Memahami Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan

3 min read

Fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan

Di jaman modern seperti sekarang ini, kehadiran iklan adalah hal yang tak asing lagi bagi masyarakat. Beragam bentuk iklan hadir mewarnai kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah teman-teman mengenai fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?

Baca juga : cara melihat password wifi yang terhubung melalui CMD

Sebelumnya, definisi iklan sendiri adalah sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian orang-orang pada hal lain. Sebagai contoh, perusahaan kosmetik menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produknya. Konten yang dibuat oleh influencer tersebut diharapkan dapat mengambil alih perhatian follower-nya pada konten yang sedang tayang.

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan

Tahapan iklan ada beragam. Ada yang hanya membutuhkan tindakan dari pemirsa akan kehadiran sebuah produk baru. Ada pula yang beriklan untuk menjaga loyalitas pelanggan pada sebuah produk yang telah lama hadir.

Mengingat tahapan iklan yang beragam, butuh strategi yang berbeda pula yang harus diterapkan. Meski sama-sama disebut iklan, tujuan fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan sedikit berbeda lho.

  • Fungsi Iklan bagi Perusahaan

Tujuan iklan bagi sebuah perusahaan, biasanya bersifat komersial seperti meningkatkan penjualan yang nantinya berbanding lurus dengan laba yang dihasilkan. Jadi bisa dibilang, iklan merupakan salah satu syarat sebuah perusahaan bertumbuh. Sehingga bagi perusahaan, iklan memiliki fungsi untuk menjaga eksistensi dan memperkenalkan sebuah barang atau produk di tengah masyarakat.

  • Fungsi Iklan bagi Pemerintah

Fungsi iklan bagi perkantoran atau pemerintah biasanya berkaitan dengan program-program yang sedang dimiliki atau sifatnya mendukung suksesnya program tersebut. Sebagai contoh, ketika pemerintah menggalakan program Keluarga Berencana. Melalui BKKBN lalu muncul iklan dengan slogan “2 Anak Lebih Baik”.

Atau konten yang berisi penjelasan mengenai Korona seperti yang baru-baru ini sering muncul, baik melalui media digital maupun berbentuk poster yang ada di pusat kesehatan.

Tips Memaksimalkan Iklan agar Efektif

Adapun beberapa tips yang dapat anda gunakan guna memaksimalkan iklan yang anda buat agar membuahkan hasil yang sangat efektif dan sesuai target, diantaranya yaitu :

1. Memahami demografi audience

Penting bagi setiap pengiklan untuk mengetahui demografi dari kelompok yang akan disuguhi iklan. Demografi terdiri dari umur, jenis kelamin, wilayah tinggal, pekerjaan, kebiasaan dlsb.

Mengetahui demografi audience akan memudahkan pembuat iklan dalam mengemas konten yang akan disajikan. Pastinya setiap pendekatan yang dilakukan juga berbeda, antara iklan yang menyasar milenial dan iklan yang disajikan bagi mereka para baby boomers.

2. Gunakan Media yang Tepat

Penting sekali bagi setiap pihak untuk mengetahui jenis media yang akan digunakan. Seperti milenial dengan aktivitas pergi pulang kantor. Tentu bentuk iklan yang digunakan berbeda dengan millenial yang berada di rumah mengurus rumah tangga.

3. Pasang Iklan Ditempat yang Mudah Ditemukan

Tempat yang ramai banyak dipilih untuk memasang iklan. Seperti iklan baliho yang berada di traffic light, lebih tepat digunakan oleh produk yang dibutuhkan millenial bekerja.

Kemajuan teknologi turut berimbas pada cara brand membuat iklan. Nah, seiring dengan tren sosial media, kini teknik marketing di sana begitu diminati lho.

Skill yang Dibutuhkan dalam Membuat Iklan

Setelah mengetahui perbedaan fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan, inilah beberapa skill yang wajib dimiliki dalam membuat iklan khususnya lewat media sosial.

Keterampilan yang Perlu Dimiliki Bagi Kamu yang Ingin Membuat Iklan Media Sosial

1. Kemampuan Komunikasi

Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, kemampuan komunikasi yang baik amat sangat diperlukan. Adapun empat contoh kemampuan komunikasi yang dapat anda terapkan, diantaranya yaitu :

  • Copywriting

Kemampuan merangkai headline yang memikat, bersifat mempengaruhi serta efektif. Copywriting dapat diterapkan dalam bentuk tag line, hastag dlsb. Kalimat copywriting dirangkai berdasarkan tujuan sehingga fungsi iklan bagi perusahaan dan pemerintah dapat maksimal.

  • Design graphic/photo

Siapa nih yang mulai keranjingan cekrak-cekrek dan mengunggahnya di sosial media? Seiring dengan perkembangan cara berkomunikasi melalui hadirnya media sosial, semakin naik pula ketertarikan orang pada seni fotografi dan desain grafis.

Metode mengenalkan suatu produk menggunakan iklan juga dapat anda sajikan dalam bentuk poster yang merupakan salah satu wujud komunikasi melalui fotografi/desain grafis.

  • Videografi

Bagi sebagian besar orang, menikmati konten dalam bentuk video lebih menyenangkan dibanding media lain. Tak keliru, pemirsa yang ingin belajar make up misalnya. Mereka tinggal duduk santai sambil menikmati transisi-transisi gambar yang muncul. Video tutorial, video produk, video story adalah bentuk-bentuk komunikasi melalui video.

  • Konten dan Blog

Blog/website cocok bagi kamu yang senang menuangkan kreativitas melalui tulisan. Berbentuk narasi panjang, dapat menghadirkan penjelasan yang lebih detail bagi audience.

Jangan lupa untuk selalu mempelajari ilmu menulis SEO ya agar artikel yang kamu tulis berani diadu di laman pencarian Google. Meski tren media telah banyak beralih pada bentuk foto atau video, peluang iklan di blog atau website cukup efektif kok.

Biasanya brand atau instansi menggunakan jasa blog untuk mendongkrak posisi website mereka. Tentunya kembali pada tujuan dan fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan yang akan dicapai.

2. Kemampuan Analytical, Adaptasi Dan Rasa Memiliki Dari Produk/Jasa

Selain kemampuan komunikasi yang dapat dituangkan dalam beragam karya yang telah disebutkan di atas, kamu juga perlu memiliki kemampuan analytical, adaptasi dan rasa memiliki dari produk/jasa yang tengah kamu buat.

  • Analytical, kemampuan menganalisa dan mengukur hasil dari strategi yang telah kamu buat.
  • Adaptasi, kemampuan agar tetap menghasilkan secara optimal karena memahami perubahan tren, contohnya.
  • Sedangkan rasa memiliki alias ownership, membuat konten iklan yang kamu hasilkan berkualitas karena dibuat dari hati.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai pengertian & fungsi iklan bagi perusahaan dan pemerintah beserta serba-serbi dalam pengaplikasiannya. Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat bagi anda, sekian dari saya dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *