Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Penyebab Request Time Out (RTO) pada Jaringan Internet

2 min read

Penyebab Request Time Out

Request Time Out merupakan keadaan dimana Komputer server tidak merespon permintaan dalam waktu yang lama. Perlu diketahui jika ada penyebab request time out yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Mungkin istilah Request Time Out masih asing di telinga.

Baca juga : cara mengatasi lupa password ZTE F609

Adanya Request Time Out sangatlah berguna untuk melakukan pengecekan koneksi internet. Inilah kenapa kebanyakan Request Time Out selalu dikaitkan dengan keadaan koneksi internet. Padahal masih banyak penyebab kenapa hal tersebut terjadi.

Penyebab Request Time Out pada Internet

Pengguna internet penting sekali untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan Request Time Out. Pasalnya dengan mengetahui penyebabnya, anda akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sebagaimana berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Peran Firewall pada Router

Adapun penyebab Request Time Out yang pertama disebabkan karena firewall. Mungkin saja firewall yang terdapat di router tidak memberikan izin kepada paket Ping untuk melewati router. Tidak bisa dipungkiri hal ini memang seringkali terjadi pada beberapa komputer.

Di beberapa kasus, hal ini sering dilakukan dengan alasan tertentu, terutama untuk alasan keamanan jaringan. Jadi, jangan khawatir jika Request Time Out muncul pada layar saat pencarian di berbagai browser, karena bisa diatasi dengan cara mematikan terlebih dahulu fitur firewall pada router Anda.

2. Kecilnya Kapasitas Bandwith yang Digunakan

Request Time Out juga bisa disebabkan karena kecilnya kapasitas bandwidth. Sehingga saat melakukan ping, bisa saja RTO terjadi tanpa diduga-duga. Hal ini memang cukup menjengkelkan. Namun, seperti halnya pada penyimpanan pada umumnya, jika terlalu penuh akan menyebabkan lemot alias RTO.

Baca juga : pengertian dan cara kerja web proxy

Jadi, sebelum melakukan Ping, alangkah baiknya jika memastikan bandwidth masih ada ruang. Pasalnya jika terlalu penuh data, maka proses perintah tidak akan bisa diterima dan dijalankan. Sekalipun nantinya akan berhasil, tetapi biasanya membutuhkan waktu yang lama.

3. Port Komputer Ditutup

Adapun penyebab Request Time Out yang selanjutnya yaitu port pada komputer sudah ditutup. Maka dadk itu, sebelum melakukan ping alangkah baiknya jika terlebih dahulu memeriksa port pada network. Selain itu, pastikan jika proxy dalam keadaan non-aktif.

Bahkan, Request Time Out juga bisa disebabkan karena pengkrimpingan kabel tidak dilakukan secara sempurna. Masalah tersebut dapat membuat jaringan komputer bermasalah. Memeriksa kabel tersebut bisa Anda lakukan dengan LAN tester.

4. IP Address sedang Tidak Aktif

Salah satu hal penting yang terdapat pada jaringan komputer yaitu IP address. Jika IP address tersebut tidak aktif, tentu saja tidak bisa melakukan perintah pencarian di Google. Pasalnya IP Address yang tidak aktif tersebut juga mempengaruhi koneksi jaringan.

Jadi, sebelum melakukan pencarian pastikan jika IP address dalam keadaan aktif. Cara mengeceknya cukup mudah anda hanya perlu pergi ke pengaturan network. Disana terdapat berbagai pilihan pengaturan yang salah satunya pengaturan IP address.

5. Masalah Pada LAN Card

Adapun penyebab Request Time Out yang selanjutnya yaitu terjadinya masalah pada LAN Card. Perlu diketahui jika pintu utama masuknya jaringan pada komputer yaitu LAN Card. Jadi, sebelum melakukan pencarian pastikan dulu kondisinya.

Baca juga : cara blokir url website pada wifi indihome ZTE

Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, biasanya akan muncul notifikasi lampu indikator menyala. Alasan lain kenapa Request Time Out, mungkin karena pintu utama tersebut belum terinstall. Selain memperhatikan kondisi LAN Card, pastikan juga drivernya.

6. Packet Ping Tidak Sampai Tujuan

Alasan lain terjadinya Request Time Out yaitu Packet Ping tidak sampai ke komputer pengirimnya. Ada beberapa faktor kenapa paket balasan tidak sampai, mungkin dikarenakan koneksi jaringan terputus.

Selain itu, terjadinya permasalahan pada switch mempengaruhi Request Time Out. Pasalnya jika switch mengalami kerusakan maka sangat berpengaruh terhadap jaringan komputer, sehingga perintah yang diberikan tidak diterima oleh server dan tidak mendapat balasan.

7. Banyaknya Hop yang Dilewati

Adapun penyebab Request Time Out yang selanjutnya dikarenakan banyaknya Hop yang dilewati. Jadi, jika paket Ping terlalu banyak melewati Hop, balasan tidak akan sampai ke komputer yang Anda gunakan saat itu.

Selain itu, tidak adanya koneksi internet yang kuat juga dapat mempengaruhi tertunda mengirim perintah pada server yang dituju. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, Pastikan jika melakukan pengecekan koneksi internet yang digunakan.

8. Kabel Jaringan Tidak Terhubung dengan Baik

Penyebab Request Time Out yang selanjutnya yaitu kabel jaringan yang digunakan tidak terhubung dengan baik. Jadi, sebelum anda melakukan pencarian pada Browser, pastikan jika terlebih dahulu melakukan pengecekan pada kabel jaringannya.

Baca juga : fungsi geoprocessing pada sistem informasi

Mengetahui kondisi kabel jaringan tersebut dapat diketahui dengan melihat lampu indikator pada LAN Card. Selain itu, Anda juga bisa mengetahuinya dengan cara melihat lampu indikator pada Switch. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan LAN Tester agar lebih mudah.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai penyebab Request Time Out yang sering terjadi di beberapa komputer. Adapun beberapa penyebab tersebut cara mengatasinya juga berbeda. Jadi, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.