Router: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenis-jenisnya

2 min read

Pengertian router

Bagi anda yang bergelut dibidang jaringan pasti telah mengetahui mengenai apa itu router, secara umum router merupakan salah satu perangkat keras dalam jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk mengatur dan mengelola jaringan yang sedang digunakan, lebih dari itu router juga dapat mentransmisikan data ke perangkat komputer yang saling terhubung.

Pengertian Router

Router adalah perangkat keras atau hardware dalam jaringan komputer. Di mana fungsi router adalah menghubungkan dua atau lebih jaringan, baik yang sama ataupun berbeda dari sisi teknologi.

Baca juga : cara mengatasi wifi menolak akses pada android

Kerap kali router dipergunakan untuk memperlancar koneksi jaringan internet, meskipun sebenarnya masih banyak fungsi lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari router berikut penjelasan singkatnya.

Fungsi Router

Selain memberi kemudahan dengan memperlancar koneksi internet yang Anda pergunakan untuk berselancar serta menghubungkan beberapa jaringan, berikut ini beberapa fungsi lain dari router yang bisa Anda dapatkan.

1. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Router menghubungkan sebuah jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau biasa disebut dengan DSL router. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang kian pesat, pengguna tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dapat menggunakan teknologi wireless.

2. Mentransmisikan Informasi

Fungsi router lainnya yaitu mengantarkan atau mentransmisikan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya dimana mekanisme kerjanya layaknya jembatan jaringan atau bridge.

3. Menghubungkan Jaringan

Pada dasarnya router memang berfungsi sebagai penghubung jaringan. Router menghubungkan beberapa jaringan sehingga pengguna dapat mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap router mempunyai beberapa fasilitas seperti DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol dan juga NAT atau Network Address Translator.

Fasilitas DHCP adalah layanan mendistribusikan IP Address lain kepada perangkat komputer. Sedangkan NAT memungkinkan satu alamat IP atau koneksi internet untuk dapat dibagikan kepada alamat IP lain. Dengan begitu, suatu perangkat dapat terhubung ke perangkat lainnya.

Komponen Utama Router

Adapun beberapa komponen utama dalam perangkat router yang memiliki kesamaan dengan perangkat komputer, diantaranya seperti :

  • Processor atau CPU
  • RAM (random access memory)
  • Flash Memory
  • NVRAM
  • BUS
  • ROM (read only memory)
  • Interface
  • Power Supply

Jenis-jenis Router

Tentunya router memiliki jenis beragam yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhan, nah berikut dibawah ini merupakan jenis jenis router yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Router Nirkabel

Selain router yang terhubung secara langsung dengan kabel atau pun modem, tersedia juga router dengan sistem nirkabel ke perangkat yang juga menggunakan standar nirkabel yang sama. Fungsi router nirkabel yaitu menerima informasi dan juga mengirimnya ke internet.

2. Router Kabel

Umumnya router kabel akan terhubung langsung dengan modem melalui kabel jaringan. Fungsi router dan modem di sini yakni agar dapat tersambung dengan jaringan internet yang ada. Router jenis ini terbagi atas beberapa mekanisme kerja, berikut ini beberapa jenis dan penjelasannya.

3. Router statis

Fungsi router statis adalah melakukan proses routing dari suatu jaringan yang prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator

4. Router dinamis

Router dinamis merupakan jenis router yang mampu melakukan proses routing secara otomatis dan dinamis setelah dilakukan pengaturan oleh seorang administrator jaringan

5. Router wireless

Merupakan jenis router yang dapat bekerja tanpa adanya kabel sebab mengandalkan media udara dalam mengirimkan paket data

6. Router software/aplikasi

Router ini adalah sebuah program atau aplikasi yang memungkinkan sebuah PC menjadi sebuah router dengan sistem operasi. Router software ini dapat diinstal pada sistem operasi komputer, seperti Windows ataupun macOS

7. Router PC

Router yang merupakan sistem operasi dengan fasilitas untuk men-sharing atau membagi IP Address. Bentuk router PC adalah komputer yang dibuat sedemikian rupa hingga mampu berfungsi sebagai router

8. Router hardware/fisik

Sistem perangkat yang mampu membagi, memancarkan dan juga mensharing IP Address. Jenis router ini yang paling sering digunakan karena kemampuannya dalam melakukan proses routing yang besar.

Penutup

Demikian penjelasan singkat terkait fungsi router yang dapat kami hadirkan. Semoga dapat memberi manfaat dan menambah khasanah pengetahuan Anda terkait teknologi yang ada. Manfaatkan dengan bijak perkembangan teknologi di sekitar Anda, untuk memberi kemudahan dan efektifitas pada setiap penerapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *