Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi dan Alasannya

2 min read

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi

Menjadi seorang polisi adalah impian sebagian orang baik laki-laki maupun perempuan. Banyak yang mengira bahwa bekerja sebagai polisi harus di lapangan atau di penjara. Padahal profesi polisi cukup kompleks pekerjaannya sehingga ada bidang tertentu yang harus dikuasai dengan mengambil jurusan kuliah yang cocok untuk polisi.

Baca juga : cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk meningkatkan cara berpikir dan problem solving seseorang. Meskipun sudah berprofesi sebagai polisi namun masih banyak juga sebagian dari mereka yang melanjutkan pendidikannya di Universitas atau bangku perkuliahan.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Polisi

Saat ini kuliah tidak harus dengan sistem reguler karena sudah banyak kampus atau universitas yang menerapkan model pembelajaran reguler atau khusus untuk karyawan. Jika Anda sudah berprofesi sebagai polisi dan ingin melanjutkan kuliah maka bisa memilih jalur non reguler.

Berikut di bawah ini beberapa jurusan yang cocok untuk diambil oleh Anda yang ingin menjadi polisi, di antaranya yaitu:

1. Kedokteran Umum

Dalam lingkup kepolisian, ada juga tim dokter yang khusus untuk menangani narapidana atau kebutuhan forensik untuk identifikasi korban. Anda bisa mengambil jurusan kedokteran dan bisa ditempatkan di rumah sakit khusus Polri atau rumah sakit Bhayangkara.

Biasanya bidang studi yang sangat cocok untuk diambil bagi yang bertugas di kepolisian adalah forensik. Karena polisi banyak berhubungan dengan korban kecelakaan, kejahatan kriminal, pembunuhan, dan lainnya. Sehingga peran dokter forensik sangat penting untuk membantu proses identifikasi.

2. Kedokteran Gigi

Jika Anda berminat untuk masuk ke kepolisian, maka bisa mengambil jurusan kedokteran gigi. Karena jurusan ini termasuk yang banyak dibutuhkan di rumah sakit Bhayangkara atau khusus polri. Tugas dari dokter gigi adalah untuk memeriksa kesehatan anggota maupun calon anggota yang masuk ke kepolisian.

Baca juga : cara mengatasi transfer ovo gagal

Anda bisa mengambil jurusan ini di beberapa universitas ternama di Indonesia. Kedokteran gigi sendiri biasanya sudah berdiri sendiri dan menjadi konsentrasi jurusan sejak awal masuk semester pertama bangku perkuliahan. Belajarlah yang rajin karena minimal IPK yang dibutuhkan agar diterima adalah 3.00.

3. Biologi

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang ilmu pengetahuan alam, maka bisa melanjutkan kuliah di jurusan biologi untuk nantinya bisa masuk ke kepolisian. Karena lulusan biologi akan lebih mudah melanjutkan pekerjaan di bidang ini.

Anda bisa mendaftar di Lembaga Kepolisian setelah lulus dan mendapatkan ijazah S1 nanti. Ahli biologi bisa membantu untuk proses identifikasi makhluk hidup berdasarkan anatomi tubuhnya.

4. Teknik Penerbangan

Jurusan teknik penerbangan juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin masuk ke kepolisian. Jurusan ini termasuk penting dan perlu diketahui bahwa kepolisian tidak jauh dengan dunia penerbangan. Anda bisa menjadi pilot helikopter khusus untuk melakukan tugas sebagai polisi, dan lainnya.

5. Psikologi

Tak jarang banyak narapidana yang merasa stress hingga depresi setelah masuk penjara. Peran psikolog tentu sangat penting untuk membantu mereka mengatasi masa-masa sulit selama di penjara. Selain itu, jurusan ini juga memiliki banyak fungsi ketika nanti bekerja di kepolisian.

Karena polisi akan dihadapkan dengan banyak perilaku kriminal yang menuntut pihak kepolisian untuk mengetahui dan membaca psikologi pelaku. Jurusan ini juga banyak dibutuhkan untuk membantu tim seleksi anggota baru kepolisian untuk membaca kondisi psikologi calon pendaftar.

6. Kriminologi

Bidang ilmu kriminologi mempelajari tentang berbagai aspek kejahatan. Anda akan mempelajari tentang faktor penyebab timbulnya kejahatan dan ilmu lain terkait tindakan kriminalitas.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan vivo y93

Bidang studi ini tentu akan sangat berguna bagi seorang polisi untuk memecahkan suatu kasus kriminal dan menganalisanya dengan baik.

7. Hukum

Keberadaan polisi biasanya berkaitan erat dengan bidang hukum dan pengadilan. Oleh karena itu, kepolisian juga harus memahami hukum yang nantinya akan dijeratkan kepada tersangka. Sehingga jurusan hukum sangat tepat untuk diambil dan menjadi pilihan bagi yang ingin bekerja di kepolisian.

8. Sosiologi

Jurusan kuliah satu ini juga sangat cocok untuk diambil bagi Anda yang ingin bekerja di kepolisian. Karena setiap anggota Polri juga dituntut harus memiliki kemampuan untuk membaca pergerakan sosial masyarakat terutama yang bekerja di area konflik.

Dengan memiliki ilmu di bidang sosiologi, maka anggota Polri akan terbantu untuk melihat kecenderungan sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan keahlian ini, polisi akan terbantu untuk mengatasi dan membuat tindakan pencegahan untuk menghindari timbulnya konflik maupun gejolak sosial.

9. Ilmu Komunikasi

Rekomendasi jurusan kuliah lainnya yang cocok untuk diambil oleh mereka yang ingin bekerja di kepolisian adalah ilmu komunikasi. Polisi harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan menyampaikan kondisi atau penanganan atas masalah tertentu kepada masyarakat maupun sesama anggota.

10. Teknik Informatika

Secara tidak langsung, jurusan teknik informatika juga memiliki peran penting di bidang kepolisian. Apalagi saat ini kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata saja namun juga di dunia maya atau digital.

Baca juga : rekomendasi novel terbaik di novel toon

Ahli TI juga berperan untuk membantu mencari barang bukti, mengatasi pembobolan akun perbankan, dan lain sebagainya.

Penutup

Jika Anda berminat untuk bekerja di kepolisian, maka bisa mengambil salah satu dari beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk polisi di atas tadi. Tentu saja harus disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, dan budget yang dimiliki.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “10 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Polisi dan Alasannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.