Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan SMK secara Umum

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan SMK

Kelebihan dan kekurangan SMK kini menjadi suatu patokan seseorang hendak memilih sekolah kejuruan ini untuk melanjutkan pendidikannya apa tidak. Sebab, SMK sering dianggap sebagai sekolah andalan bagi seseorang yang ingin langsung melanjutkan Pendidikan kepada tahap pekerjaan karena sistem Pendidikan yang spesifik.

Baca juga : mengenal apa itu profesi data scientist

Alasan – alasan tersebut tentu saja dapat diketahui melalui uraian – uraian mengenai informasi SMK maupun kelebihan dan kekurangan – nya yang akan dijelaskan berikut dalam artikel ini.

Tentu saja, kamu akan semakin memahami mengenai sekolah menengah kejuruan (SMK) dan bisa mempertimbangkan untuk memilih sekolah ini sebagai jenjang Pendidikan selanjutnya.

Penjelasan Tentang SMK

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) menjadi salah satu jenjang Pendidikan menengah yang kerap dipilih oleh sebagian orang sebab dianggap menarik dan menjanjikan.

Namun, tak sedikit juga yang sama sekali tidak mengetahui dan memahami makna tersebut. Berikut ini akan dijelaskan secara detail penjelasan tentang SMK.

Apa itu SMK?

SMK adalah jenis Pendidikan jenjang menengah yang memfokuskan seseorang untuk memilih kejuruan yang dikehendakinya terlebih dahulu sebelum memulai Pendidikan.

Selain itu, di SMK seseorang langsung berfokus terhadap jurusan tersebut tanpa mempelajari materi lainnya yang tidak memiliki kaitan dengan juruan tersebut, terkecuali dengan ilmu umum.

Bagaimana Sistem Pendidikan di SMK?

Sistem Pendidikan SMK sama sekali berbeda dengan Pendidikan SMP dan jenjang SMA. Sebab, dari awal mula seseorang memilih melanjutkan pada jenjang Pendidikan ini otomatis telah lebih tahu mengenai jurusan apa yang diinginkannya untuk dipelajari. Sehingga, sistem pendidikannya lebih banyak praktek dan pendalaman teori mengenai jurusan tersebut.

Bagaimana Keseimbangan dari Teori dan Praktek di SMK?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa SMK cukup berbeda dengan jenjang lainnya, dimana pada jenjang ini kamu harus lebih dulu memilih jurusan.

Baca juga : cara baca novel gratis tanpa aplikasi

Bukan hanya itu, keseimbangan dari teori dan praktek jurusan yang dipilih tersebut sama sekali memiliki persentase berbeda. Dimana, praktek berkisar 75% dan teori 25% yang berbeda dengan sistem Pendidikan SMA.

Apa sajakah kejuruan yang dimiliki SMK?

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan sesuai dengan Namanya tentu saja memiliki banyak jurusan yang dapat dipilih sesuai dengan minat bakat masing – masing.

Adapun kejuruan yang dimaksud adalah jurusan computer (TKJ RPL), farmasi, gambar bangunan, otomotif, dan lain – lain. Selain itu, jurusan tersebut juga memiliki kadar materi focus dan membuat kamu menjadi ahli di bidangnya.

Kelebihan dan Kekurangan SMK

Keunggulan dan kelemahan SMK harus kamu pahami jika kamu kelak menjadi calon murid SMK. Hal ini selain menjadi bahan pertimbangan juga menjadi informasi bagi seseorang yang ingin memilih jenjang lainnya selain SMK atau bahkan telah membulatkan tekad untuk memilih SMK.

Kelebihan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Berikut dibawah ini adalah beberapa keunggulan dari sekolah menengah kejuruan yang ada di Indonesia, diantaranya yaitu:

1. Dapat Langsung Terjun pada Jurusan yang Diinginkan

Kelebihan pertama dalam memilih SMK adalah dapat langsung terjun pada jurusan yang diinginkan. Baik itu pemrograman komputer (RPL), reparasi & jaringan komputer (TKJ) dan masih banyak lagi.

Baca juga : rekomendasi aplikasi bus simulator terbaik

Hal ini membuat kamu tidak perlu repot – repot melewati teori lainnya yang tidak sesuai dengan minat bakatmu untuk bisa menjalani Pendidikan yang tepat. Kamu juga bisa focus dengan materi dan membuat prestasi.

2. Lebih Fokus Terhadap Materi Sesuai dengan Jurusan yang Diinginkan

Kelebihan kedua yang dapat kamu temui ketika memilih SMK sebagai tempat menuntut ilmu adalah kamu dapat lebih focus terhadap materi sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Sehingga, kamu tidak membuang waktu untuk mempelajari materi lainnya dan bisa mendidik dirimu untuk lebih expert lagi terhadap jurusan tersebut.

3. Kamu Menghabiskan Waktu dengan Praktek dibandingkan Teori

Mempelajari sebuah hal dengan praktek tatkala menjadi pilihan seseorang dalam menuntut ilmu. Hal ini tentu saja dapat kamu miliki ketika memilih SMK, sebab SMK menerapkan sistem Pendidikan praktek 75% dan teori 25%. Kamu juga bisa focus dan lebih ahli dalam jurusan tersebut serta memudahkan kamu mendapat kerja.

Kekurangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, begitu pula SMK. Berikut dibawah ini beberapa kekurangan secara umum ketika memasuki SMK, diantaranya yaitu:

1. Tidak Dapat Mempelajari Ilmu Lainnya

Kekurangan pertama yang akan kamu dapatkan ketika memilih SMK adalah kamu hanya berfokus pada satu titik pengetahuan yaitu seputar jurusan yang kamu plilih.

Baca juga : mengenal apa itu kuota aplikasi edukasi tri

Kamu tidak memiliki kesempatan dalam mempelajari ilmu lainnya yang di SMA akan kamu pelajari dan bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam memilih jurusan kedepannya.

Akan tetapi, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui berbagai platform online yang banyak tersedia di internet, youtube salah satunya.

2. Waktu Sekolah Umumnya Lebih Panjang

SMK menjadi sebuah Pendidikan yang memokuskan seseorang siap terjun ke lapangan kerja. Hal ini menyebabkan SMK harus menekankan muridnya untuk segera ahli meskipun tidak melanjutkan ke jenjang kuliah.

Sehingga, terjadilah waktu sekolah yang lebih Panjang jika kita bandingkan dengan SMA. Dimana, waktu Panjang tersebut hampir 100% digunakan untuk praktek.

Kesimpulan

Kesimpulanya, SMK atau SMA memiliki keunggulannya masing-masing. Dalam hal ini juga tergantung dari minat siswa, sehingga kamu perlu belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh agar memiliki masa depan yang lebih baik.

Baca juga : rekomendasi aplikasi penambah subscriber youtube

Kelebihan dan kekurangan SMK menjadi informasi penting yang wajib kamu ketahui untuk membandingkan apakah kamu kelak akan memilih SMK sebagai jenjang Pendidikan selanjutnya.

Tentu saja, melalui informasi – informasi di atas kamu menjadi semakin paham tentang SMK serta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.