Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan SMA secara Umum

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan SMA secara UmumKelebihan dan Kekurangan SMA secara Umum

Kelebihan dan kekurangan SMA wajib kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dimana, dari kelebihan dan kekurangan yang dijelaskan dari artikel berikut ini akan menjadi pandangan tersendiri bagi kamu yang bingung memilih SMA atau jenjang sekolah lainnya.

Baca juga : mengenal kelebihan dan kekurangan SMK 

Mengingat SMA merupakan salah satu sekolah yang sering dipilih untuk melanjutkan jenjang SMP ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui artikel ini, kamu akan semakin paham tentang SMA termasuk bebera[a kelebihan dan kekurangan SMA tersebut. Semuanya akan menjadi informasi dan bahan pertimbangan bagi kamu.

Penjelasan Tentang SMA

Banyak orang yang bingung memilih sekolah dari jenjang SMP ke jenjang yang lebih tinggi. Sebab, sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terdiri atas beragam macam yaitu SMA dan SMK. Berikut ini akan dijelaskan secara detail penjelasan tentang SMA sebagai sekolah yang jenjang lebih tinggi dan menjadi lanjutan dari SMP.

Apa itu SMA?

SMA merupakan jenjang Pendidikan menengah yang dilanjutkan setelah seseorang melalui jenjang Pendidikan SMP. Sekolah menengah atas ini memiliki masa Pendidikan 3 tahun yang terdiri dari 6 semester, mulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12 yang merupakan lanjutan dari kelas sekolah menengah pertama.

Bagaimana Sistem Pendidikan di SMA?

Sistem Pendidikan di SMA cukup berbeda dibandingkan dengan sistem Pendidikan di jenjang menengah lainnya, sebab pada sistem Pendidikan di SMA akan memfokuskan seseorang ke teori tanpa mengabaikan praktek.

Baca juga : keahlian dan tugas teknisi jaringan komputer

Dimana kadar Pendidikan teori 75% dan praktek berkisar 25%. Dengan begini, SMA cenderung menjadi jenjang yang berbeda sendiri dengan SMK.

Apakah SMA memiliki Kejuruan?

Sistem Pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) ini memang berbeda dengan sistem Pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK) tetapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan SMA memiliki kejuruan.

Jawabannya adalah iya, SMA memiliki kejuruan yang membuat seseorang dapat lebih spesifik dalam mengais ilmu pengetahuan.

Apa sajakah kejuruan yang dimiliki SMA?

Adapun kejuruan yang dimiliki oleh SMA memang tidak terlalu spesifik seperti dengan pilihan kejuruan yang dimiliki oleh SMK.

Akan tetapi, kejuruan ini tetap membuat kamu dapat lebih focus dalam menjalani Pendidikan sehari – harinya. Adapun kejuruan yang dimaksud adalah kejuruan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Kelebihan dan Kekurangan SMA

Kelebihan dan kekurangan SMA menjadi salah satu informasi paling penting mengingat hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi seseorang kelak akan melanjutkan diri mengambil Pendidikan ke jenjang SMA atau jenjang lainnya.

Kelebihan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan SMA yang dapat menjadi pertimbanganmu dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, diantaranya yaitu:

1. Dapat Lebih Dalam Mempelajari Sebuah Teori

Seseorang yang kerap memilih SMA sebagai jenjang Pendidikan selanjutnya, otomatis ingin mendalami sebuah teori yang disuguhkan oleh beberapa pelajaran umum.

Baca juga : cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi

Baik itu ipa atau ips yang kelak disesuaikan pada jurusannya. Tentu saja, seseorang juga bisa mempelajari bagaimana praktek akan teori tersebut, tetapi urusan mendalami teori SMA adalah andalannya.

2. Dikhususkan Bagi Seseorang yang Masih Belum Tau Minat Bakatnya

Kelebihan kedua yang dapat dirasakan ketika seseorang memilih SMA adalah seseorang yang masih belum tau minat bakatnya dapat lebih mudah menemukannya.

Hal ini disebabkan oleh sistem Pendidikan SMA yang mempelajari berbagai teori hingga seseorang secara tidak langsung dapat menemukan teori yang diinginkannya tersebut.

3. Lebih Fleksibel untuk Melanjutkan ke Jenjang Lebih tinggi

Kelebihan memilih SMA selanjutnya adalah lebih fleksibel untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh Pendidikan SMA yang tidak terlalu memfokuskan seseorang mempelajari suatu hal, tetapi dapat mempersempit area ilmu pengetahuannya.

Dalam hal ini, kamu juga dapat berkesempatan untuk melanjutkan ke universitas favorit dan memilih jurusan yang lebih spesifik.

Kekurangan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Berikut ini beberapa kelemahan SMA secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum memasukinya, diantaranya yaitu:

1. Materi Tidak Terlalu Fokus

Kekurangan pertama yang didapatkan ketika seseorang memilih SMA adalah materinya kurang focus pada satu titik. Hal ini membuat SMA hanya mempelajari sekedar teori daripada praktek. Sehingga, semua materi dan teori dapat terbabat habis pada saat menjalani Pendidikan di SMA.

2. Kurang Cocok untuk Seseorang yang Ingin Langsung Bekerja

SMA memang tidak difokuskan untuk mempelajari satu hal atau satu jurusan yang setelahnya dapat dilanjutkan ke tingkat profesi.

Baca juga : mengenal jenis-jenis harddisk pada komputer

Sebab, di SMA seseorang masih mempelajari teori – teori lainnya, hanya mempersempit jurusannya. Oleh sebab itu, SMA kurang cocok bagi seseorang yang ingin langsung bekerja.

Penutup

Kelebihan dan kekurangan SMA di atas tentu saja dapat menjadi informasi bagi seseorang yang ingin memilih melanjutkan Pendidikan ke SMA.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan informasi di atas dengan karakteristikmu agar memahami sekolah ini tepat atau tidak dipilih selanjutnya.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.