Teks Eksplanasi: Pengertian, Fungsi Fakta, Ciri dan Jenisnya

1 min read

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan materi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi jenjang pendidikan setingkat SMA. Kali ini kami akan membahas mengenai fungsi fakta dalam teks eksplanasi untuk lebih memahami lebih dalam terkait teks eksplanasi. Namun sebelumnya harus lebih dulu paham dengan definisi teks eksplanasi itu sendiri.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks, bacaan atau paragraf yang berisi proses mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa, budaya, ilmu pengetahuan dan berbagai hal lainnya dapat terjadi. Sebab segala hal yang terjadi di dunia ini selalu melewati sebuah proses dan memiliki hubungan sebab akibat dibaliknya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan demokrasi terpimpin

Idealnya untuk bisa memetik hikmah juga pelajaran dari setiap peristiwa, hendaknya kita dapat mempelajari melalui aspek proses terjadinya. Itulah sebabnya diperlukan adanya teks eksplanasi.

Di mana tujuan teks eksplanasi sendiri adalah menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena baik yang berlangsung secara alamiah maupun peristiwa sosial yang juga melibatkan campur tangan manusia.

Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi

Fungsi fakta dalam teks eksplanasi yaitu untuk menerangkan sebab-akibat dari peristiwa ataupun fenomena alam juga sosial, serta memberi contoh sehingga memudahkan pembaca dalam memahami sebuah teks eksplanasi. Selain itu juga sebagai alasan otentik dari penjelasan yang terdapat pada sebuah teks eksplanasi.

Keberadaan fakta pada sebuah teks eksplanasi juga akan menambah kualitas tulisan tersebut karena terbukti validitas dan keakuratan data yang dijelaskannya. Itulah mengapa pentingnya menambahkan fakta dalam sebuah teks eksplanasi buatan Anda.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Untuk membantu Anda agar lebih memahami karakteristik dari sebuah teks eksplanasi, kami hadirkan ciri-ciri teks eksplanasi di bawah ini.

  • Membahas peristiwa yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan
  • Berisi informasi yang berdasarkan data faktual
  • Bersifat informatif bukan cenderung persuasif yang mempengaruhi pembacanya
  • Cenderung mempergunakan penanda berurutan

Jenis-jenis Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui cirinya, kini kami hadirkan beberapa jenis teks eksplanasi yang ada. Sehingga Anda dapat lebih mudah mengidentifikasi teks eksplanasi dan mampu membuatnya dengan berdasarkan fakta agar bisa memberikan fungsi fakta dalam teks eksplanasi sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa jenis dari teks eksplanasi:

1. Eksplanasi Sequential

Penjelasan berupa rincian dari tahapan sebuah peristiwa atau fenomena. Contohnya seperti, urutan dari siklus hidup sebuah ekosistem melalui rantai makanan. Di mana penjelasannya secara detail dan berurutan serta tidak dapat diacak atau diubah-ubah dalam prosesnya.

2. Eksplanasi Faktorial

Penjelasan yang menjabarkan atau memaparkan efek serta hasil dari sebuah proses. Contohnya adalah efek digitalisasi ekonomi bagi kehidupan masyarakat saat ini. Di mana pengaruhnya menimbulkan beragam perubahan di berbagai aspek kehidupan dan begitu nyata untuk dilihat juga dirasakan.

3. Eksplanasi Teoritis

Penjelasan terkait kemungkinan spekulasi yang bisa saja terjadi di balik sebuah peristiwa atau fenomena alam. Seperti misalnya, terjadinya gempa berkekuatan tinggi di wilayah perairan dalam dapat memicu terjadinya bencana lain yaitu tsunami yang menyusul beberapa saat kemudian.

4. Eksplanasi Klausal

Penjelasan yang bersifat progresif dalam memaparkan penyebab perubahan dalam suatu permasalahan. Seperti misalnya proses terjadinya banjir di wilayah perkotaan yang bisa karena kurangnya daerah resapan atau justru faktor lain baik dari alam seperti hujan yang terus menerus dengan intensitas yang tinggi dan tanggul penampungan tidak dapat bertahan.

Penutup

Demikian materi teks eksplanasi berikut fungsi fakta dalam teks eksplanasi yang bisa kami rangkumkan. Semoga dapat memberi kemudahan Anda dalam memahami, mengidentifikasi serta membuat teks eksplanasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *