Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Review 9 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y93 Android

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y93

Vivo merupakan salah satu merek ponsel ternama di Indonesia yang diminati oleh banyak pengguna karena memiliki berbagai fitur yang menarik dan canggih. Mungkin banyak yang penasaran kelebihan dan kekurangan vivo Y93 yang sudah dirilis pada tahun 2020 lalu. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan vivo v7 plus

Secara tampilan, Vivo Y93 memang memiliki desain yang menarik dan kekinian sehingga tidak mengherankan jika banyak yang berminat untuk membeli ponsel dengan merk ini. Namun, sebelum melakukan pembelian lebih baik ketahui terlebih dahulu Apa saja spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari ponsel tersebut.

Kelebihan Vivo Y93

Kelebihan yang dimiliki sebuah ponsel memang selalu menjadi daya tarik tersendiri dan seringkali dijadikan alasan oleh orang-orang saat melakukan pembelian. Untuk HP dengan merk Vivo Y93 ketahui beberapa kelebihan yang dimiliki seperti berikut ini:

1. Tampilan Desain yang Menarik

Dari tampilan desainnya saja, ponsel Vivo Y93 sudah terlihat sangat menarik karena desainnya cantik, slip, dan modern. Layarnya cukup luas dengan bezel tipis dan notch  yang bentuknya seperti water drop.  Dengan kombinasi desain seperti ini tampilan HP Vivo Y93 pun terlihat lebih elegan. Sekilas dari body-nya mirip seperti versi V11.

Pada bagian belakangnya, terdapat dua lensa kamera yang sudah dilengkapi dengan LED flash. Selain itu, fitur sudah bagus karena dilengkapi dengan fingerprint sensor atau sidik jari untuk membuka layar. Anda bisa memilih warna menarik yang tersedia seperti ocean blue dan starry black. 

2. Performa Mumpuni

Performa pada ponsel menjadi salah satu pertimbangan utama bagi pembeli untuk menentukan pilihan ponsel mana yang akan dipilih. Vivo Y93 sendiri sudah dilengkapi dengan chipset Mediatek Helio P22. Sehingga sangat mumpuni untuk digunakan dalam bermedia sosial, streaming online, hingga chatting.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan xiaomi mi max 3

Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk bermain game seperti PUBG, maka kurang disarankan karena pengaturan grafisnya belum mumpuni. Meskipun demikian, pengguna masih dapat menggunakannya untuk aplikasi game populer yang banyak diminati.

RAM yang dimiliki pada ponsel Vivo Y93 ini adalah sebesar 3 GB, sedangkan memori internalnya 32 GB. Anda juga masih bisa menambahkannya lagi dengan memori eksternal microSD. Jika dilihat dari kemampuan penyimpanannya, ponsel ini memang lebih cocok untuk penggunaan aktivitas yang wajar saja.

3. Kualitas Layar Bagus

Kualitas layar yang dimiliki ponsel ini besar dan sudah didukung dengan panel IPS LCD atau Ultra Screen. Ukuran layarnya adalah 6.22 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Layarnya memang belum full HD namun masih tetap nyaman dan jernih saat digunakan. Untuk kebutuhan seperti nonton video atau film HP ini masih bisa diandalkan.

4. Dilengkapi dengan Audio Jack

Ponsel vivo y93 telah dilengkapi dengan fitur audio jack yang berukuran 3.5 mm dan sebenarnya cukup jarang ditemukan pada ponsel keluaran terbaru saat ini yang rata-rata sudah banyak menggunakan USB tipe-C.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada lagi ponsel yang sudah menggunakan USB tipe-C yang tidak dilengkapi dengan komponen audio jack dengan ukuran tersebut. Ini termasuk salah satu keunggulan vivo y93 yang bisa Anda manfaatkan untuk mendengarkan radio atau earphone dengan maksimal.

5. Kualitas Kamera Cukup Bagus

Vivo tipe Y93 memiliki kamera utama sebanyak dua lensa dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP untuk menciptakan efek background blur atau bokeh dan sensor kedalaman. Selain itu, kamera ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI untuk menyesuaikan diri dengan objek yang akan difoto.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan macbook pro

Sementara itu, fitur kamera selfie-nya sudah dibekali dengan lensa sebesar 8 MP yang juga sudah lengkap dengan fitur face beauty dan teknologi AI untuk mempercantik foto wajah. Jepretan dengan menggunakan kamera ini pun tak kalah bagus dengan ponsel kelas atas lainnya.

6. Baterai Tahan Lama

Kapasitas baterai yang disematkan pada ponsel ini adalah 4030 mAH dan tergolong cukup besar. Anda bisa menggunakan ponsel ini dalam kondisi baterai penuh selama seharian tanpa charging ulang meskipun sudah digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Kekurangan Vivo Y93

Setiap ponsel tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tak terkecuali Vivo Y93. Berikut beberapa kekurangan ponsel dengan merek dan tipe ini, di antaranya yaitu:

1. Tidak Memiliki NFC

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Teknologi ini biasanya berfungsi sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan transaksi tertentu sehingga pengguna tidak perlu lagi membawa uang cash. Selain itu, teknologi NFC juga dapat membantu membuka aplikasi secara otomatis.

2. Tidak Tahan Terhadap Debu dan Air

Ponsel ini belum dilengkapi dengan sertifikat tahan debu dan air atau sertifikat IP. Padahal hal ini sangat penting bagi ponsel agar lebih awet dan tahan lama. Sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakan HP Vivo Y93 apalagi jika terkena cipratan air atau ditempeli kotoran debu.

3. Tidak Bisa Fast Charging

Jika Anda dalam keadaan terburu-buru dan ingin segera men-charge ponsel, maka Vivo Y93 tidak akan cukup membantu. Hal ini mengingat ponsel ini tidak didukung dengan teknologi fast charging padahal kapasitas baterainya cukup besar. Pengguna harus menunggu lebih lama jika ingin mengisi daya baterai.

Kesimpulan

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Vivo Y93 tersebut, maka dapat diketahui bahwa ponsel ini memang kurang cocok untuk multitasking. Masih banyak fitur jadul yang disematkan pada smartphone tipe ini.

Baca juga : cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Akhir kata demikianlah pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan vivo y93 yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli HP ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.