Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Mengenal 8 Peran dan Tugas HRD Manager di Perusahaan

2 min read

Peran dan Tugas HRD Manager di Perusahaan

HRD (Human Resource Department) adalah salah satu divisi paling umum yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tugas HRD manager adalah sebagai divisi yang langsung mengelola dan mengurusi sumber daya manusia maupun karyawan pada perusahaan mulai dari perekrutan sampai pada masa karyawan tersebut pensiun.

Peran dan Tugas HRD Manager

Sebagaimana divisi yang lainnya, HRD juga mempunyai manager sendiri. Kehadiran HRD Manager mengharuskan mereka mempunyai kecakapan khusus. Mereka bukan hanya bertugas menuntun anggota divisi agar bekerja dengan baik saja, namun juga menciptakan lingkungan kerja kondusif bagi karyawan.

Berikut dibawah ini beberapa point mengenai peran dan tugas HRD di suatu perusahaan yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Mengelola Sekaligus Mengembangkan Sistem HR pada Perusahaan

Pengelolaan sumber daya manusia pada sebuah perusahaan yang efisien dan efektif menjadi tugas serta tanggung jawab dari HRD Manager. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat setiap harinya, sistem HR pun juga semakin berkembang pesat.

Baca juga : memahami perbedaan personalia dan HRD

Manager sumber daya manusia harus bisa mengelola sekaligus mengembangkan sistem HR agar bisa lebih efisien dan efektif dengan memanfaatkan berbagai kemajua teknologi yang ada.

Contohnya seperti membuat Job Description, SOP, KPI untuk menilai kinerja para karyawan, sistem dalam merekrut karywan dan automatisasi sistem HR.

2. Menjadi Penghubung Antara Karyawan dan Manajemen

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan harus dipahami bahwa sebagai HRD Manager memiliki tugas berat untuk menjadi penghubung antara karyawan dan juga manajemen pada perusahaan. HRD manager memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan dan menyampaikan hal-hal yang dialami oleh kedua pihak tersebut.

3. Bertanggung Jawab Secara Penuh pada Payroll dan Absensi

HRD Manager memiliki tanggung jawab pada data-data yang diampu serta staff yang dikeloloa. Misalnya seperti data absensi para karyawan serta payroll yang mencakup perhitungan tunjangan, gaji, PPH 21, bonus karyawan dan upah lembur.

4. Membentuk format paling tepat dalam proses rekrutmen maupun orientasi

Dunia akan terus mengalami perkembangan, mulai dari segi teknologi serta metode baru yang terus hadir di tengah masyarakat. Dalam hal rekrutmen karyawan baru pun, perkembangan juga turut terjadi. Dari sini, HRD manager  memiliki peranan dalam membentuk format terbaik.

Baca juga : fungsi prototype bagi perusahaan

Format tersebut dibuat mulai dari proses perekrutan karyawan dari awal sampai mengikuti masa orientasi. Format ini harus disesuaikan dengan keperluan perusahaan tersebut. Maka dari itu, HRD manager harus bisa menganalisanya supaya tidak terjadi pemborosan maupun kekeliruan.

5. Melakukan Evaluasi mengenai Tingkat Kepuasan para Karyawan

Umumnya pada jangka waktu tertentu misalnya di akhir tahun, HRD membagikan kuisioner pada karyawan mereka. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya dalam mengevaluasi serta mengidentifikasi bagaimana para karyawan bisa mengasumsikan diri mereka di perusahaan.

Dalam evaluasi ini, HRD Manager memiliki peranan yang sangat penting agar bisa mereview rasa puas dari karyawan serta cara apa yang dapat dilakukan untuk mempertahankannya maupun memperbaiki jikalau ada hal-hal yang membuat karyawan merasa tidak nyaman.

Walau bagaimanapun juga peran karyawan dalam perusahaan sangatlah penting. Jika karyawan puas dan bersemangat dalam bekerja di perusahaan tentu ini akan memberikan pengaruh yang baik demi kemajuan perusahaan tersebut. Namun jika karyawan lelet dan tidak bersemangat tentu kualitas perusahaan juga bisa menurun.

6. Merencanakan Pelaksanaan Training Sekaligus Mengevaluasinya

Setiap perusahaan tentu menginginkan para karyawan mereka terus berkembang serta mempunyai kemampuan yang sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Agar bisa mencapai tujuan ini, proses training merupakan hal yang wajar dan wajib untuk dilakukan.

Baca juga : keahlian dan tugas teknisi jaringan komputer

Akan tetapi, terdapat sejumlah metode training yang dapat dipilih serta diterapkan. Pada individu maupun antar divisi mungkin saja juga membutuhkan metode yang berbeda. Maka dari itu, HRD manager berperan dalam merencanakan pelakasaan training yang ada supaya bisa tepat sasaran.

7. Mengelola serta Mengendalikan Anggaran Belanja Sumber Daya Manusia

Setiap perusahaan tentunya mengharapkan kandidat terbaik agar bisa bergabung serta menjadi bagian dalam perusahaan tersebut. Agar bisa mencapai tujuan ini, diperlukan anggaran biaya yang tidak sedikit, mulai dari proses rekrutmen sampai pelatihan atau training.

HRD Manager harus bisa mengelola sekaligus mengendalikan anggaran belanja pengembangan sumber daya manusia sampai divisi HR bisa mencapai tujuan yang diharapkan tanpa menghabiskan biaya yang besar.

8. Bertanggung Jawab pada Proses Penilaian Kinerja para Karyawan

Penilaian kinerja para karyawan perusahaan terdiri atas beberapa indikator yang wajib terpenuhi oleh masing-masing karyawan. HRD manager dituntut untuk membuat sejumlah indikator serta alur terkait proses penilaian kinerja karyawan dengan objektif.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator produksi

Maka dari itu, ini akan lebih memudahkan tim HR untuk menjalankan proses penilaian kinerja yang ada. Penilaian kinerja ini sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kedepannya.

Kesimpulan

Demikian tugas HRD manager sebuah perusahaan yang sebaiknya kamu ketahui. Akan tetapi, tugas tersebut kembali lagi pada kebutuhan masing-masing perusahaan.

Bagi masing-masing perusahaan juga sudah menentukan sendiri apa saja peranan dan tanggung jawab seorang HRD manager yang harus dipenuhi. Semoga berbagai penjelasan diatas tadi dapat Anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang, terimakasih.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.