapi untuk matkul yang membutuhkan praktek, maka kelas online bukanlah solusi terbaik.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Jika demikian, ini akan berdampak pada pemahaman serta pengetahuan mahasiswa mengenai materi kuliah yang tidak maksimal.

4. Tergantung jaringan

Problem yang sering dialami ketika mengadakan kuliah online yaitu masalah jaringan. Jika jaringan mengalami masalah maka kuliah pun akan terbelenggu misalnya tertingga diskusi maupun penyampaian materi.

Maka dari itu, mahasiswa harus memastikan akses internet yang lancar dan maksimal ketika kelas online berlangsung.

5. Sangat tergantung dengan kedisiplinan mahasiswa

Kelas online sangat bergantung dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Sebab jika tidak disiplin tentu akan ketinggalan kelas dan menimbulkan permasalahan tersendiri bagi mahasiswa.

Penutup

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan kuliah online yang sebaiknya diperhatikan terutama bagi kamu yang masih kuliah atau memiliki keluarga berstatus mahasiswa.

Disamping itu, demi mencegah penyebaran covid-19 kita tentu harus mendukung program pemerintah yang mengharuskan pelajar untuk belajar melalui sistem daring.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.