Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Di masa perkembangan teknologi seperti saat ini, berbagai usaha dagang milik seseorang yang dianggap sangat menguntungkan bagi pebisnis adalah bisnis online. Jadi, tidak mengejutkan apabila sebagian besar pelaku UMKM berpindah haluan untuk memasarkan produk mereka secara digital. Maka dari itu, harus betul paham akan kelebihan dan kekurangan bisnis online.

Baca juga : pengertian dan fungsi iklan dalam bisnis

Dengan memanfaatkan internet serta beragam media sosial dapat membantu pelaku usaha memperoleh keuntungan yang cukup besar. Hal ini juga memberikan kemudahan dalam memasarkan produk. Selain itu, dalam penggunaannya tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Bisnis Online

Ketika anda berkeinginan untuk memiliki usaha dagang, kalian bisa memulainya dengan menjualkan produk, baik berupa barang maupun jasa dalam jumlah kecil. Guna mengoptimalkan pemasarannya, dapat menggunakan berbagai plarform online yang mempunyai kelebihan sebagai berikut:

1. Tidak Mempunyai Batasan Akses Dalam Menjangkau Konsumen

Melalui penggunaan internet yang memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk menjangkau calon konsumennya secara menyeluruh, mudah, dan efisien. Hal semacam ini akan membantu mereka dalam meningkatkan marketing mobile serta memperoleh pendapatan dari situ.

Sebab, dalam membangun bisnis online para pelaku usaha dan konsumennya diberikan peluang dalam mengakses internet dimana saja dan tanpa ada batasan waktu. Mereka dapat menggunakannya 24 jam sehari.

2. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Nah, kelebihan yang berikutnya adalah modal awal saat hendak memulai usaha dagang berskala kecil seperti UMKM  bisa dibilang cukup rendah dalam membangun bisnis online. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan saat menggunakan teknik pemasaran ini tidak membutuhkan media cetak.

Baca juga : contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan

Disisi lain, para pelaku usaha lebih cenderung menggunakan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka secara online. Karena modal awalnya yang cukup murah, hanya perlu komputer, berbagai macam software dasar, koneksi internet, hingga website resmi mereka.

3. Memudahkan Pelaku Usaha Dalam Membangun Citra Perusahaan

Dalam memasarkan bisnis anda secara offline, baik melalui website resmi perusahaan maupun berbagai platform sosial media bisa membantu suatu usaha dalam membangun kredibilitas dan profesionalisme mereka.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra atau image perusahaan di depan publik. Selain itu, dapat membantu konsumen mereka dalam mencari informasi mengenai produk barang maupun jasa yang ditawarkan melalui website resmi instansi tersebut. Serta, memberikan pelayanan yang baik baginya.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional Dengan Biaya yang Cukup Rendah

Saat mengoperasikan sebuah bisnis online akan lebih efisien, terlebih dari segi anggaran atau biaya yang dikeluarkan ketika suatu perusahaan masih dijalankan. Dengan bantuan teknologi terknini dapat membantu para pelaku usaha dalam mengelola bisnis mereka.

Selain itu, para pelaku bisnis bisa mengurangi penggunaan anggaran secara signifikan pada semua segmen bisnis online. Sebagai contoh, ketika pihak perusahaan hendak melakukan komunikasi massal dengan pelanggannya, mereka bisa melakukannya dalam sekali tekan.

Kekurangan Bisnis Online

Selain dari kelebihan yang menawarkan perolehan keuntungan besar dan kerja nyaman. Bisnis online ternyata juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan yang perlu dipahami serta di waspadai oleh setiap individu, seperti pemaparan berikut ini.

1. Tidak Akan Bisa Bekerja Saat Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang baik merupakan salah satu elemen penting dari bisnis online. Karena ia sangat membantu sebuah usaha dalam memasarkan atau mempromosikan produknya secara aktif di berbagai media sosial.

Baca juga : contoh peluang usaha digital masa kini

Terlebih lagi, saat mati lampu atau hujan lebat yang mengakibatkan koneksi internet memburuk. Hal semacam ini dapat penghambatan terhadap jalannya pemasaran sebuah produk dari brand tertentu. Oleh sabab itu, sangatlah penting bagi pemilik usaha mempunyai jaringan bagus.

2. Ancaman Kejahatan Cyber Seperti Rawan Penipuan

Pada dasarnya, sistem pembayaran dari sebuah bisnis online ialah konsumen akan diminta untuk membayar tagihan mereka terlebih dahulu, sebelum produk dikirimkan. Nah, hal seperti inilah yang menjadi salah satu kejahatan yaitu penipuan.

Dimana kerap kali ditemukan beberapa akun bisnis online bodo yang menampilkan bukti pembayaran palsu. Hal ini biasa dilakukan agar calon konsumen tertarik membeli produk mereka setelah melihat testimoni yang telah dipalsukan. Tidak heran jika penipu seperti itu akan menghilang setelah mendapatkan uang.

3. Persaingan Penjualan Produk yang Semakin Ketat

Kompetisi dalam dunia industri merupakan hal biasa atau wajar bagi setiap pelaku usaha. Begitu pula mereka yang menjalankan bisnis secara online. Tidak menutup kemungkinan terjadinya persaingan ketat antara satu dengan lainnya.

Terlebih lagi, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini. Pemilik bisnis online disarankan agar mempunyai skema pemasaran produk serta mencari banyak followers guna memperluas jangkauan promosi mereka. Oleh sebab itu, mereka harus selalu update dagangannya.

Penutup

Itu tadi merupakan informasi pemaparan kelebihan dan kekurangan bisnis online yang perlu dipahami oleh setiap individu dengan niat membangun online shop maupun pemilik usaha online.

Baca juga : cara menjadi supplier tangan pertama

Setelah memahami hal semacam ini, tentu dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan penentu strategi pemasaran. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.