Inilah 6 Fungsi Iklan dalam Bisnis yang Perlu Diketahui

2 min read

Fungsi iklan dalam bisnis

Fungsi iklan dalam bisnis cukup banyak, salah satunya sebagai upaya untuk menggerakkan individu menjadi konsumen. Dengan adanya iklan, seseorang yang melihatnya atau konsumen akan terpengaruh dan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk diiklankan. Produk yang dimaksud dapat berupa barang dan jasa perusahaan.

Baca juga : fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan

Iklan sangat penting bagi dunia bisnis dan termasuk ke dalam strategi marketing. Tanpa iklan, bisnis sulit berkembang, karena produk atau jasa yang ditawarkan tidak dikenali oleh masyarakat luas. Iklan sendiri biasanya berisi kalimat persuasif atau ajakan kepada khalayak ramai untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

Fungsi Iklan dalam Bisnis

Iklan bisa disiarkan di mana saja, mulai dari televisi, radio, majalah, surat kabar, poster, media sosial dan media lainnya. Fungsi iklan di televisi dan media lainnya dipercaya menjadi salah satu cara efektif untuk mendongkrak penjualan, maka tidak heran jika para pelaku usaha berlomba-lomba menciptakan iklan yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen untuk menawarkan produk dan jasanya. Ada beberapa fungsi iklan dalam bisnis yang bisa didapatkan, di antaranya sebagai berikut:

1. Untuk Memberikan Informasi

Fungsi iklan dalam bisnis yang pertama yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas atau target tertentu. Informasi yang dibagikan tentu seputar produk atau jasa perusahaan.

Anda bisa memberikan informasi mengenai nama brand dari produk yang ditawarkan, komposisi produk, nama perusahaan yang membuat produk tersebut, keunggulannya, harga dan lain sebagainya. Melalui iklan tersebut, maka produk atau jasa yang ditawarkan mudah dikenali oleh orang lain. Selain itu, citra positif dari produk atau jasa yang ditawarkan akan meningkat.

2. Sebagai Media Penyambung Komunikasi

Tanpa disadari, iklan juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi. Komunikasi yang dibangun adalah komunikasi antara membuat produk barang maupun jasa dengan konsumen yang menjadi target pasar. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan memberi dan menerima, di mana pelaku bisnis memberikan informasi dan konsumen menerima informasi tersebut.

Baca juga : fungsi sistem informasi bagi perusahaan

Konsumen bisa mendapatkan banyak informasi pendukung mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam iklan juga biasa diberitahu bagaimana cara menghubungi pihak pelaku usaha, sehingga konsumen bisa berkomunikasi lebih lanjut dengan pembuat produk atau jasa tersebut.

3. Produk atau Jasa yang Ditawarkan Terkenal

Fungsi iklan dalam bisnis bukan hanya memberikan informasi kepada beberapa orang saja, tetapi lebih luas daripada itu, sehingga produk atau jasa yang ditawarkan bisa terkenal. Apalagi jika Anda melakukan iklan di media mana-mana seperti televisi, radio, majalah dan lainnya secara rutin. Anda juga bisa beriklan di media sosial atau internet, Anda bisa meminta selebgram atau seseorang yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk Anda.

Semakin sering Anda beriklan dan semakin banyak media iklan yang digunakan maka produk atau jasa yang ditawarkan akan semakin terkenal. Bahkan tak menutup kemungkinan juga akan viral dan menarik konsumen lebih banyak.

4. Teknik Pemasaran yang Lebih Efektif

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa iklan masuk ke dalam marketing atau pemasaran. Oleh sebab itu, iklan harus dibuat sekreatif dan semenarik mungkin agar bisa mendapatkan perhatian masyarakat luas. Iklan yang menarik juga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk barang atau jasa yang diiklankan. Semakin banyak masyarakat yang tertarik, maka permintaan akan produk atau jasa juga terus naik.

Keberhasilan fungsi iklan bisa terwujud ketika permintaan pasar terhadap produk atau jasa meningkat. Untuk mewujudkannya, Anda harus memiliki strategi pemasaran iklan yang tepat dan bersifat persuasif. Hal ini tidaklah mudah, Anda harus meriset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar, setelah itu barulah membuat iklan yang pas.

5. Memberikan Nilai Tambah

Fungsi iklan dalam bisnis selanjutnya yaitu dapat memberikan nilai tambah terhadap hal-hal yang berhubungan dengan bisnis, salah satunya brand. Iklan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat untuk menganggap merek bisnis Anda elegan, lebih baik, lebih unggul, modern dibandingkan yang lain.

Hal ini juga berkaitan dengan apa yang diungkapkan oleh Terence A. Shimp (2003, hal.375), di mana tujuan iklan adalah hal-hal yang hendak dicapai oleh bisnis tersebut melalui iklan.

6. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Lain

Ketika ingin membangun bisnis, Anda harus bisa bersaing dengan perusahaan lain. Apalagi jika produk barang atau jasa yang Anda tawarkan bukanlah hal yang baru, pasti Anda memiliki banyak pesaing. Jika Anda tidak bisa bersaing dengan baik, maka bisnis Anda akan ketinggalan atau sulit berkembang.

Melalui fungsi iklan dalam bisnis, Anda bisa mengenalkan atau menawarkan produk barang dan jasa kepada khalayak ramai. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan konsumen yang tak kalah banyak dari perusahaan lain.

Penutup

Itulah beberapa fungsi iklan dalam etika bisnis yang bisa Anda ketahui. Yang terpenting, Anda bisa membuat iklan yang berkualitas, informatif dan tepat sasaran. Dengan begitu Anda bisa merasakan manfaat dari iklan itu sendiri. Cukup sekian dan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *