Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

2 min read

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard merupakan bagian penting dari laptop untuk menginput data yang diketik atau perintah tertentu sesuai tombol yang tersedia. Jika keyboard laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bisa jadi ada masalah yang harus segera diatasi. Daripada harus membeli yang baru, maka coba perbaiki dulu semaksimal mungkin.

Baca juga : cara mengatasi laptop blank hitam tapi mesin hidup

Cara untuk mengatasi dan memperbaiki keyboard yang rusak adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Jika sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab rusak dan erornya laptop hingga tidak berfungsi, maka lebih mudah untuk memperbaikinya.

Pada dasarnya, ada banyak faktor penyebab keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Agar lebih jelas, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Penyebab rusak dan eror pada keyboard bisa jadi karena tersiram air, penuh kotoran dan debu, ada tombol yang copot, dan lain sebagainya. Terkadang ada juga keyboard laptop eror namun tidak diketahui penyebab pastinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop yang rusak, di antaranya:

1. Periksa Num Lock

Tombol keyboard pada laptop yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya terkadang bisa jadi karena unsur ketidaksengajaan. Salah satu yang harus diperhatikan saat menekan kombinasi tombol tertentu adalah Num Lock. Jika tombol ini aktif, maka karakter yang keluar akan berbeda dengan yang ditekan.

Cara mematikan tombol Num Lock pun sangat mudah yakni cukup dengan menekan tombol FN dan Num Lock secara bersamaan. Namun, untuk beberapa jenis laptop ada juga yang harus dimatikan dengan cara menekan Caps Lock dan Num Lock. Jika masih bingung cara mengatasinya, maka coba hubungi customer support dari produsen terkait.

2. Restart Laptop atau Komputer

Langkah mudah untuk mengatasi keyboard tidak berfungsi pada laptop salah satunya adalah dengan me-restart perangkat tersebut. Dengan melakukan tindakan ini, biasanya dapat memperbaiki ratusan masalah pada sistem operasi secara langsung.

Baca juga : penyebab request time out pada jaringan internet

Jika laptop dalam keadaan nge-hang dan tidak memberikan respon, maka Anda bisa me-restartnya dengan cara menekan tombol power selama beberapa detik dan tunggu hingga mati. Setelah restart cek apakah masih ada masalah tersebut dan jika masih maka mau tidak mau harus mencoba cara lainnya.

3. Lakukan System Restore

Keyboard bisa saja tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik setelah melakukan instalasi. Maka Anda bisa mencoba melakukan system restore pada perangkat tersebut. Caranya sangat mudah dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Start Menu pada Windows 7 dan Windows 8
  • Cari Search Recovery
  • Klik Start untuk Windows XP
  • Pilih All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore

Setelah system restore, laptop biasanya akan kembali pada keadaan semula sebelum program tersebut diinstal. Namun, program yang diinstal setelah bermasalah akan hilang secara otomatis. Oleh karena itu, penting untuk melakukan back up data.

4. Bersihkan Kotoran dan Debu

Debu dan kotoran yang menempel pada keyboard juga menjadi salah satu penyebab kerusakan yang paling sering terjadi. Kotoran tersebut biasanya terselip sehingga menutupi komponen di dalam keyboard. Semakin sering digunakan, maka potensi kotoran yang menempel pun semakin banyak dan menumpuk.

Jika mengalami masalah ini, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan memiringkan dan membalikkan laptop terlebih dahulu sekitar 45 – 75 derajat sampai kotoran keluar. Anda juga bisa membersihkannya menggunakan pembersih khusus berupa vakum kecil untuk menghilangkan debu.

Membersihkan keyboard pada laptop juga perlu dilakukan ketika tersiram air. Cara membersihkan bagian dalamnya adalah dengan mencopot tombol lalu membersihkan papan sirkuit menggunakan cotton buds atau kain halus yang sudah diberi alkohol. Saat melepas tombol keyboard, lakukan dengan hati-hati.

5. Masalah Driver

Penyebab lainnya mengapa keyboard pada laptop bisa rusak bisa jadi karena terjadi masalah pada driver. Hal ini bisa terjadi ketika laptop terkena virus atau pada saat menginstal software pihak ketiga. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat bagian keyboard melalui Device Manager.

Baca juga : varian harga meja billiard mini terbaru

Jika muncul warna kuning dengan tanda segitiga, artinya driver keyboard mengalami masalah. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengunduh driver terbaru di situs resmi produsen laptop yang dibeli. Alternatif solusi ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keyboard yang tidak terdeteksi oleh laptop.

6. Mengganti Keyboard Bawaan

Jika berbagai cara telah dilakukan dan konektor keyboard masih juga bermasalah, maka cara memperbaikinya adalah dengan mengganti keyboard bawaan tersebut. Solusi ini juga bisa diterapkan ketika tuts keyboard mengalami permasalahan sehingga menyebabkan tombol tidak dapat ditekan dengan baik.

Anda bisa mencari pengganti keyboard bawaan di toko online sesuai tipe laptopnya. Setelah itu, keyboard bisa dipasang sendiri atau minta tolong ke tempat service untuk membantu memasangkannya.

7. Melepas Baterai Laptop

Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas baterai laptop yang tidak berfungsi. Sebelum baterai dilepas, jangan lupa untuk melakukan reset terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Matikan laptop dengan mengklik tombol Shut Down
  • Lepaskan kabel adaptor dan baterai
  • Diamkan selama satu menit
  • Tekan tombol power dan tahan selama kurang lebih 60 detik
  • Masukkan baterai tersebut kembali
  • Hidupkan laptop

Penutup

Dari berbagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi tersebut, maka Anda bisa memilih cara sesuai dengan penyebabnya masing-masing.

Baca juga : cara mengatasi transfer ovo gagal

Akhir kata, demikianlah informasi simple yang dapat saya bagikan seputar beberapa tips cara memperbaiki keyboard laptop yang error atau tidak bisa digunakan dengan normal. Semoga bermanfaat dan see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.