Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Data Scientist: Profesi Menjanjikan di Bidang IT

1 min read

Mengenal Data Scientist

Profesi yang sering dikenal di bidang IT ialah programmer dan cukup jarang yang mengenal profesi IT sebagai Data Scientist. Padahal seorang Data Scientist juga menggunakan coding dan pemrograman dalam melaksanakan tugasnya. Peran seorang Data Scientist pada perusahaan sangatlah penting, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang IT.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan oracle database

Data Scientist memiliki peran vital untuk membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis dan kebijakan yang tepat untuk kelangsungan bisnisnya. Seorang Data Scientist perlu menganalisa, memproses dan membuat model suatu data. Kemampuan matematika dan statistik sangat berperan penting bagi karir Data Scientist untuk mengenal tren yang terjadi pada suatu perusahaan.

Pengertian Data Scientist

Data Scientist bertugas untuk merubah suatu data yang kompleks ke dalam bentuk yang mudah disajikan dan dibaca oleh orang lain. Sehingga dapat ditemukan pola atau tren tertentu yang menjadi dasar rekomendasi bagi perusahaan. Hasil pekerjaan ini akan digunakan untuk meningkatkan nilai bisnis, strategi bisnis, pemasaran, pengembangan produk hingga penjualan.

Dari data yang disimpulkan tersebut, seorang Data Scientist juga dituntut untuk mampu meng-komunikasikan kepada para pengguna data tersebut, dari konsep teknis kepada pengguna non-teknis. Pengguna non-teknis yang dimaksud bisa termasuk pimpinan, manajer, staf atau mitra yang terlibat dalam proses bisnis.

Mengenal Tugas seorang Data Scientist

Berikut dibawah ini beberapa tugas dari profesi data scientist yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Analisis Data Perusahaan

Seorang data scientist perlu mengenal kemampuan dasar dalam bidang matematika dan statistika yang berguna untuk mengolah data. Tentunya akan bersentuhan dengan bermacam query data, tabel, dan beberapa bahasa pemrograman semacam Phyton atau Matlab.

2. Penelitian Data

Data yang telah dikumpulkan biasanya akan dianalisis menggunakan bahasa pemrograman dan beberapa tools lainnya semacam Google Analytic, PIWIK, Histat dan sebagainya. Penelitian tentang data haruslah dapat dipertanggungjawabkan dan dijamin tingkat akurasinya.

3. Penanggung Jawab Kualitas Data

Akurasi data sangat berperan penting dalam menganalisis suatu tren. Tentunya perusahaan tidak ingin keliru dalam membuat keputusan atau strategi pemasaran karena data yang digunakan tidak valid. Oleh karena itu, Data Scientist sangat berperan penting untuk mejamin kualitas data yang diolah tersebut.

4. Pengolahan Big Data

Salah satu kualifikasi dasar dari seorang Data Scientist ialah mengenal tentang konsep Big Data. Biasanya mereka familiar menggunakan Hadoop atau Hive yang memang digunakan sebagai platform Big Data.

Baca juga : keahlian dan tugas teknisi jaringan komputer

Meskipun terkadang beberapa perusahaan menyewa pihak ketiga untuk mengelola Big Data mereka, Data Scientist tetap bertanggungjawab terhadap segala data yang digunakan untuk menganalisis tren dari suatu perusahaan.

Kemampuan yang dibutuhkan Data Scientist

Untuk menjadi seorang Data Scientist, perlu mengenal dan menguasai kemampuan di bidang pemrograman komputer. Tentunya pemrograman yang bertujuan untuk mengolah data secara lebih spesifik. Berikut ini diantaranya:

  1. Big Data : mampu mengerjakan database skala besar menggunakan Oracle, Cloudera Mogo DB, Hadoop
  2. Machine Learning : memahami Natural Language Processing, Deep Learning, Clustering Ensemble Methods.
  3. Visualisasi Data: mampu menyajikan data melalui aplikai Python, Java, SAS, Tableu dsb.
  4. Bahasa Pemrograman : dapat mengoperasikan bahasa pemrogramam seperti Phyton, Java, SQL, Matlab, dsb.

Penutup

Karier sebagai Data Scientist merupakan karier yang cukup menjanjikan. Jika anda ingin mengenal pekerjaan sebagai Data Scientist, anda bisa mendapatkan upah kerja senilai ratusan juta rupiah dalam setahun, tergantung dari perusahaan tempat bekerja.

Bahkan berdasarkan informasi dari mastersindatascience.org rata-rata pendapatan seorang Data Scientist dapat mencapai angka 1 Miliar Rupiah per tahun.  Pekerjaan ini sangat dibutuhkan terutama oleh perusahaan di bidang riset dan informasi komputer.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.